Sunday, August 16, 2015

Tips Menggoreng Tehnik " Deep Frying "

Menggoreng..sudah pasti salah satu kegiatan dapur yang hampir setiap hari kita lakukan ya..teman-teman..ntar menggoreng lauk..atau cemilan buat keluarga..sudah pasti..menu-menu gorengan selalu di sukai. Menggoreng makanan..walaupun mudah, tapi kadang banyak teman-teman yang baru belajar masak..itu kesulitan dalam menggoreng makanan. Kadang aku terima email.." Mba..aku udah ngikutin resep persis di web..tapi kok waktu di goreng tengahnya nggak mateng ya ?? "...atau " Warna kue ku ketika di goreng kok nggak cantik..seperti punya mba di foto ya ?? "...hihi. Aduch kok selalu resep dan foto lagi yang di salahkan..sering begitu..tapi aku sich udah biasa..jadi ya senyum-senyum aja. Dan sebisa mungkin menerangkan, bahwa menggoreng atau memasak itu juga butuh tehnik dan kesabaran agar hasilnya bisa cantik..seperti makanan atau gorengan-gorengan yang aku foto untuk web ini..hihi.

Jadi menggoreng yang baik..itu pertama tipsnya..pilihlah alat penggorengan yang baik. Nggak selalu harus wajan cekung alumunium tipis..berbentuk wajan..kalau bisa..singkirkan jauh-jauh untuk menggoreng wajan itu teman-teman. Karena wajan alumunium putih..yang biasa di beli di pasar-pasar itu..sudah pasti..sangat tipis, mudah sekali panas, jadi makanan belum mateng sempurna bagian dalamnya..kadang bagian luar makanan udah cepat matang. Hindari juga menggoreng makanan yang perlu banyak minyak dengan pan anti lengket yang biasa buat goreng telur atau dadaran tuch, karena sudah pasti  kurang dalam pan nya dan juga bakaln meluap minyaknya jika terlalu banyak minyak dan makanan di masukkan. Saat ini sudah banyak sekali peralatan dapur yang lebih memudahkan kita untuk menggoreng..dan harganya juga nggak mahal-mahal kok..jadi..berinvestasi sedikit untuk peralatan dapur yang memang membantu mempermudah kegiatan memasak di dapur itu nggak ada salahnya ya teman-teman..daripada stres..kalau menggoreng makanan hasilnya gosong atau kurang cantik..kurang matang, dll..ya kan..hihi.

Menggoreng nggak harus selalu dengan wajan lho ya..panci-panci masak yang biasa untuk memasak aneka makanan..jika cukup tebal bahannya, bisa sekali di pakai untuk menggoreng, apalagi untuk menggoreng dengan cara "deep frying ". Apa itu menggoreng dengan cara deep frying ? Yaitu menggoreng dengan minyak banyak..dan bahan yang di goreng itu bisa terendam semua ke dalam minyak. Jadi pematangan lebih sempurna..dan bisa nggak gosong. Misalnya waktu kita menggoreng ayam goreng krispi..memakai sistem deep frying ini..akan membuat ayam goreng lebih empuk, dan tepung lapisan juga lebih krispi dan bisa matang sempurna sampai ke bagian dalam. Jadi nggak bakalan lagi tuch terjadi jika menggoreng ayam goreng krispi, bagian dalamnya masih merah-merah..jadi cuma kriuk tepungnya aja..ayamnya masih mentah..hiii..serem kan..!

Jika mau lebih mudah lagi..sekarang ini banyak juga peralatan deep frying pan yang di jual ya teman-teman. Merk banyak..tinggal pilih dan sesuaikan budget aja. Tips memilih alat deep frying..jika mau buat usaha, pilih yang kapasitas besar sekalian, agar sekali goreng bisa mematangkan banyak bahan, misal mau jualan ayam goreng krispi..jadi lebih hemat gas kan. Tapi jika hanya untuk pemakaian di rumah..pilih pan deep frying yang kecil saja..agar pemakaian minyak nggak boros..hihi. Pilih yang pancinya ramping kecil aja..jadi efek dan hasil deep frying nya dapat, tapi minyak yang di pakai nggak terlalu banyak. Beda jika pan nya melebar dan besar, otomatis akan membutuhkan lebih banyak minyak kan..agar semua bahan makanan yang di goreng bisa terendam minyak. Pilih juga panci deep frying yang serba guna..jadi bisa buat merebus juga..bisa buat mengukus juga..jadi satu panci..multi fungsi..hihi. Jadi nggak rugi kan..karena kepakai tiap hari pancinya..hihi.



Untuk menggoreng bahan dengan cara deep frying, minyak harus di panaskan dulu hingga benar-benar panas yang teman-teman, jadi misal kita mau membuat ayam goreng krispi, begitu ayam berlapis tepungnya masuk ke minyak..itu akan bisa langsung mengembang lapisan tepungnya, jadi keriting dan cantik hasilnya. Selama proses menggoreng, diamkan saja nggak usah di bolak balik dulu, kan sudah terendam semua bagian bahannya. Biarkan hingga matang satu sisinya..misal sewaktu menggoreng ayam goreng, jadi di balik jika bagian bawah udah kering , balik dan masak hingga warna ayam merata krispinya. Kadang kita menemukan ayam goreng krispi yang lapisan tepungnya *mbeling* atau keras ya teman-teman, jika beli ayam goreng pinggir jalan itu..sudah pasti..karena minyak belum panas, tapi ayam sudah masuk, atau jumlah potongan ayam yang di masukkan terlalu banyak, sehingga suhu minyak jadi turun. Jika udah begitu..ayam bakalan lama keringnya..dan karena di goreng terlalu lama..bukannya jadi renyah lapisan tepungnya..malah jadi keras dech.

Panci deep frying ini juga praktis untuk menggoreng aneka cemilan, kerupuk, atau keripik teman-teman, karena biasanya di lengkapi saringan di dalamnya ya. Tapi jika hanya menggoreng kerupuk atau cemilan kecil-kecil..menggunakan alat deep frying ini, harus di awasi ya, jangan di tinggal-tinggal, karena kerupuk kan matang dengan cepat. Jadi begitu masuk minyak panas, langsung ngembang kerupuknya, aduk supaya matang merata..langsung angkat dech saringannya, lalu tiriskan..beres dech. Menggoreng cemilan buat si kecil..jadi mudah dan menyenangkan ya teman-teman. Seperti tadi..habis menggoreng ayam krispi..sekalian menggoreng snack keripik kentang buat Yodha..mudah dan cepat sekali menggorengnya jika pakai alat deep frying ini. Jadi..daripada beli di luar gorengan atau keripik-keripik gitu kan minyak belum tentu terjamin kualitasnya..yuk..kita biasakan..goreng menggoreng sendiri di rumah ya teman-teman.







Oke..semoga bermanfaat sedikit tips hari ini ya teman-teman..sampai ketemu besok dengan menu-menu baru..hari ini kebetulan lagi ada kerjaan banyak, jadi belum masak menu-menu baru. Tadi siang juga dapat kiriman lauk dan soto dari mba Elmi..hihi..makasih mba jadi nggak usah masak dech buat siang..:)..jadi hanya membuat ayam goreng krispi ini untuk Yodha..sama goreng cemilan keripik kentang aja.








3 comments :

  1. Mbak di, beli panci yg kyk pny mbak gtu merk apa ya?

    ReplyDelete
  2. Aku juga ngerasain goreng pake panci dan wajan aluminium hasilnya beda. Pake panci tebal emang lebih bagus hasilnya

    ReplyDelete