Thursday, February 16, 2012

Wajik Klethik Gula Merah

Wajik klethik adalah makanan manis yang terbuat dari  ketan dan kelapa muda yang di masak dengan gula hingga menjadi keras. Rasanya manis dan legit , mirip2 geplak Yogya, tapi ini lebih enak , kerena ada sensasi klethik klethik atau kreyes kreyes dari ketan. Mungkin itulah mengapa di sebut wajik klethik. Penampilannya juga meriah, karena di bungkus kecil kecil dengan kertas warna warni, atau bisa juga di bungkus dengan daun jagung ( klobot ). Ada juga sebagian orang yang menyebutnya wajik Bandung.

Dah lama kangen makanan ini, cari resep di mana2..gak pernah nemu.....eh.... untung ada Mba Tri Yuniarti di langsungenak yang tantenya memang usaha wajik klethik ini, kasih resep otentiknya. Langsung praktek 2 kali dech, walau hasilnya belum jamuran, alias kering nggumpal luarnya kayak yang dijual2 gitu, kerena aku ganti pakai gula merah. Tapi rasanya sudah ok, otentik wajik klethik. Makasih ya Mba Tri..resepnya..^^..besok lain kali tak cobanya pakai gula pasir biar lebih ok..^^ Tapi yang penting rasa penasaranku sudah hilang, karena sudah  berhasil membuat wajik klethik sendiri.


Wajik Klethik ( resep tantenya Mba Tri Yuniarti )...

Bahan:
  • 1/4 kg beras ketan
  • 1/2 kg gula pasir ( aku ganti gula merah )
  • 1 butir kelapa setengah tua
  • 50 cc air
  • 1/2 sdt garam
Cara membuat
  • Masak ketan layaknya kita memasak nasi/ketan di aron dulu terus dikukus (jangan telalu lembek)
  • Kupas kulit ari kelapa lalu parut memanjang kemudian sangrai sampai pero (tidak menggumpal/terpisah satu sama lainnya) sisihkan
  • Cairkan gula + air+ garam biarkan sampai gula berbuih/merambut lalu masukan ketan dan kelapa sangrai
  • Aduk sampai tua angkat lalu bungkus selagi panas sesuai selera






Eh..beberapa minggu kemudian..ada Mba Mia Pupung..temen di langsungenak yang posting wajik Bandung..udah ku coba...mirip sich sama wajik klethik ini buatnya..tapi di tambah agar2..jadi rasanya..totally different..sama2 enak sich..cuma aku lebih  wajik klethik..yang dari Jawa ....kalau yang pakai agar..terasa lembut..gak bisa keset gt..tapi..siapa tahu ada yang suka wajik Bandung..ini dia resepnya..jika mau coba :

Wajik Bandung


Bahan2 nya: 250 gr beras ketan, 750 gr gula pasir, 2 butir kelapa parut, 1 bungkus agar2 warna putih, 2 sdt vanilla extract, garam dan food color secukup nya warna apa saja sesuka nya. caranya: masak ketan kaya masak nasi di aronin dulu. kupas kulit kelapa lalu parut. campur ketan, gula, kelapa dan vanila masak sampai basah dan agak berair lalu masukan agar2. aduk terus. setengah tua kasih pewarna aduk lagi sampai tua lalu angkat.. bungkus selagi panas.





No comments :

Post a Comment