Sunday, August 20, 2017

Kuah Bakso Lebih Gurih Dengan Kaldu Sumsum



Tadi pagi aku ke Pasar Gang Baru, beli macam-macam Mie...ada yang khusus buat Mie Ayam, khusus buat Bakso, khusus buat Lomie, dll..kok kalap di beli semua..hihi. Tapi Mie basah fresh yang baru di buat memang enak.  Sudah pasti menu pertama bikin Bakso. Akhirnya telp tukang daging langganan dekat rumah...minta di sisain Tulang kaki untuk Kaldu kuahnya.

Jika ke pasar dekat rumah dan ke tukang daging langganan bawa Tulang yang ada Sumsum..pasti aku beli. Di tukang daging langgananku selalu fresh tulangnya, jadi jika di buat kaldu untuk kuah bakso...sangat gurih. Jadi walau tadi ke pasar Gang Baru, tetep beli Tulang Sumsum di tukang daging langganan...hihi.

Tulang Kaki ini sangat enak di buat Kaldu Bakso, gurih tapi nggak amis...tapi pastinya harus fresh ya teman-teman tulang kakinya. Jangan beli di supermarket yang sudah lama di freezer atau beli mentah terus  masuk freezer, nanti jadi amis..aku pernah coba..rasanya beda. Makanya jika beli Tulang kaki, segera saja di masak ya..agar lebih gurih dan sedep.


Sumsum yang ada di dalam Tulang Sapi itu kaya manfaat lho teman-teman, pertama Kalsiumnya tinggi, terus walau ada kandungan Lemak tapi Lemak yang bermanfaat juga untuk tubuh. Kandungan Asam Amino juga tinggi. Apalagi jika untuk anak-anak ya, pasti bergizi untuk pertumbuhan mereka. 

Selain untuk kuah Bakso, aku kadang masak Tulang Sumsum ini untuk Sup, atau campuran Gudeg Basah ( Gudeg berkuah ), itu juga jadi gurih sekali. Nah, jika untuk membuat Kuah Bakso, itu harus di buat kaldu terlebih dahulu ya teman-teman. Caranya, Masak Tulang dengan api kecil, sekitar 1 hingga 2 jam, nanti akan keluar Kaldu beningnya. Nah Kaldu ini enak sekali untuk di jadikan Kuah Bakso. Biar lebih sedep, bisa di tambah seikat Sledri, yang di masak bersama, ketika proses perebusan Tulangnya. Sledrinya di biarkan saja utuh.

Jika Kaldu bening sudah jadi, tinggal di bumbuin Bawang putih goreng yang di geprek, merica, garam, sedikit gula, sudah dech..jadi kuah Bakso yang gurih alami. Yodha suka sekali jika aku bat kaldu Bakso pakai Kaldu Sumsum seperti ini..enak katanya.

Jadi, ayuk, jika ketemu Tulang sapi seger di pasar, jangan ragu untuk di beli teman-teman, dan cobain dech untuk membuat kuah Bakso, hasilnya kuah bisa lebih gurih, bening dan nggak eneg.

Oke, semoga bermanfaat ya tips hari ini teman-teman..selamat mencoba. besok ya aku baru share resep-resep baru lagi. Dua hari ini super sibuk dengan kerjaan. Tadi cuma masak Bakso ini...hihi. 

Cara membuat Kaldu Bakso

Air 2000 ml
Tulang kaki 2 , minta di patahkan jadi dua jika beli, agar sari sumsum nya keluar ya ketika di rebus
3 - 4 siung bawang putih, goreng, geprek
Garam, merica, gula secukupnya
4 batang sledri, ikat

Rebus Tulang dan sledri dengan air dingin, jangan di didihkan ya. Jadi Tulang masuk langsung
Masak api kecil aja hingga keluar Kaldu Bening
Bumbuin dengan Bawang, garam, merica, gula hingga seimbang rasa gurihnya
Sajikan untuk kuah Bakso atau bisa juga untuk Sup, tinggal di tambah sayuran seperti Wortel, Daun Bawang, Bawang Bombay, dan Kentang..sudah jadi Sup yang gurih dan bergizi untuk anak-anak.


2 comments :

  1. nice info !

    visit website kami tentang kemasan makanan food grade paper

    ReplyDelete
  2. Alamat tukang dagingnya dimana mba..saya juga dom Semarang..tenkyu

    ReplyDelete