Tuesday, October 3, 2017

Roti Tawar Ubi Ungu Menul-Menul Cantik


Kemaren beli Ubi Ungu di pasar kok bagus banget warnanya..Ungunya maksimal. Aku buat Klepon aja bagus banget warnanya. Jadi kepikiran untuk memanfaatkan jadi Roti Tawar, pasti cantik warnanya. Dan beneran, hasilnya..ah..menyilaukan mata ya teman-teman..hihi lebay dech..saking genjreng warna ungunya. Ini beneran warna alami dari Ubinya, karena aku pakai Ubi lumayan banyak sekitar 200 gram setelah di kukus dan di haluskan ya. Selain warnanya cantik, rasanya juga menul-menul enak.

Ini Roti tawar ya, jadi rasanya ya agak tawar manis samar-samar teman-teman, tapi enak menurutku..pas tekturenya, pas warnanya..pas rasanya. Yang nggak pas cuma bentuknya, nggak mirip roti tawar..hahah. Karena kalau memanggang roti di Bread maker, tentu apapun rotinya, bentuk sama, sesuai ukuran loyangnya yang seperti ember...hihi. Jadi terpaksa aku potong jadi dua dulu biar nggak terlalu besar tadi. 

Akan lebih cantik jika pakai loyang roti tawar yang kotak sich, lebih cantik pasti ya teman-teman. Cuman kok aku nggak punya loyangnya. Dan udah terlanjur sayang sama Bread Maker ku ini..karena hasil ulenan dan panggangannya oke banget. Nggak apa-apa dech jika semua bentuk rotinya jadi sama semua..haha. Yang penting rasanya...daripada beli di bakery kok sekarang aku kurang sreg, Yodha juga...berasa kurang terasa makan roti kebanyakan pengembang dll..hihi. Apalagi roti yang dari pabrik dech, masak pernah beli satu bulan lebih, nggak sengaja tersimpan di rak kelupaan nggak di makan ..rotinya nggak berjamur atau nggak basi juga..cuma jadi kering aja karena udah terbuka...hiii...awet banget ya..hahah.

Oke dech, ayuk jika mau sedikit repot bikin Roti sendiri, tentu lebih enak dan sehat, selamat mencoba ya teman-teman...:)
Roti Tawar Ubi Ungu

Bahan :
400 gram Tepung Terigu Protein Tinggi
200 gram Ubi Ungu kukus, haluskan
35 gram gula pasir
1 buti rtelur ukuran kecil saja
150 ml susu cair
1 1/2 sendok teh ragi instan
1/2 sendok teh garam
60 gram margarin atau mentega

Cara Membuat :
Aku pakai bread maker, jadi stepnya masuk susu dan telur ke wadah, tuang tepung, gula, ubi dan ragi, lalu biarkan Bread maker bekerja hingga setengah kalis. Masukkan Mentega dan garam, lalu akan di uleni lagi hingga kalis dan elastis
Diamkan 1 jam hingga mengembang
Buang gas, gilas hingga udara keluar semua, agar serat roti cantik, jika masih banyak udara terperangkap di adonan, hasil roti bisa berlubang-lubang besaraku aja tadi udah di gilas, masih ada dech udara dikit-dikit..keliatan dari lubang-lubang di rotinya itu lho teman-teman.
Gulung adonan, masukkan kembali ke wadah Bread Maker
Diamkan kembali hingga mengembang satu jam lagi kira-kira
Panggang hingga matang di Bread Maker

Jika mau di uleni manual, sama prosesnya, uleni semua bahan kecuali garam dan margarin hingga setelah kalis, masukkan garam dan margarin, uleni kembali hingga elastis, selanjutnya sama langkahnya untuk perlakuan dan proofingnya, selanjutnya, panggang di oven biasa.

Videonya ini ya teman-teman :


3 comments :

  1. Dear mbak diah....
    Mbak mau nanya.... ini saya punya tepung ubi ungu. Gimana ya kalo mau buat campurannya??maksudnya takarannya....thanx

    ReplyDelete
  2. Dear mbak diah....
    Mbak mau nanya.... ini saya punya tepung ubi ungu. Gimana ya kalo mau buat campurannya??maksudnya takarannya....thanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm pernah coba sich mba jika pakai tepung ubi ungu...:D

      Delete