Wednesday, February 15, 2012

Martabak Praktis


Pengen martabak asin , tapi males ribet bikin adonan kulitnya ?..Gampang..gak usah repot2 bikin kulitnya..ada cara praktis bikin martabak.....pakai aja kulit lumpia, jadi dech martabak mini satuan yang enak. Selain praktis, bentuknya juga lebih menarik , karena kecil2 dan bisa di jadikan snack untuk acara2 seperti arisan, dll. Nggak usah motong2 dan bisa di kemas pakai plastik. Isinya pun bisa beragam, dari yang paling sederhana cuma isi bawang daun dan telur, sampai yang di tambah tahu, ayam, daging, udang..dll sesuai selera.

Ini resep dasar termurah ya..cuma pakai daun bawang aja, tapi udah enak..aku malah lebih suka martabak yang isinya daun bawang dan telur aja..daripada yang pakai daging....hehe..irit kan, tapi kalau pakai tambahan isian daging atau ayam, di cincang trus di tumis sampai kering dulu sama garam, merica dan gula pasir sedikit.

Bahan :

Kulit lumpia siap pakai 10 lembar
Telur 2 butir
Daun bawang 1 mangkuk kecil
Bumbu kaldu instan rasa ayam atau sapi 1/2 sendok teh
Garam dan merica, serta sedikit gula pasir secukupnya ( sejimpit dikit aja gulanya, jgn banyak2 ya..ntar malah jadi manis..hehe ),ini agar rasa martabak makin lezat...istilah orang Jawa di colok gula sedikit biar rasa gurihnya tambah miroso..

Cara membuat :

Masukkan semua bahan isi,kocok rata, isikan ke kulit lumpia, lipat segi empat, lalu goreng sampai kuning keemasan. Jadi dech..^^

Untuk memastikan isian martabak sudah gurih atau belum, ambil sedikit isi,  goreng bentar kayak goreng telur dadar itu lho, lalu cicipin, kalau kurang bumbu bisa di tambahin, kalau keasinan ya bisa tambahin telur lagi atau daun bawangnya..hehe..praktis kan..masak itu fleksibel  kok., bumbu dasar hanya pathokan.. rasa dan bumbu di sesuaikan lidah masing masing ya..^^..soalnya ada teman yang minta resep masakan.....udah ku kasih bumbu2 dasarnya..habis itu kompalin.....ko kurang enak...haha..waduh..lha apa Saya harus bertanggung jawab......masakan dia harus enak..lha semua itu tergantung selera kan..kalu suka asin, atau manis..tinggal di sesuaikan. Kecuali resep kue gt memang harus akurat ya....Cey....malah nge lantur nich...hehe....back to Martabak..dah kayak di langsungenak nich.......bahas makanan apa..nanti ujung2 nya pada curhat..hahaha...melebar dr topik.

1 comment :