Google Ad

Friday, August 11, 2017

Pisang Goreng Ala Thailand


Beberapa waktu kemaren lihat di chanel AFC, ada Chef ganteng dari Thailand bikin Pisang Goreng ala Thai yang terkenal. Sering lihat sich di tivi juga. Wo alah...pisang goreng aja bisa ngetop ya...jika di Thailand. Padahal di negara kita banyak gorengan enak beragam ya teman-teman. Tapi kok belum bisa seterkenal makanan Thailand..huhu. Padahal dari keragaman dan citarasa, masih lebih unggul ya makanan kita teman-teman. 


Tapi kadang aku suka penasaran juga sich, citarasa dari negara lain seperti apa. Seperti Pisang Goreng ala Thailand ini, ternyata beda sama Pisang Goreng di kita. Di sana Pisang Goreng pakai kelapa parut dan wijen adonannya. Sebelum mencoba berasa aneh kali ya...adonan di campur kelapa. Tapi setelah coba,..enak juga..hihi. Tambah gurih Pisang gorengnya, apalagi di tambah wijen, ada sensai klethis-klethis gurihnya. Rasanya gurih dan renyah Pisang goreng ala Thailand ini.

Cuma adonan tepungnya ini unik, agak encer. Jadi  musti di goreng di minyak yang sudah panas ya, agar tidak berminyak. Hasil akhir itu seperti kecoklatan, tapi bukan gosong ya. Karena memakai gula pasir lumayan banyak, jadi warnanya agak kecoklatan. Aslinya resepnya lebih banyak takaran gulanya, tapi aku kurangi, takut cepat gosong aja.'

Oke, ini resep udah aku sesuaikan selera dan pakai takaran cup ya. Cup ukur untuk di dapur, sangat penting kita miliki, jika males nimbang-nimbang teman-teman, karena mayoritas resep-resep ala luar itu pakai takaran cup. Jadi beli aja, nggak mahal kok cup ukur seperti ini. Jika belum punya bisa melihat konversi takaran cup ke gram, di SINI.

Oke, selamat mencoba ya jika suka....teman-teman....

Pisang Goreng Thailand

Bahan utama :
Pisang kepok secukupnya, belah jadi 3 bagian hingga putus

Bahan adonan :
1 cup Tepung Beras
1/3 cup Tepung Terigu
1/2 sendok teh baking powder
1/2 cup Kelapa Parut
2 sendok makan gula pasir
3/4 sendok teh garam
2 sendok makan wijen sangrai
1 cup air

Aduk semua bahan adonan, panaskan minyak, celup pisang satu persatu, goreng hingga matang
Sajikan hangat



1 comment :

  1. Bunda...kelapa parutnya yg seperti apa?kelapa untuk botok ato klapa tua? Kemudian kering apa basah kelapanya? Thx 😊

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel