Monday, August 17, 2015

Cara Membuat Tako Pandan Untuk Kue Tako



Wua..maaf hari ini belum bisa posting menu lagi..karena tadi heboh bantuin Kakak ipar yang lagi mau lomba masak 17 Agustusan. Nah kali ini aku bantuin bikin tako dari pandannya nich teman-teman..untuk buat kue tako. Hemm..pandan..daunnya kecil-kecil..bisa di buat tako..atau takir gitu ? Kedengarannya..ribet and njlimet ya..hihi..tapi percayalah..sangat mudah dan menyenangkan lho..membuat tako pandan ini..teman-teman. Dengan wadah cantik alami dan murah meriha..pasti dech kue talam atau kue-kue lain yang mau di wadahi pakai tako ini makin cantik penampilannya.

Untuk membuat tako yang cantik, pertama pilih daun pandan yang masih segar, jadi warnanya masih cantik..dan masih kaku juga untuk di bentuk-bentuk. Pilih daun pandan yang lebar dan agak panjang..minimal 30 cm panjangnya, kemudian pilih bagian tengah daun ( agar sama lebar ) , ukur sekitar 20 cm, atau sesuai ukuran tako yang akan di buat. Usahakan memilih daun pandan dengan lebar dan panjang seragam, sehingga hasil tako juga seragam. Untung aku  nanam pandan banyak di belakang, jadi nggak kesulitan cari daun pandan.


Seelah daun pandan siap, pertama siapkan alat lain yaitu gunting , dan strepler, serta penggaris. Ukur daun pandan sepanjang 20 cm, lalu bagi menjadi 5 bagian, masing-masing 4 cm,  di beri tanda lipatan saja, jangan sampai robek.


Selanjutanya buka lipatan, gunting separo ruas garis lipatan, buang  satu bagian ( liat foto )



Selanjutnya lipat mengikuti arah ruas dan lipatan sehingga membentuk kotak, dengan bagian bawah seperti anyaman, Jika ada yang berlubang sedikit bawahnya, jangan kawatir, bisa di tambal pakai sisa potongan daun yang setengah ruas di buang tadi ya.


Selanjutnya tinggal di streples dech..bagian sambungan samping agar   kuat dan nggak lepas ketika di  tuang adonan   talam atau kue lain.


Jadi dech..tako  cantik..siap mempercantik kue-kue tradisional teman-teman. Atau mau buat usaha kue talam tako yang beberapa waktu lalu lagi ngetrend ya..aneka rasa..seperti tako durian..dll. Harganya..lumayan mahal lho..hihi..hanya dengan sentuhan wadah cantik yang bernama tako ini. Tako pandan ini cocok untuk talam yang nggak perlu di kukus lagi setelah di masak ya teman-teman, agar warna takonya tetap cantik..misal talam hungkwe, atau buat tempat putri mandi juga cantik.

Ok..selamat mencoba..semoga bermanfaat tips nya ya..^^

4 comments :

  1. Wah menarik sekali ini mbak, makasih ya tips dan step by stepnya. Kapan2 bisa dicoba nih :)

    ReplyDelete
  2. wah mudah juga cara buatnya ya mbak. GImana lomba masaknya menang gak mbak?

    ReplyDelete