Monday, October 2, 2017

Wedang Ronde Gula Merah


Beberapa hari lalu cuaca kurang mendukung, jadi mudah masuk angin ya teman-teman. Untung menu tradisional kita punya banyak jenis minuman hangat yang enak dan bermanfaat buat badan..hihi. Salah satunya Wedang Ronde ini. Sebelumnya bikin Wedang Bajigur, kesukaan suami. Kalau Wedang ronde ini favorit aku. Sayangnya Yodha belum suka minuman tradisional gini..suka sich dia minuman hangat, tapi ya, Susu Coklat hangat, Milo hangat , dll hahah.

Kali ini aku bikin Wedang Ronde, tapi pakai Gula merah. Lagi mengurangi gula pasir untuk minuman. Kalau minum teh aku lebih suka gula aren atau tawar. tapi untuk kue-kue belum bisa sich..hihi. Lha Yodha kurang suka misal cake di ganti gula merah semua, atau roti gula merah juga belum pernah coba sich..hihi. Biarin dech, nggak perlu maksain banget nggak pakai gula pasir, hanya mengurangi saja. 

Wedang Ronde pakai gula merah ini rasanya tetap enak dan seger kok teman-teman. Gula Merah, cocok dengan Jahe. Di padu adonan bola-bola ketan yang empuk lembut, enak. Apalagi jika di tambah kacang sangrai yang gurih, beneran enak banget menurutku. Selain itu aku paling suka pakai Kolang kaling juga. Di sini ada juga warung ronde yang menambahkan  potongan agar-agar gudir tawar, terus ada juga yang pakai potongan roti tawar. Sesuai selera saja sich. Hanya saja, jika isinya beragam, pastikan kuahnya tetap mendidih waktu di sajikan, jadi ketika bercampur bahan-bahan lain di mangkuk, akan tetap hangat wedang rondenya.

Oke, langsung saja ya ini dia resepnya teman-teman...selamat mencoba jika suka ya....
Wedang Ronde Gula Merah

Bahan Kulit:
100 gram tepung ketan, 1 sendok makan tepung sagu, 1/4 sendok teh garam, 50 - 100 ml air hangat ( kurang lebih ya ), 1 tetes pewarna merah muda, 1 tetes pewarna hijau tua

Bahan Isi (aduk Rata):
50 gram kacang tanah kupas, disangrai, dihaluskan, 1-2 sendok makan gula pasir

Bahan Kuah:
800 ml air , 100 gram jahe, dibakar, dikupas, dimemarkan, 2 lembar daun pandan, 100 - 150  gram gula merah ( sesuai selera ), garam ½ sendok teh

Bahan Pelengkap:
25 gram kacang tanah kupas, disangrai, 100 gram kolang kaling, dipotong-potong
Cara Membuat:
Kulit: aduk rata tepung ketan, tepung sagu, garam. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan licin.( air bisa ditambah atau di kurangi..yang penting adonan sudah kalis atau bisa di bentuk )
Bagi 3 bagian. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda. Satu bagian tambahkan pewarna hijau tua dan sisanya biarkan putih.
Ambil sedikit adonan kulit. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Tiriskan.
Kuah: rebus air, jahe, dan daun pandan serta daun jeruk. Masak dengan api kecil sampai beraroma.
Masukkan gula merah dan gula pasir. Aduk sampai larut. Saring.
Sajikan hangat ronde bersama kuah dan bahan pelengkapnya. 

Tips : Sebaiknya membentuk bulatan..langsung di masukkan ke air yang sudah mendidih, supaya bentuknya bisa bulat rapi..jika di bulatkan dulu dan di taruh di wadah..suka peyok2 bentuknya rondenya


1 comment :

  1. hemm cocok buat musim ujan tante hehe
    pasti jadi anget di badan :D


    www yukgas id

    ReplyDelete