Tuesday, October 24, 2017

Nasi Bogana



Indonesia tercinta kita ini kaya akan kekayaan kuliner ya teman-teman. Buktinya...nasi campur, banyak sekali ragamnya. Mulai dari Nasi Rames, Nasi Ponggol, Nasi Jinggo, Nasi Kucing, Nasi Tempong, Nasi Sudukan, dll..banyak dech yang sudah aku tulis resepnya di webku ini. 

Nah..biar tambah lengkap lagi, aku tulis menu Nasi Campur baru ya..yaitu Nasi Bogana, khas dari daerah Tegal. Sepintas memang seperti Nasi kuning biasa, tapi ayuk ah..kita belajar menghargai aneka menu tradisional dari daerah lain. Jika kita misalnya kita belum tau atau belum pernah mencicipi, nggak usah langsung protes..kok cuma seperti Nasi Kuning biasa gitu. Kalau aku lebih baik mencoba...dan merasakan langsung rasanya...pasti dech jadi tau..oh bedanya ini, khas Nasi suatu daerah itu lauknya ini, dll...nambah ilmu dech..hihi.

Kalau aku suka kulineran, jadi suka mencoba aneka kuliner daerah lain. Setelah mencoba, lalu aku pasti berusaha untuk membuat sendiri di rumah. Enaknya kulineran itu, tau citarasa aslinya seperti apa, jadi ketika mencoba di rumah, jadi tau gambaran rasanya harus seperti apa, itu ada pathokannya. Jadi selain mencoba menu baru dari daerah lain, juga mengasah ketajaman lidah..hihi...agar ketika mau membuat sendiri bisa mengkira-kira apa saja bumbunya. Untunganya menu-menu khas daerah apalagi Jawa Tengah ini bumbunya nggak aneh-aneh kok, jadi mudah di kenali rasanya.

Mungkin ada satu dua bumbu yang khas, misal..untuk Oseng kacang panjangnya ada yang pakai Tauco. Nah, kali ini aku yang aku masak juga yang versi pakai Tauco, jadi lebih sedep rasanya. Karena resepnya banyak, untuk resep Opor Ayam, dll yang sudah pernah aku posting, tidak aku posting ulang ya teman-teman, silahkan klik saja link resep berikut yang sudah aku kasih.

Jadi biar menghemat waktu, aku posting resep yang belum pernah aku posting yaitu Sambel Goreng Ati, yang tanpa santan ya. Selain Itu Oseng Tempe Kecapnya. Oseng tempenya ini di goreng dulu tempenya, tapi di masak dengan air dan kecap, jadi beda sama kering tempe atau orek tempe basah yang sering aku posting ya. Oke, langsung aja..berikut ini resepnya ya teman-teman, selamat mencoba...
NASI BOGANA

Nasi Kuning / Nasi gurih putih, RESEP silahkan lihat di SINI
Telur Pindang,  RESEP silahkan lihat di SINI
Opor Ayam, RESEP silahkan lihat di SINI
Oseng Kacang Panjang Tauco, RESEP silahkan lihat di SINI

Sambal Goreng Ati tanpa santan:

5 pasang ati ampela, rebus, potong kecil
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
500 ml air
1/2 sendok makan ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu ayam, dan garam secukupnya
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
10 buah cabai merah

Cara Membuat  :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ati ampela, air dan semua bumbu
masak hingga meresap
Koreksi rasa

Oseng Tempe :

1 papan kecil Tempe, atau kira-kira 300 gram, potong panjang kecil,  goreng setengah kering
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok teh kaldu ayam, dan garam secukupnya
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh  gula merah
100 ml air
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
8 buah cabai merah keriting, iris tipis 

Cara membuat : 
Tumis Bawang merah, putih dan cabe hingga harum dan matang
Masukkan air, tempe, dan semua bumbu, masak hingga meresap dan kuah habis
Jangan lupa koreksi rasa ya


No comments :

Post a Comment