Thursday, February 16, 2012

Alen Alen



Bentuknya bulat kecil, kayak cincin, rasanya gurih..agak agak keras, tapi enak….apa hayo ?..Yupp..alen alen. Penganan kecil ini banyak di jumpai di beberapa daerah di Jawa. Tapi aku paling suka alen alen khas Trenggalek Jawa Timur, karena rasanya lebih gurih, karena sudah di variasi dengan berbagai rasa.

Alen alen biasanya di produksi oleh usaha rumahan, karena proses pembuatannya yang agak njlimet, aku kok malah tertantang untuk bisa bikin sendiri. Cari resep di google gak pernah nemu. Akhirnya pas bongkar bongkar tabloid koki nemu juga resep alen alen Trenggalek…seneng dech, langsung ku catat dulu biar nggak hilang lagi resepnya.

Bahan :
Pati singkong 250 gram ( lebih enak pati bikinan sdr )
Air mendidih 175 ml
Air biasa secukupnya
Minyak goreng
Bumbu halus :
Bawang putih 3 siung
Kunyit bubuk 1 sendok teh
Ketumbar ½ sendok teh
Garam secukupnya
Cara Membuat :
Tuang air mendidih ke dalam pati,sedikit demi sedikit bergantian dengan air biasa, hingga adonan bisa dipulung. Tambahkan bumbu halus, aduk rata.
Bentuk adonan seperti cincin, masukkan dalam air dingin.Panaskan penggorengan yang berisi adonan, goreng dengan api sedang hingga matang dan kering.

Aku share resepalen alen tersebut di grup langsungenak..dan udah di uji coba oleh Mba Tri Yuniarti, ternyata hasilnya rada keras, maka akhirnya di modifikasi sendiri, agar hasilnya lebih empuk. Setelah ku coba hasil modifikasinya mba Tri...hasilnya  memang lebih empuk dan mirip sama alen alen Trenggalek yang asli sana. Jadi jika ingin mencoba..pakai resep yang udah di modif ini ya, hasilnya nanti spt fotoku di atas.. :

 Bahan :

• 250 gr singkong
• 50 gr tepung tapioca
• 1 sdt ketumbar
• 5 siung bawang putih
• 1 ruas kunyit
• Garam secukupnya

CARA MEMBUAT
• Parut singkong lalu peras,endapkan air perasan 2-3 jam
• Haluskan ketumbar,bawang putih,kunyit,garam
• Campur singkong,pati singkong yg telah diendapkan,tepung tapioca beserta bumbu halus
• Kukus 3-5 menit angkat lalu uleni sampai menggumpal,lalu pilin adonan trs di bentuk cincin kecil kecil
• Goreng dengan minyak setengah panas dengan menggunakan api kecil bila sudah setengah matang angkat biarkan kira kira 5 menit,panaskan kembali minyak lalu goreng menggunakan api sedang sampai alen alen benar benar kering bagian dalamnya



2 comments :

  1. trims bgt mbk. Brkat mbk resep yg mstinya mustahil di mbah google bs trslamatkan.. Aq suka alen-alen dan hanya bs makan pas idul fitri di rmh nenek Tulungagung.. Resepnya sgera aq coba, klo brhasil aq bwt suguhan idulfitri di rmh q Gresik. Kan gk usah jauh2 ke Tulungagung.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Hanna..Sama2..aku suka saja mencoba resep2 yang mungkin orang lain males nyoba Mba..walau sering di ledekin temen..ngapain repot2 bikin..wong beli byk..hihi..tapi buat aku..bisa menaklukkanalen2 adalah suatu keseruan yang menyenangkan..^^

      Delete