Thursday, August 3, 2017

Onde-Onde Mekar


Kemaren aku buat Onde-Onde Ketawa..Gelek..Onde-Onde mlethek..Onde-Onde Plethek..opo lagi namanya hayuk...hihi. Yang penting ya..jajanan jadul ini memang enak. Kemaren aku coba Yodha tak suruh makan...suka dia..padahal dulu ya nggak mau. Sekarang setelah suka ngemil..Onde-Onde ginipun suka, habis 3 biji dia..hihi.


Membuat cemilan ini mudah, dan seru pas lihat Onde-Ondenya bisa merekah..hihi. Jadi seperti melihat Bolu Kukus yang merekah gitu dech senengnya. Walau sekarang kebanyakan yang di jual-jual itu suka di gunting-gunting, tapi kalau aku suka yang ketawa alami...hihi.

Ini aku buat kemaren malah ngakak ketawanya...hahah. Ya mungkin Onde-Ondenya lagi bahagia...lol..! Biarin dech ngakaknya lebar, yang penting ini enak banget,,renyah luarnya dan empuk bagian dalamnya. Beda lho sama yang di jual di pasar-pasar yang bikin seret itu. Lebih enak bikin sendiri...mudah kok.

Tipsnya membuat Onde-Onde ini agar warnanya cantik seperti yang aku  buat, api kecil aja ya. tapi panaskan dulu minyaknya agar suhunya stabil. Terus masukkan bulatan onde-onde, kecilkan api, goreng sekitar 5 menit sambi di aduk-aduk hingga merekah ya. Hasilnya seperti di fotoku ini, jadinya warnanya cantik kecoklatan, tapi nggak gosong dech. rasanya juga renyah luarnya. 

Jika gorengnya di api sedanga tau besar, cepat matang sich, dan bisa mekar, tapi akan empuk aja..nggak renyah...dan warnannya kurang cantik. Jadi...harap bersabar ya, menggoreng Onde-Onde ini.
Oke, langsung saja ya, ini resepnya ya....selamat mencoba ya teman-teman.

Onde-Onde Ketawa

Cara Membuat :
Rebus 175 gram gula plus 100 ml air, dinginkan.
Kocok asal rata : satu butir telur, 2 sdk minyak goreng, dan larutan gula yang sudah dingin.
Ayak 300 terigu protein sedang, 1/2 sendok teh bp, 1/4 sendok teh soda kue, 1/2 sendok teh garam halus, buat lubang di tengah, tuangi cairan campuran di atas. Aduk rata hingga adonan bisa di bentuk ( adonan lemes lembut ya, bukan kalis kering )
Bentuk bulat2, celup air, gulingkan ke wijen..goreng hingga matang.


2 comments :

  1. Mbak minyak gorengnya 2 sendok makan atau sdt ya...makasih

    ReplyDelete
  2. Dear Mba Didi...

    Salam kenal sy sdh buat sesuai yg mba buat knapa hanya tersenyum ya mba...onde2nya tidak ketawa trims.

    ReplyDelete