Google Ad

Wednesday, August 23, 2017

Jenang Gempol Resep Baru


Dulu banget aku pernah posting Jenang Gempol, Jenang khas Yogya...yang biasa di jajakan keliling atau di jual di pasar tradisional. Jenang Gempol ini unik, jenang atau buburnya seperti bubur sumsum, tapi manis rasanya dan kecoklatan karena memakai gula merah. Sedang keunikannya itu adalah topingnya yang bulat-bulat itu yang unik. Itu adalah Gempol. Gempol ini terbuat dari Tepung beras yang di giling baru, jadi fresh gitu. 

Cara membuat Gempol yang otentik itu tepung beras di perciki air, di pulung besar-besar, lalu di kukus hingga hampir matang. Selanjutnya bulatan tepung beras yang sudah di kukus tadi di parut hingga berbutir-butir. Lalau di pulung lagi bentuk bulatan kecil-kecil. Itu versi yang ribet. Aku pernah bikin juga versi praktis, di postingan lamaku ya teman-teman tentang jenang Gempol ini.

Nah kali ini mau share juga resep buburnya yang versi baru pakai takaran gram. Kalau dulu kan versi takaran pakai gelas..hihi. Jadi pada bingung ya. Baiklah, demi posting resep baru tadi pagi aku buat lagi Jenang Gempol ini. Tapi Gempolnya aku beli jadi, hihi. Kemaren ke Gang baru itu pasti beli Gempol. Nah tadi tinggal bikin Buburnya aja.

Jadi aku share resep Buburnya ya. Jika terpaksa malas bikin Gempolnya, bikin Buburnya aja juga ini udah enak banget kok teman-teman di makan pakai santan gurih gitu yang sudah di rebus. Agar lebih jelas cara membuat Jenangnya, biar bisa lembut dan mulus, aku juga sudah siapkan video singkatnya teman-teman..di sini ya link videonya, di klik aja tanda panahnya...buat teman-teman yang masih bingung cara membuat Bubur Manis / Jenang yang halus lembut dan tidak bergerindil, langsung aja cek ya di video berikut ini agar lebih jelas...:)

Jenang Gempol

Bahan :
Gempol siap pakai 10 buah
Santan rebus yang di beri sedikit garam dan pandan

Bahan Jenang :
100 gram tepung beras, larutkan dengan 100 ml air
500 gram santan sedang
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
100 gram gula merah

Cara membuat :
Rebus gula dan santan serta daun pandan hingga gula larut, saring jika perlu.
Didihkan kembali, masukkan larutan tepung beras
Masak sambail terus di aduk hingga jadi bubur yang halus dan lembut
( lihat Video ya agar lebih jelas )
Sajikan dengan santan gurih dan Gempol jika ada
Yummy...!


2 comments :

  1. Sorry oot, mau tanya kalau manggang ayam pakai oven listrik itu sebaiknya pakai panas atas atau panas bawah?

    debby.miracle84@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Bantu jawab....pakai Api atas bawah mbak

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel