Friday, October 6, 2017

Luti Gendang


Beberapa waktu lalu aku lihat acara Wonderful Indonesia lagi mengulas kuliner kota Batam dan sekitarnya. Nah salah satunya lagi bahas Mie Tarempa khas Anambas, di salah satu resto Mie yang terkenal di sana. nah selain bahas Mie, ada salah satu jajanan di resto itu yang terkenal sekali, katanya hingga jadi oleh-oleh khas di sana, namanya unik...Luti Gendang..makanya aku jadi penasaran.

Setelah cari informasi di internet, ternyata itu sejenis Roti Goreng dengan isi Daging Tuna. Aku pertama mikir, oh mirip Panada...tapi ternyata setelah aku lihat di youtube cara pembuatan isinya, beda sich sama Panada. Kalau Panada aku juga sudah pernah buat dulu, isi lebih berbumbu komplet ya Tuna nya. kalau Luti gendang ini, isiannya simple sekali bumbunya, tapi tetap enak rasanya. Bumbu utama pakai pasta cabe atau cabe halus dan saus tiram. rasanya gurih, pedes manis, isinya.

Aku lebih suka isian Luti gendang ini, lebih pas untuk isian Roti Goreng. Katanya sich aslinya ini memang Roti Goreng, tapi karena yang buat orang Chinese logat sana susah ngomong Roti, jadilah sebutannya Luti...dan hingga sekarang namanya malah lebih ngetop jadi Luti Gendang..hihi. Wo alah, tak kira pertama itu Luti itu nama khusus kue ini, ternyata berasal dari kata Roti...:D

Tapi nggak apa-apa dech udah hilang penasaran rasanya yang penting, udah bisa bikin sendiri, lha..kalau mau nunggu ke Batam buat nyicip, kapan coba terwujudnya hihi...kan Batam nun jauh di sana...! Oke dech...ini resep hasil uji cobaku setelah melihat cara pembuatan roti ini di youtube, waktu ada salah satu tivi meliput resto terkenal yang membuat Luti Gendang ini. Walau ngga ada resepnya, tapi di lihatin cara pembuatannya dan bahannya, jadi takaran aku kira-kira aja sendiri.

Selamat mencoba teman-teman, jika penasaran juga..hihi. Oh ya, aku buatin Video nya juga jika mau lebih jelas cara pembuatannya ya :

Luti Gendang

Bahan Roti :
200 gram Tepung terigu protein tinggi
15 gram gula pasir
130 ml santan
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh ragi instan

Cara membuat :
Aku pakai Bread Maker, jadi seperti biasa aku masukin semua bahan kecuali garam dan margarin, jika sudah setengah kalis aku masukin garam dan margarin, lalu biarkan sisanya bread maker yang kerja.
Diamkan adonan 15 menit, bentuk bulat, beri isi, bentuk lagi bulat lonjong
Diamkan 30 menit
Goreng hingga matang dan kecoklatan di api kecil agar matang hingga bagian dalam

Jika di uleni tangan, lakukan seperti biasa menguleni tangan, tapi santan sedikit demi sedikit ya hingga adonan kalis, karena kekuatan tangan dan Bread Maker tentu berbeda, kalau pakai tangan agak susah menghandle adonan yang lengket kan, kalau mesin ngga masalah masukin semua santan sekaligus.

Bahan isian Tuna

200 gram suwiran ikan tuna yang sudah di kukus

25 ml saus tiram

1 sendok makan gula pasir

1 sendok makan cabe giling

1 buah bawang bombay, ukuran sedang

100 ml air

Cara membuat :
Tumis bawang bombay hingga harum
Masukkan cabe, tumis hingga matang
Masukkan air, dan bumbu lain
Masak hingga meresap, koreksi rasa hingga pas, jik akurang asin boleh di tambah sedikit garam, tapi saus tiram sudah cukup asin ya, jadi sedikit saja
Dinginkan
Siap di gunakan untuk bahan isian roti gorengnya

1 comment :

  1. mb.didi semisal santannya diganti air biasa apa ada dampaknya yah?

    ReplyDelete