Monday, November 28, 2016

Pastel Ayam


Pastel...itu salah satu gorengan favoritku. Segala pastel aku suka..baik yang versi isi sayuran aja ala pasar atau yang mewah kelas bakery..aku suka semua...hihi. Pokoknya pastel itu spesial. Biar isinya cuma wortel atau kentang aja jika di bumbuin dengan pas, rasanya itu enak sekali. Perpaduan kres, renyah gurih kulit pastel di padu isian gurih manis yang membuat komposisi rasa yang indah ketika kita makan..*lebay..hihi...*

Pastel yang enak menurutku itu jika kulitnya ngeprul dan renyah. Nggak berminyak..walau sampai dingin tetep renyah. kadang jika beli pastel itu suka ada berbagai macam...ada yang alot kulitnya..itu pasti karena adonan terlalu di uleni, atau aada yang berminyak  banget kulit..dll. Kalau aku buat..walau adonan kulit suka aku gonta ganti eksperimen komposisi adonannya..alhamdulillah kok hasilnya selalu mulus..ngeprul, renyah seperti di foto itu..hihi.

Pastel yang aku buat juga tidak berminyak kulitnya..jadi mulus aja hingga dingin sampai sore ( aku buat pagi ) tetep mulus kres nggak  berminyak. Kuncinya itu menggoreng pastel, panaskan minyak hingga panas..langsung  masuk dech..nanti kulit pastel akan langsung mengembang dan cepat matang. Jangan terlalu tebal ya adonan kulitnya, agar matang hingga bagian dalam. 

Biasanya aku buat pastel isi ragout..kali ini aku buat isi ayam saja. Isian sama seperti isian Lemper Ayam, tapi di gongseng lebih lama agar lebih keset dan kering. Jadi pastelnya awet kriuk. Rasanya itu enak sekali, perpaduan gurih dan sedikit manis isinya kudu pas ya teman-teman agar pas rasanya untuk cemilan. Jangan terlalu asin juga ya..

Oke..langsung aja ini dia resepnya ya, aku coba eksperimen baru aku cairin margarinnya..lebih kres lagi hasilnya :
Pastel Isi Ayam

Bahan Isi :
500 gram daging ayam bagian dada, rebus hingga matang, haluskan dengan food processor atau suwir halus
Haluskan :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
Tumis bumbu halus, masukkan ayam dan air 100 ml
Masukkan bumbu lain : 1 sendok makan munjung gula pasir , 1 sendok teh kaldu ayam , dan garam sesuai selera, 2 lembar daun jeruk, 1 batang serai, memarkan
Masak hingga kesat dan agak kering
Cicipi rasa hingga pas rasanya, sisihkan

Kulit pastel renyah :
200 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok garam
1/4 sendok kaldu bubuk
30 gram margarin plus 1 sendok makan minyak, campur, lelehkan hingga margarin leleh aja
30 ml air hangat ( secukupnya )

Cara buat kulit pastel:
Ayak terigu, garam dan bumbu kaldu,masukkan margarin leleh panas,aduk sampai berbutir. Tuang air hangat sedikit demi sedikit,aduk sampai bergumpal. Gilis tipis. siap digunakan 

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit pastel, bentuk bulat pakai mulut gelas juga bisa
Tipiskan 
Beri isi secukupnya
Lipat dan pilin bagian luarnya
Goreng hingga matang

1 comment :

  1. mba, kalo saya bikin kok kulitnya menggelembung pas digoreng, kenapa ya? padahal isinya udah penuh..

    ReplyDelete