Google Ad

Wednesday, August 16, 2017

Cake Kentang Keju


Hore..akhirnya bisa baking lagi. Lama juga ya nggak baking Cake. Bukan apa-apa sich..cuma karena warga di rumah cuma bertiga, jadi berasa males aja jika baking cake ngga ada yang makan. Kan ribet dan waktunya itu serasa rugi, walau sebenernya nggak ya..kan dapat ilmu juga..hihi. Jadi ceritanya dulu waktu Yodha kecil itu aku sering bikin Cake, jadi Yodha malah jadi bosan. Papanya juga..hahah. Tapi akhir-akhir ini kok pada doyan lagi dan pada komplain aja jika beli jajanan cake atau kue di bakery nggak ada yang sesuai selera, akhirnya Yodha request di bikinin Cake sendiri. 


Alhamdulillah tadi bikin cake Kentang keju, dan Yodha suka, jadi cemal cemil dech pulang sekolah. Cake ini enak banget..gurih empuk lembut, tapi tidak selembut sponge cake ya, karena ini Cakenya pakai campuran Tepung Kentang, jadi rasa Kentangnya terasa..dan Cakenya jadi moist empuk. Aku suka tekturenya...enak pokoknya..hahah. Aku pakai Tepung Kentang yang memang bagus buat campuran aneka Kue, karena tekturenya lembut dan halus, jadi mudah bercampur dengan adonan. Cakenya juga tidak mudah basi. Karena Tepung Kentang ini sudah matang sebenernya. Dari Kentang segar yang di kukus, lalu di keringkan. tentu jika buat campuran kue-kue, akan lebih awet.

Kemaren saja ada teman, pengusaha Catering beli Tepung kentang banyak dari aku, setelah mencoba satu kilo untuk bikin Kroket, kata beliau lebih awet Kroketnya, sampai 2 hari nggak cepat basi, jadi sangat membantu katanya jika lagi dapat pesanan Kroket banyak, bisa di cicil sebelumnya dan masuk kulkas. Alhamdulillah..seneng bisa meringankan pekerjaan teman...hihi. Memang sangat meringankan sich, karena hemat waktu dan tenaga juga, tidak perlu repot mengupas atau mengukus kentangnya, tinggal seduh aja...jadi dech adonan kentang kukus lumat yang bisa di buat aneka kue manis atau gurih.

Aku biasa buat Donat, Kroket, Bitterballen, dll pakai Tepung Kentang ini. Dan hari ini aku bikin cake, pakai Tepung kentang ini, alhamdulillah hasilnya oke banget juga..enakkk...! Mungkin ada teman yang tanya pakai Kentang kukus biasa nggak ?..Hemm...aku nggak menjamin hasilnya bisa sama ya..tapi mungkin bisa. Tapi jika ada Tepung Kentang, lebih baik pakai Tepung Kentang, jadi hasilnya sesuai yang aku buat ya teman-teman..daripada ntar jika hasilnya beda, protes ke aku yang kasih resepnya..hahah.

Tepung Kentang bisa di bel di toko bahan kue yang besar, atau jika mau beli online, aku ready juga stok banyak..fresh pula, buatan umkm Jateng. Jadi Tepung kentang ini emmang salah satu produk best seller dari jualan aku. Tak terasa udah lama juga jualan Tepung kentang, dan alhamdulillah banyak yang suka. Buat teman-teman yang mau coba, silahkan sms atau wa 089654712500 ya.

Oke, aku share ya resepnya, jika mau melihat videonya aku ada cara pembuatannya..di ig ku ya..@bunda_didi. selamat mencoba teman-teman, jika suka...:D
Cake Kentang Keju

Bahan :
50 gram TEPUNG KENTANG, seduh dengan air panas secukupnya hingga jadi adonan kentang lumat yang lembut, campur dengan 30 ml susu cair, aduk rata, sisihkan.
4 butir Telur 
2 sendok teh SP / TBM
65 gram Gula Pasir
1/2 sendok teh garam
25 gram susu bubuk
100 gram Tepung terigu protein sedang
100 gram Keju Cheddar
30 gram margarin, lelehkan
Cara Membuat :
Kocok Telur, gula, dan Sp hingga mengembang sekitar 4 menit sich jika aku pakai hand mixerku
Masukkan campuran Tepung Kentang dan garam
Kocok kembali hingga rata ( nah pad atahap inia donan tetap mengembang ya, nggak turun )
Ayak terigu dan susu ke adonan, aduk balik dengan spatula, tambahkan margarin leleh, aduk rata
Siapkan Loyang kotak, alasi dengan kertas roti
Tuang adonan Cake, taburi Keju bagian atasnya
Oven suhu sedang  hingga matang , tergantung oven masing-asing ya..sekitar 180 - 200 C ( kalau ovenku oven besar, jadi sirkulasi udara agak luas, jadi aku pakai suhu 200. Jika oven teman-teman kecil, pakai suhu 170 - 180 aja ya.


4 comments :

  1. Kenapa gk pake margarin/mentega mba?

    ReplyDelete
  2. Itu api atas bawah atau bawah aja ya mba..

    ReplyDelete
  3. Itu api atas bawah atau bawah aja ya mba..

    ReplyDelete
  4. sangat menggoda lidahku yang lagi pgn makan mulu,,,hihihi

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel