Wednesday, October 18, 2017

Sambal Terasi & Telur Puyuh


Maaf telat terus postingnya ya teman-teman, lagi kejar deadline kerjaan...hihi. Semoga sebelum akhir tahun sudah bisa kelar buku baruku. Duch..berasa kurang produktif tahun ini bikin buku, karena di sambi-sambi kerjaan rutin, jualan, mengisi acara undangan luar, walau spot-spot aja, tapi kadang menyita perhatian dan waktu, misal persiapan acara, dll.  Apalagi jika undangan acaranya keluar kota, sudah pasti lebih ribet lagi persiapannya..hihi. Seperti kemaren mengisi acara Sriboga ekpo di Yogya. Tapi ya nggak apa-apa..buat pengalaman dan nambah-nambah jam terbang..hahah...Pilot kali...?..Lol...! Sebentar lagi mau ada acara dengan Kongbap juga...akhir bulan ini...semoga lancar semua.

Banyak rencana bikin beberapa buku, tapi tenaga terbatas, jadilah satu-satu di kerjain, yang penting selesai semua. Untuk di web tapi tetap aku usahakan satu postingan setiap hari..walau posting malam-malam setelah Yodha tidur..hihi. atau sambil ngumpul sama  suami dan anak di depan tivi, akunya ketik-ketik postingan, karena komputer juga di depan tivi..hahah. Kadang suka posting juga sambil nonton drama Korea di Chanel One..wis pokoknya yang penting happy..tetap bisa posting..tetap bisa nonton Drama Korea juga..haha...biasa..multi tasking tho kalau ibuk-ibuk...

Ini menu harian yang simple. Rencana mau buat sate telur puyuh buat Yodha, eh kok  nggak sempat, jadi ganti haluan di masak pakai Sambal Terasi aja...karena di kulkas ada stok Sambal terasi matang yang aku buat beberapa ari lalu. Jadi tinggal tumis lagi sambalnya sebentar, masukkan Telur puyuh yang sudah di goreng hingga berkulit jadi dech..menu daur ulang yang kilat khusus...haha. Itulah mengapa aku sering menyetok sambel Terasi Matang, karena jika kepepet ingin makan pedas, tinggak tambah lauk sesuai selera, misal, bisa di tambah udang, cumi, teri, dll. Praktis banget kan teman-teman.

Untuk resep Sambelnya sudah pernah aku share sich, aku ulang aja ya, resepnya, jika mau di  buat dadakan juga bisa, tinggal di tambah telur puyuh goreng. Rasanya enak sekali, mirip Balado ya, tapi lebih nendang, karena memakai sambal Terasi matang. Untuk terasinya aku pakai Terasi Juwana andalan, jualanku. Yang mau coba Terasinya silahkan wa 089654712500.  Terasi Juwana yang aku jual ini sudah lolos uji dinas kesehatan sini, tanpa pengawet, tanpa pewarna, tanpa borak, jadi aman di konsumsi.
Sambal Terasi Telur Puyuh

Bahan :
20 buah Telur Puyuh, Goreng hingga berkulit di minyak panas agar keriting kulitnya
50 gram cabai merah
25 gram cabai rawit
25 gram bawang merah, potong kasar
1 siung bawang putih , potong kasar
1/2 sendok makan terasi matang
1 - 2 buah tomat merah, potong kasar
Garam sesuai selera
Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh ( jika suka )
Gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai selera aja )
Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Cara membuat :
Goreng semua cabai dan bawang hingga layu. Goreng juga tomat hingga matang. Haluskan bersama bumbu2 lain.
Tumis kembali dengan minyak dan masak denga api kecil hingga matang.
Masukkan telur puyuh, aduk rata, korekis rasa hingga pas rasanya


No comments :

Post a Comment