Thursday, February 16, 2012

Mie Goreng dan Bihun goreng Kampung


Jaman sekarang..semua makanan serba praktis dan enak ya. Semua serba instan tersedia. Namun di tengah ketersediaan semua  hal yang gampang di cari, kadang justru pengen makan yang simple, back to basic, seperti jaman dulu di mana belum ada pengawet dan lain2. Kayak Mie dech, dulu kita harus beli mie basah dipasar2 ,mie kuning khas pasar yang rasanya unik, tidak akan tergantikan dengan mie kering buatan pabrik dan mie kemasan. Di masaknya pun dengan bumbu dan pelengkap sederhana, seperti kol dan wortel, caisim serta daun bawang. Dulu Mie kampung gini di Yogya termasuk menu hidangan untuk hajatan dan untuk selamatan. Sekarang..masih ada nggak ya yang suka..di tengah serbuan aneka makanan mie yang lebih komplet dan bergizi isinya..seperti Mie China yang padat gizi, atau mie ayam..dll. Ada sich yang masih suka.....aku..hehe. Mie sederhana ini paling enak di makan dengan cara nyeplus cabe rawit dan di tambahin kekian ndeso juga. Wis..enak dech...mantab. Selain mie kampung ini..bahan bisa di ganti dengan bihun beras..rasnya juga tak kalah enak.

Bumbu2 nya sederhana saja : Bawang putih, merica butiran dan kemiri, garam dan bumbu kaldu sdkt. Sayurannya kol, daun bawang dan wortel. Masaknya kayak bikin mie biasanya ya..bumbu di tumis,masukin sayuran,sdkt air,masukin mie atau bihunya...dan bumbu lain..tumis sampai matang.


Ini nich....penampakan asli mie pasar, bentuknya agak kaku dan warnanya kuning terang dan aromanya khas..khas apa ya..ya..khas mie pasar dech pokoknya..hehehe.


No comments :

Post a Comment