Tuesday, August 8, 2017

Soto Mie Khas Bogor


Pagi semua..semoga bisa rajin posting lagi tiap pagi nich. Akhir-akhir ini cuca panas ya teman-teman..tapi kalau pagi dingin. Jadi pada meriang, batuk dech kita. Pengennya itu makan yang panas-panas dan seger kuahnya. Untungnya Indonesia itu kaya akan kuliner tradisional berkuah seger ya teman-teman. Jadi nggak bakal kehabisan ide dech mau masak apa di rumah.

Lebih enak masak sendiri, lebih sehat dan bersih ya. Aku suka jajan...tapi kadang prihatin ya..jika jajan itu suka kurang bersih atau banyak berpenyedap yang langsung di tuang di mangkuk jika beli yang berkuah seperti ini..hihi.  Kadang agak risih juga misal beli jajan di luar, penjualnya apa-apa ngambil bahan yang mau di racik pakai tangan..hihi..padahal ya bisa pakai sarung tangan plastik atau pakai plastik atau cepitan gitu kan lebih enak ya di lihat, di banding abis pegang-pegang uang, terus meracik  makanan pakai tangan yang barusan di pakai pegang uang...hahah.

Tapi ya karena aku hobby wisata kuliner untuk menambah wawasan, kadang ya *merem aja di cicipi juga jika mencoba makanan baru di luar, karena pengen tau seperti apa rasanya, terus sambil mikir cara membuat dan bumbunya sambil ngulik resep ke penjualnya jika baik hati, banyak kok yang share resepnya sambil kita makan di situ...hihi. Itulah tujuan aku sering kulineran juga di luar.

Setelah bikin sendiri dan rasanya mirip seperti jika beli, tentu setelahnya lebih suka bikin sendiri di rumah. Ya itu tadi..lebih enak dan bersih...hihi. Jadi ayuk semangat masak ya teman-teman, biar keluarga bisa makan menu sehat dan bergizi, dan yang pasti lebih bersih gitu. Nah kali ini mau share resep Soto Mie Bogor yang seger, dan cocok untuk menu di cuaca seperti ini ya teman-teman. 

Soto Mie ini menu berkuah khas Bogor yang kaya bumbu, tapi rasanya seger. Pakai Dagingnya bagian Tetelan itu makin sedep. Yang wajib ada di Soto Mie ini adalah Risol kampung atau Risol Bihun sebagai pelengkapnya. Memang enak sekali, Risol kampung di makan bersama kuah Soto Mie. Tips agar kuah sedep, masak api kecil ya hingga bumbu meresap dan daging empuk. Oke....selamat mencoba ya teman-teman...jika suka...
Soto Mie

Bahan :
100 gram mie kuning kering, rebus hingga matang ( atau lebih enak pakai Mie basah ala Pasar )
300 gram daging tetelan sapi, rebus dengan 1500 ml air dengan api kecil hingga empuk, sisihkan kaldunya 1L
2 batang daun bawang, iris halus
3 lembar kol, iris halus
2 buah tomat, potong kasar
2 buah kentang, potong-potong goreng
Risol bihun 3 buah
Bawang merah secukupnya
Kerupuk / emping melinjo secukupnya
Sambal rawit secukupnya
Kecap secukupnya
Jeruk nipis secukupnya

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
5 cabai merah, buang bijinya
5 butir kemiri
4 siung bawang putih
1 cm kunyit
1/4 sendok teh merica butiran

Bumbu tambahan :
2 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 batang sereh, geprek
Kaldu sapi 1 sendok teh
Garam dan gula secukupnya

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan bumbu-bumbu tambahan, air kaldu dan bumbu-bumbu lain. Masak hingga bumbu meresap, koreksi rasa.
Susun mie, risol bihun dan pelengkap lain ke dalam mangkuk, tuangi kuah soto.
Sajikan hangat dengan sambal dan kecap.

No comments :

Post a Comment