Sunday, October 15, 2017

Udang Kupas Krispi


Udang Krispi...salah satu menu favorit pasti jika lagi makan di resto yang menunya seafood dll ya teman-teman. Tua, muda pasti suka. Cuma kadang-kadang anak-anak yang kurang suka kulit Udang yang agak keras kasar gitu ya.. suka males makan ya..contohnya Yodha...hihi. Dia kurang suka kulit Udang. jadi jika menu yang ada Udangnya kudu di kupas bersih, baru mau makan.

Nah, makanya kalau aku buatin menu Udang krispi untuk Yodha, aku Kupas udangnya. Jadi lebih mudah di makan, langsung hap..nggak ada kulit kasarnya. Untuk udang Krispi kupas ini, aku pakai Udang yang agak besar ukurannya, jadi jika di kupas masih kelihatan gede hahaha. Jika udang kecil-kecil, enakan di makan sama kulitnya ya teman-teman..dan juga pegel ngupasnya ya.

Dan beneran, Yodha jadi suka jika di buat Udang Krispi, tapi yang di kupas Udangnya. Jadi langsung di gigit dan terasa gurihnya, nggak repot makannya. Cuma jika di jual ya jadi keliatan sedikit ya, haha. Makanya masak aja  untuk keluarga jika Udang Krispi kupas ini. Jadi tenang juga anak-anak bisa makan Udang dengan mudah.

Sebelum di lapisi tepung, lumuri udang dnegan air jeruk nipis, lalu bilas. Ini untuk mengurangi amis udang, agar anak-anak jadi semangat makan Udang. Walau sebenernya jika Udangnya seger nggak amis sich. Tapi kadang kita  beli Udang di pasar udang kondisi mati kan ya, jadi aku tetap kucuri jeruk nipis. Sebenernya aku suka beli Udang yang masih lompat-lompat hidup itu manis sekali. Cuma biasanya ukuran kecil-kecil, nggak bisa di kupas. Jadi jika mau beli agak besar, tentu yang udah mati udangnya. Nah bisa di kurangi amisnya dengan melumuri air jeruk nipis.

Selanjut di rendam bumbu dulu sedikit saja garam dan merica udah enak jika udang. Nah tinggal di goreng dech di lumuri Tepung berbumbu. Aku pakai Tepung krispi yang aku jual. Karena di rumah ya adanya itu tiap hari aku pakai masak untuk menu-menu Krispi Yodha.  Hasilnya seperti di foto, kriuk renyah keriting.

Oke, langsung saja ya ini resepnya, video juga ada. Yang mau coba Tepung Krispi juga boleh, wa aja ke 0879654712500 


Udang Kupas Krispi

Bahan :
250 gram Udang agak besar, kupas, sisakan ekor, lumuri air jeruk nipis, bilas hingga bersih
Lumuri dangan dengan 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh merica, sesaats etelah di cuci, jadi udang masih basah, agar bumbu meresap

Siapkan 150 gram Tepung krispi, ambil sedikit tepung krispi, beri air secukupnya agak encer saja adonan. Celup Udang ke adonan basah, gulingkan ke sisa Tepung krispi kering, sambil di cubit-cubit. 
Goreng hingga matang
Sajikan dengan Sambal sesuai selera


No comments :

Post a Comment