Friday, October 13, 2017

Keripik / Kue Bawang Tepung Kentang


Masih memanfaatkan Tepung kentang yang udah aku buka, 1 kg kan banyak banget nggak habis-habis stoknya..hihi. Jadi lagi suka berkreasi dengan Tepung kentang ini. Sekalian memberi ide baru ke teman-teman di rumah yang mau coba ya.

Keripik Bawang, salah satu cemilan gurih favoritku. Aku suka Keripik atau Kue Bawang yang agak tebel gini di banding yang tipis seperti pangsit. Lebih terasa gigitannya..hihi. Nuansa jadulnya itu juga lebih gimana gitu jika agak tebel. Karena ingat masak kecil, sering buat Keripik bawang gini sama Ibuku dan biasa di gilas pakai botol, jadi agak tebel-tebel..hihi. Tapi malah enak dan lebih gurih. Tapi walau tebal tetap kres renyah, empuk.

Jadi walau sekarang udah pakai gilingan mie, tetap aku buat agak tebal menggilingnya. Oh..gurih dan enak sekali rasanya. Nggak mau berhenti nyemil dech jika dekat-dekat kue bawang ini...hihi. Yang bikin sedep juga penambahan bawang merangnya. Makanya di namakan kue bawang kali ya, karena bumbu utama bawang merah. Jangan lupa sledrinya, ini juga bikin sedep dan gurih.

Adonan Kue Bawang yang memakai Tepung Kentang ini lentur enak di tipiskan, jadi nggak perlu pegel gitu waktu menggiling adonannya. Biar tidak lengket satu sama lain, jangan lupa taburi terigu ya, setelah adonan di potong-potong. Menipiskan adonan bisa Pakai botol atau rolling pin  kok teman-teman jika tidak ada gilingan mie. Mudah sekali membuatnya..yuk di coba...:)

Videonya juga ada, di sini ya :

 
Yang mau coba Tepung Kentang ..ready ya..wa aja 089654712500 ya. Tepung kentang seduh ini sangat praktis dan ekonomis lho teman-teman untuk membuat aneka olahan jajanan yang berbahan kentang. Bisa gurih atau manis. Jadi selain serbaguna, juga lebih menghemat tenaga dan waktu, karena tinggal seduh ini.

Keripik Bawang Tepung Kentang

250 gram tepung terigu protein sedang 
50 gram Tepung Kentang, seduh dengan 100 ml air, timbang 100 gram berat setelah di seduh
25 gram maizena
1/2 sendok teh baking powder
1 sendok teh garam
1 butir telur, dikocok lepas
30 gram margarin
1 sendok teh kaldu ayam / garam secukupnya
1/2 sendok teh gula
2 sendok makan bawang merah, ulek kasar
1 sendok makan sledri ( sesuai selera )

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan, uleni ringan hingga bergumpal, cicipi adonan dengan cara menggorengnya sedikit. Koreksi rasa hingga pas gurihnya.
Diamkan 15 menit 
Tipiskan adonan, potong-potong sesuai selera
Goreng hingga matang


1 comment :

  1. Bunda..aq udh lama jd silent reader blog nya bunda..kmrn ada temen pamer tiwul atu dia bikin dr tepung tiwul beli d wonosobo..jd inget bunda punya tepung gaple kan ya ..pengen jg bikin kue lumpur dll..mau dooongg di emailin list harga tepungnya bunda .. Ke liesha.fauzie@gmail.com .. Makasi sblmnya bunda..

    ReplyDelete