Google Ad

Thursday, February 16, 2012

Lotek



Lotek ..adalah makanan sehat favoritku pas di Yogya. Sehat....karena one side dish..udah komplit, ada sayur, karbohidrat dan protein dalam satu penyajian. Di Semarang jarang yang jual lotek, lebih banyak pecel. Jadi memang lebih khas makanan Yogya lotek ini, karena di Yogya banyak penjual lothek yang sudah melegenda, seperti lotek Colombo, lotek Kentungan , lotek  Jl Taman Siswa, Lotek deket Jembatan layang..dll. Walaupun di Bandung ada lotek juga, tapi bumbunya sedikit beda. Mengobati rasa kangen ada lotek ini,  satu2nya jalan ya bikin sendiri, gampang kok..tinggal rebus sayuran dan ulek bumbunya ndadak. Itulah beda lotek sama pecel. Kalau pecel biasanya bumbunya sudah siap pakai dan tinggal di cairkan pas orang beli, kalau lotek bumbu kacangnya di ulek langsung pasa ada yang beli, jadi terasa fresh, lebih seger gitu. Jadi  cita rasanya memang tergantung dr hasilulekan bumbu ini, harus pas antara pedas, manis dan gurihnya. Mau coba bikin lotek..?..Gampang..nich resepnya :

Lotek Yogya

Bahan:
Sayur matang  : bayam, wortel dan kacang panjang, taoge, di rebus
Sayur mentah  : kol, ketimun dan tomat

pelengkap :
Lontong, tahu atau tempe goreng, bakwan goreng,kerupuk sagu warna warni

Bumbu kacang :
Kacang tanah , cabe  rawit merah , bawang putih ,daun jeruk gula merah dan garam, ada yang pakai terasi dan kencur juga, tapi aku tidak, sesuai selera aja.

Cara membuat :

Haluskan bumbu dengan cara di uleg dan di campur dengan air panas,lalu masukkan semua sayuran dan pelengkapnya,aduk rata,sajikan.

No comments :

Post a Comment

Google Ad

Visit Our You Tube Channel