Tuesday, October 17, 2017

Burung Puyuh Goreng


Sekarang Yodha lagi suka Ayam-ayaman..dan unggas lainnya, seperti Bebek, Burung Puyuh, dll. Saking seringnya bikin menu ini, yang masak sampai mblenger...hahah. Dan sama sekali jarang minta olahan Daging sekarang. Ya..begitulah Yodha...kalau lagi suka sesuatu..minta itu terus sampai bosan...hihi.

Waktu dia suka Tahu isi, seminggu bisa dua tiga kali minta di buatin. Sekarang udah bosan. Nah..mau tau cemilan favorit Yodha sekarang ?..Pisang Goreng teman-teman...tapi Pisang Goreng Banyumasan, seperti yang aku posting beberapa hari lalu di SINI resepnya. Dia bisa habis dua kali gorengan gitu. Kemaren sore sampai kekenyangan makan Pisang goreng, makan malam jam 9 dia..hahah.

Tapi ngga apa-apa dech..aku bayar utang dulu pas kecil dia susah ngemil..sekarang udah seneng ngemil dan makan, jadinya aku coba masakin semua yang dia suka. Soalnya lagi masa pertumbuhan dan juga udah kelas 6, biar selalu sehat dan kuat fisiknya. Pokoknya asal anak lahap makan banyak sehat dech dan alhamdulillah jarang sakit, walau sekolah hingga seharian dia.

Nah, sekarang..salah satu lauk favorit Yodha adalah Burung Puyuh goreng. Di pasar dekat rumahku sering ada yang jual, itu sudah di rebus setengah matang, warna kuning tapi belum berbumbu. Masih tawar rasanya. Jadi ketika kita beli di bumbuin lagi sesuai selera

Kalau aku biasa aku ungkep dengan bumbu bacem aja..favorit Yodha. Tapi..karena warnanya udah kuning genjreng belinya, karena sudah di beri kunyit, waktu di bacem nggak bisa kecoklatan..hihi. Tapi nggak apa-apa malah cantik warnanya. Bacemnya juga bukan Bacem yang banyak sekali gulanya, jadi tetep dominan gurih, manis sama-samar gitu..enak sekali kata Yodha. Kata Yodha lho..soalnya aku cuma masak thok..nggak tega maka Burung Puyuh, liatnya kecil-kecil imut gitu dagingnya...hahah.

Oke dech, langsung aja ya aku share resepnya ya teman-teman...selamat mencoba jika suka.
Burung Puyuh Goreng

Bahan :
5 ekor Burung Puyuh
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 sendok makan gula merah
500 ml air kelapa ( air dikit karena burung puyuh yanga ku beli sudah setengah matang )
1 sendok teh kaldu ayam / garam secukupnya

Bumbu halus :
6 butir Bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai 
1 sendok teh ketumbar, sangrai

Cara membuat :
Ungkep semua bahan dan bumbu
Masak api kecil hingga meresap dan kuah menyusut
Koreksi rasa
Dinginkan
Goreng hingga matang
Sajikan dengan Sambal Bawang, resep Sambal Bawang, ada beberapa variasi resepku, salah satunya silahkan lihat di SINI


No comments :

Post a Comment