Sunday, October 8, 2017

SAMBAL MANGGA


Tadi malam belanja ke supermarket, lihat Mangga Harum Manis yang tua-tua, langsung kepengen beli. Masih keras sich, aku pikir sudah kemapo, sudah kuning dalamnya gitu. ternyata masih mengkal alias mentah..hihi. Waduch...salah beli aku. Walau bisa di tunggu hingga matang sich, tapi aku ada ide lain aja, aku buat Sambel. kebetulan beli Ikan Bawal juga seger-seger.


Akhirnya aku buat Sambal Mangga. Dulu aku kurang suka Mangga yang masih asem, tapi jika di sambel pedes gini, jadi seger rasanya. Apalagi pakai tambahan Terasi yang enak..wah..makin sedep. Untuk caenya mentah semua sama sedikit Bawang Merah, terasi di goreng atau di bakar, garam, gula, selanjutnya di haluskan, dan di siram dengan minyak panas sisa menggoreng terasi. Jadi langu cabenya hilang. Rasanya enak, pedes, seger ada asem-asemnya.

Tapi karena aku pakai Mangga Harum Manis yang tua, jadi asemnya pas rasanya. Sambal Mangga ini sangat cocok di padu ikan bakar, ikan goreng, Ayam goreng, dll. Jauh-jauh dari Nasi ya teman-teman..hihi. 

Kunci agar sambal ini enak, pakai Terasi yang bagus ya teman-teman kualitasnya. Kalau soal Terasi, hanya satu yang selalu aku pakai, terasi Juawana....hihi. terasi yang jadi salah satu andalan jualanku ini memang enak. Fresh dan selalu di buat baru, jadi tipikal Terasi yang bukan padat, tapi mempur. Aroma mentahnya aja bikin lapar, apalagi jika ssudah di buat sambel..hihi. Dan alhamdulillah semua yang pernah coba dan beli dari aku pada bilang enak. 

Yang mau coba Terasinya silahkan wa 089654712500 ya teman-teman. Seperti ini penampakan Terasi yang aku jual, sudah lolos uji dari dinas kesehatan, bebas pengawet, bebas pewarna, boraks, dll..terbuat hanya dari bahan fresh rebon asli.


Sambal Mangga

Bahan :
100 gram mangga  muda yang sudah di serut atau potong korek api
8 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit
3 butir bawang merah
1 sendok teh terasi bakar atau goreng
1/2 sendok teh gula merah ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam

Cara Membuat :
Ulek cabe dan bawang serta Terasi, garam dan gula
Siram dengan minyak yang masih panas, sisa menggoreng terasi
Masukkan mangga muda
Aduk rata, cicipi rasanya
Sajikan
Minyak harus benar-benar panas ya, agar cabe tidak langu teman-teman.






1 comment :

  1. Wah pas banget niih,mba Didi.. Bbrpa waktu lalu aku liat postingannya foto ini di IG mba.. Eh, Kemaren dikasih temen mangga muda pas ak maen ke sana. Lgsung deh keinget mba Didi, meluncur deh aku lgsung ke webnya ini, mau nyobain juga resepnya.. Hihihi... Trims yaa mbakk ga sabar buat segera uplek di dapur nih :D (dianro)

    ReplyDelete