Monday, October 23, 2017

Sate Usus, Ati Ampela, dan Telur Puyuh Campur Bumbu Kuning


Sarapan pagi ini, Bubur Ayam lengkap dengan aneka Sate. Satenya bikin dari tadi malam sich, jadi pagi-pagi tinggal di panaskan saja untuk lauk makan bubur Ayam. Sate jerohan, komplet dengan Telur Puyuh. Sate seperti ini di sini biasa di jual di warung Bubur Ayam kuah kuning. Itu Bubur ala mana  sebenernya, ala Jakarta atau mana, kurang tau juga ya hihi..yang jelas di Semarang sini banyak yang jual tiap pagi untuk menu sarapan..hahah. Di Sekitar tempat tinggalku aja ada kali 10 an warung bubur ayam gini di daerah Semarang atas. Semua udah aku coba satu-satu, rasa hampir sama, yang membedakan bumbunya aja... ada yang gurih, ada yang biasa.

Salah satu warung Bubur favoritku di daerah Ngesrep Tembalang, rasanya lumayan enak..dan Satenya unik..sate campur begini. Jadi sekali ambil, bisa dapat tiga macam lauk, ada usus, ati ampela dan telur puyuh..hihi. Tapi biasanya ada Sate khusus telur puyuh juga, jika kurang suka jerohan. Satenya gurih di bumbu kuning, seperti bumbu kuah buburnya. Sejenis bumbu Opor tapi tanpa santan. Rasanya enak sekali, di gado saja enak. Kalau suamiku makan Bubur Ayam gini, sudah pasti banyakan makan Satenya...hihi.

Untuk telur puyuhnya sebelum di ungkep bumbu, di goreng dulu di api besar hingga berkulit. Jadi lebih cantik kisut-kisut unik kulitnya dan juga rasanya makin gurih. Agar bisa di ungkep bersama, sebelum di rebus bumbu, masing-masing bahan di rebus dulu terpisah hingga setengah matang, juga untuk menghilangkan amisnya.

Ada juga salah satu warung Bubur Ayam dekat rumah, yang setelah di rebus Satenya di goreng. Tapi aku kurang suka, jadi alot menurutku ususnya. Jadi aku lebih suka ala warung Bubur ayam satunya yang satenya basah, di rebus aja, jadi lebih empuk dan gurih. Oke, langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman, selamat mencoba jika suka. Resep Bubur Ayamnya sudah pernah aku share di SINI, jadi aku tulis resep Satenya aja ya kali ini..

Sate Usus, Ati Ampela dan Telur Puyuh

Bahan :
20 buah Telur Puyuh
250 gram Usus Ayam
5 pasang Ati Ampela
6 lembar daun salam
3 potong lengkuas, 1 sendok teh kaldu ayam, garam secukupnya dan gula merah 1 sendok makan
Bumbu Halus :
9 butir bawang merah
3 siung bawang putih
6 butir kemiri
3 ruas jari kunyit
1 ½ sendok teh ketumbar
Cara Mmebuat :
Usus Ayam di rebus hingga mendidih dnegan daun salam dan jahe agar tidak amis, buang airnya
Ati ampela di rebus hingga mendidih, buang lemak-lemaknya, buang airnya
Telur puyuh di kupas, goreng hingga berkulit
Haluskan bumbu
Rebus telur, Ati ampela, Usus Ayam dan semua bumbu hingga bumbu meresap dan empuk dengan air baru, Koreksi rasa hingga pas gurihnya. Setelah matang di tusuk dengan tusukan sate selang seling...bisa langsung di sajikan atau di goreng dulu sebentar.
Tips : Bisa juga ati ampela, telur dan usus di rebus terpisah, bumbu di bagi tiga





1 comment :

  1. Thx mbak diah resepnya. Pas banget lagi cari resep ini

    ReplyDelete