Friday, October 27, 2017

Kolak Ketan Durian / Wedang Duren



Lagi musim Duren nich ya teman-teman...di pasar banyak yang jual, dan harganya lumayan murah. Biasa satu butir 50 - 75 ribu, sekarang cuma 25 ribu. Langsung beli dech..dan kesampaian bikin ketan Duren...atau kalau di Semarang sini biasa beli di warung wedangan itu namanya Wedang Duren.


Bukan seperti Ketan Duren yang kincanya kental ya, kalau Wedang Duren ala Semarang ini kuahnya banyak dan agak encer, jadi lebih seger. Kalau Ketan Duren yang di siram saus seperti vla gitu aku udah pernah bikin kok agak mblenger..hihi. Yodha dan papinya lebih suka yang berkuah banyak begini. Apalagi di nikmati jika sudah dingin, enak sekali rasanya.

Dulu aku kurang suka Duren sebenernya teman-teman, sampai sekarangpun jika Duren asli aku kurang suka. Tapi jika sudah di olah, lumayan doyan lah apalagi jika buat sendiri, lebih sesuai selera rasanya. Tadi dapat Duren murah plus wangi legit, jadi di buat kuah ketan ini kok harum banget dan enak rasanya. 

Yodha habis dua mangkuk, tapi bukan pakai Ketan tadi, aku buatin Serabi khusus buat dia, karena Yodha kurang suka Ketan, jika beli Wedang Duren cuma di makan kuahnya..hihi. Tapi waktu tadi aku buatin Serabi kuah Duren, dia suka dan habis banyak.

Seneng dech, kalau Yodha udah mulai suka Durian, jadi bisa sering berkreasi dengan menu Durian nich besok-besok. Jika mau coba, kuncinya beli Durian yang manis, legit dan fresh ya teman- teman..jangan yang Durian frozen..hihi. Itu udah eneg dan aromanya bikin mabuk. Dulu pernah aku mengolah Durian beku...duch beneran mabok Duren, bisa pusing karena baunya yan menyengat...hahah..mabuk kok Durian ya teman-teman...:D



Kolak Ketan Durian

Bahan :
250 gram Ketan, rendam air selama 1 jam
150 ml air
1 lembar daun pandan
½ sendok teh garam
Cara membuat :
Tiriskan Ketan, kukus selama 15 menit hingga sekedar mekar sedikit agar lebih mudah menyerap cairan
Didihkan air, daun pandang, dan garam
Masukkan Ketan kukus, kecilkan api, aduk hingga air terserap ke ketan
Kukus Ketan selama 30 menit hingga matang
Kinca Durian
Bahan :
1 buah Durian, setelah di ambil dagingnya isinya kira-kira 150 – 200 gram, pilih yang manis harum
600 ml santan
100 – 150 gram gula merah ( sesuai selera manisnya )
½ sendok teh garam
Cara Membuat :
Didihkan santan, gula, garam
Masukkan daging Durian
Masak dan aduk hingga harum
Koreksi rasa hingga pas manisnya sesuai selera
Penyajian :
Bentuk Ketan bulat atau sesuais elera
Siram dengan kuah Durian
Sajikan hangat  /  dingin lebih enak



1 comment :

  1. wah mb ngiler bgt...waktu saya kecil di smg ibuk sering bikin ini kalo musim duren...ketan duren...hiks...kayaknya buat ngakali duren gunungpati yg bijinya gedhe2 tp gak ada dagingnya hehe...juga biar sekeluarga keduman mb...udah berpuluh tahun gak makan ini...makasih bgt mb resepnya...

    ReplyDelete