Saturday, February 4, 2012

Onde Onde

Masih punya stock kumbu kacang hijau di kulkas..di karyakan jadi apa ya..mikir dulu..mau bikin kue ku..tapi kumbunya masih berkulit kacang hijaunya..ya udah..onde2 aja..kan ada tuch onde onde kampung yang kumbunya kacang hijau berkulit..enak juga kok..^^ ..bikin 250 gram tepung ketan aja jadinya banyak banget..jadi bingung sendiri..siapa yang mau ngabisin..hehehe..mau coba di rumah..ini resepnya..,rasanya ok lho..kulitnya lembut ,enak....cekidot..:


Bahan Kulit :
250 gram tepung ketan
50 gram kentang kukus,haluskan
65 gram gula pasir halus
½ sdk the garam
175 ml air hangat
100 gram wijen
minyak untuk menggoreng
Bahan isi :
250 gram kacang hijau kupas (aku pakai kacang hijau kulit..enak juga )
150 gram gula pasir
1 lembar daun pandan
½ sdk teh  garam
200 ml santan dari ½ kelapa
Cara membuat :
Isi : rebus kacang hijau sampai agak lunak dan kering,tambahkan santan,gula pasir,daun pandan,garam. Masak sambil di aduk sampai kalis.Angkat,dinginkan,bulatkan kecil2.
Kulit :Campur tepung ketan, kentang,gula pasir,dan garam,aduk rata.
Tuang air hangat sedikit demi sedikit,sambil di uleni sampai kalis dan licin
Ambiladonan kulit, kurang lebih 20 gram, bulatkan,pipihkan lalu isi dengan bulatan2 adonan isi.gulingkan diwijen.
Masukkan dalam minyak dingin.Nyalakan api kecil. Aduk sampai mengapung ,,lalu nyalakan api sedang ,goreng hingga matang kecoklatan.
Eh hasil jadinya banyak lho,kurang lebih 30 biji..haha..jadi siap2 mabuk Onde Onde kalau mau coba..^_^…..

36 comments :

  1. Ady Purna WeyjayaJuly 28, 2012 at 3:25 PM

    Wahhh bagi onde-ondenya donk miss,, lg nyari resep nih, pengen bikin jg..

    ReplyDelete
  2. Yukk di coba Mas Ady..gampang kok buatnya..^^

    ReplyDelete
  3. Gimana ya caranya biar onde onde gak kisut setelah digoreng?

    Aku kalau abis nggoreng, kalau udah dingin, onde ondenya mengkeret, gak bunder ser lagi.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isinya aja di banyakin Mba Evia..jadi kan nggak ada ruang kosong yang bisa bikin kisut..^_^..just my opinion...

      Delete
  4. O gitu ya.
    Pantesan onde ondeku isinya lari lari. Makasih ya.

    ReplyDelete
  5. hay mba diah, nyasar di sini nih aku. Kebetulan lg nyari resep 0nde2.
    Oia mba, supaya gak meletus waktu d goreng gmn ya mba? Selama ini paling kl bikin cepet2 d angkat padahal kulitnya blm kering... Takut mbledos...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...kok bisa keselip ini komen Mba Lina..maaf ya Mba..baru bales..kalau aku pakai campuran kentang..nggak mbledos Mba..dan juga apinya jangan besar2..:)

      Delete
  6. mbak aq sudah nyoba resep yang ini, enak mbak...makasih y mbak resepnya...tapi isinya aku pake yang resepnya mbak yg kue ku...sebenarnya kumbu itu kacang hijaunya dihaluskan ndak mbak? atau suka-suka ya...

    eh mbak kalo goreng kan minyaknya harus dingin, terus kalo gorengan yang kedua gimana y mbak? kompornya dimatikan dulu atau gimana mbak?

    makasih mbak diah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suak2 aja Mba Lupna..kalau aku malah suka kayak onde2 kampung yang isinya agak kasar..tapi kalau mau halus..emang lebih baik pakai isi kumbu kayak kue ku..:)
      Iya..di matiin dulu Mba..atau kalau mau cepat pakai dua wajan..:)

      Delete
  7. Laporan :D aq udh nyoba. Ada accident dikit..ternyata tepung ketan ku tinggal 200 gr.terpaksa deh tambah tapioca yg 50nya. hasilnya pas masih anget sih agak garing mba. Dan kokoh ga kisut maksudku.dan yg paling bikin seneng ialah..ga meledos ondenya :D makasih tipsnya ya mba. --lian--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Lian....iya..malah jadi tambah renyah..kalau pakai tepung tapioka..:)

      Delete
  8. mba didi.. aku mau nyoba resep ini... kl di resep ini kan gorengnya, masuk ke minyak dingin, baru di goreng dgn api kecil.. kl di reseo mba di yg onde onde kacang tholo, itu di goreng di minyak panas... yg bikin beda apanya ya mba?

    Ririn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada beda hasilnya Mba..cuma aku biasa suka coba2 saja tips2 dapur biar dpt ilmu baru terus..misal gini pas dapet saran dari teman..eh gorengnya pakai minyak dingin dulu..biar nggak mledos..dll kalau bikin onde..nah waktu itu pas lagi begitu...ya aku coba saja.tapi biasanya sich..pakai minyak biasa aja..di panaskan dulu..langsung goreng..nggak mledos juga kok..jadi kesimpulanku sich ..aman2 aja..resep yang pakai tambahan kentang ini..mau di goreng di minyak dingin dulu..atau langsung ke minyak ya sudah di panaskan..udah aku buktikan sdr..hasilnya sama2 oke..nggak masalh..jadi..mau coba yang cara mana..silahkan di pilih sdr ya Mba..:)

      Delete
  9. Aku barusan buat onde.ondebak tapi gagal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gagal kenapa......coba lagi ya..:)

      Delete
  10. Q dah bbrp kali bikin onde2 dg resepnya mb DD. Mengenai rasa kumbu kacangnya maupun kulit Alhamdulillah enak dan kerabat yg aku kasih juga bilang enak. Cuma kenapa yah setiap aku bikin ga bisa rapi bunder ser gitu. Semakin ku bulat2in pake tangan eh ga tambah bulat tp jadi seperti bentuk gasing hihi..lucu..Pdhl kumbu dah ku banyakin, jd bingung :p gimana tipsnya y mb? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba alasi tangan dgn plastik mba Weni..atau di oles minyak dikit biar nggak lengekt.terus di bulat2 pakai kedua tangan ya..:)

      Delete
  11. Oh gt y, he em2 next time insyaAllah akan ngikuti saran mb DD

    ReplyDelete
  12. Mbak DD, salam kenal. Aku suka dengan webnya, krn lagi jauh dri rumah alhasil kalo kangen makanan kampung halaman musti bikin sendiri. Web ini membantu banget deh! Nah, penasaran nih mbak, aku lagi kangen onde2 pingin coba, cari2 resep ada yg campuran tepung ketannya pake tepung beras, punya mbak pake kentang, kira2 bedanya gimana ya mbak? Kutunggu tanggapannya yah ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai campuran kentang ini..membantu tekturenya nggak alot atau keras kulit onde2nya mba..walaupun udah dingin tetep empuk..enak..:)

      Delete
    2. oh ternyata gitu yah, baiklah akan segera kucoba. makasih banyak ya mba ^.^

      Delete
  13. Halooo salam kenal yah di....trima kasih sudah berbagi ilmu, apalagi bagi perantau dinegri orng. resep onde2 nya sdh saya coba dan enak, cuman knp wijenya pada lepas yah pas digoreng. mohon perunjuknya. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya Mba..:) Itu kurang di tekan2 saja mba..wijennya..sampai nempel sempurna ya..:)

      Delete
    2. kemarin saya ndak berani terlaku tekan2. takut keluar isian nya. terima kasih

      Delete
  14. Salam mba Diah. Terima kasih resep2 nya ya. Semoga menjadi amal ibadahh buat mbak Dia dan keluarga. Trs terang sering aku comot resepnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..mksh mba..:) Silahkan di coba ya :)

      Delete
  15. Halo mbak Di, ijin share resep yah di fb, aku dh berhasil buat onde-ondenya, pertama kali langsung berhasil :D
    makasih banyak yah mbak resepnya sering aku cobain :)

    ReplyDelete
  16. Mba, mau nanya dong.. Adonan onde bisa dibesokkan ga ya? Jadi ngadonin malem, digoreng pagi.. Pengen nyoba buat onde buat dijual :)

    ReplyDelete
  17. Mbak Diah, sdh saya coba resepnya dan berhasil. Seblmnya saya coba dg resep lain dan mbledos. Kalau resep ini enak, gak mbledos, wkt dingin tetap empuk. Saya pakai kentang seduh dari mbak. Lain kali isiannya saya banyakin, spy gak terlalu kopong. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  18. Mbak.klo kentangnya diganti tepung kentang yg flakes bisa gak ya?kalo bisa takarannya gmn.thanks

    ReplyDelete
  19. salam mbak diah.. mau tanya kalau misalnya aku buat adonan malam lalau diinapkan semalaman d kulkas baru d gorwng paginya.. masih oke nggak ya mbak? mau jualan ceritanya ☺

    ReplyDelete
  20. Kalo beli tepung kentang di tbk ada ga mb?

    ReplyDelete
  21. Kalo beli tepung kentang di tbk ada ga mb?

    ReplyDelete
  22. Kalo beli tepung kentang di tbk ada ga mb?

    ReplyDelete
  23. Kalo beli tepung kentang di tbk ada ga mb?

    ReplyDelete