Saturday, April 1, 2017

Kangkung & Udang Bumbu Tauco



Menu praktis dan sudah pasti enak..adalah Oseng Kangkung. Apalagi jika kita buat lebih spesial lagi ya teman-teman...seperti menu kali ini. Tumis Kangkung...plus Udang yang seger..keliatan kan warnanya orange cantik, fresh banget Udangnya. Udang ini akan memberi rasa gurih di Tumisan kangkung secara alami. nah biar makin mantep..kita tambahkan Tauco. Tau kan teman-teman...apa itu tauco..bumbu alami dari fermentasi kedelai, ada yang manis, ada yang asin rasanya.


Tauco merupakan salah satu bumbu masakan alami. Banyak menu masakan kita yang memakai Tauco, seperti Tauto ala Pekalongan, yang bumbu utamanya tauco. Tauco ini terbuat dari fermentasi kedelai, kemudian di bumbuin dan di masak dengan bumbu-bumbu. Rasa manisnya juga alami dari Gula merah. jadi jangan takut masak pakai Tauco ya teman-teman, walau bentuknya itu nggak menarik..hihi. Tapi enak buat bumbu masakan jika kita pakai Tauco yang enak dan pas rasanya.

Aku lebih suka Tauco manis, jadi nggak terlalu kuat rasanya di masakan. Aku dulu kurang suka Tauco, karena terlalu tajam aromanya di masakan. Dulu sich beli tauco di supermarket..kurang sreg rasanya. Setelah aku menenmukan Tauco enak waktu belanja di pasar Gang Baru, aku coba dan ternyata memang beda rasanya, dengan yang aku beli di supermarket. Lebih enak yang aku beli di pasar Gang Baru ini.

Jadi sekarang aku sering masak paka Tauco, seperti waktu masak Nasi Grombyang Pemalang kemaren, aku pakai Tauco ini jadi lebih enak juga. Atau untuk campuran aneka tumisan sayuran juga enak. Tapi..tips ala aku, memakai tauco ini jangan terlalu banyak, agar tidak dominan menguasai rasa suatu masakan, karena aromanya cukup tajam, jika terlalu banyak, malah kurang sip menurutku lho. Tapi ya selera sich. Jika suka Tauco ya boleh sesuai selera takarannya pemakaiannya. Kalau aku jika untuk tumisan, cukup 1/2 sendok makan aja udah terasa enak.

Tauco cocok sich untuk aneka tumisan sayuran, seperti tumis kacang panjang, dan juga kangkung, rasanya makin sedep.  Oke, aku share resep Tumis Kangkung dan Udang Tauco ala aku ya teman-teman...selamat mencoba jika suka ya.

Tumis Kangkung & Udang Bumbu Tauco

Bahan :
1 ikat kangkung, siangi
100 gram Udang segar
1/2 sendok makan Tauco
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
1 1/2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
100 - 150 ml air 
6 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
10 buah cabai rawit merah, iris tipis ( sesuai selera pedasnya ya )
Cara membuat :
Tumis bawang merah, bawang putih dan cabai hingga matang dan harum
Masukkaa udang
Aduk hingga berubah warna
Masukkan kangkung, air dan semua bumbu lain
Masak dengan api besar sebentar saja hingga kangkung matang
Koreksi rasa
Sajikan segera sesaat setelah di masak

1 comment :

  1. Mb, jualan tauco jg? Aq suka masakan aneka tauco tp slalu gagal milih tauco kl tuk masak

    ReplyDelete