Thursday, August 13, 2015

Bubur Ayam Kampung


Sebenernya masak bubur ini tadi pagi..tapi kok ya baru sempat posting sekarang, karena seharian super sibuk. Nggak apa-apa dech..tetap di posting...siapa tahu bisa jadi ide menu sarapan besok ya buat teman-teman. Jadi hari ini ceritanya suamiku lagi nggak enak badan..jadi ijin nggak masuk kerja. Karena lagi malas makan..aku tawarin bubur ayam..kok mau..ya udah akhirnya buat bubur aja buat sarapan tadi pagi. Kebetulan di kulkas, masih ada stock kaldu ayam dan ayam kampung separo...jadi dech..bubur ayam kampung yang ahamdulillah..enak. Tadi..walau sakit..suami lahap makan..abis dech satu piring buburnya..hihi.

Sebagai Mak irit yang pengen masak enak tapi hemat..kalau beli ayam kampung tuch pasti aku buat kaldu dulu..hihi. Nggak mau rugi pokoknya beli ayam kampung mahal-mahal..sayang jika langsung di cemplungin ke masakan. Pastinya aku buat kaldu dulu..dengan cara di rebus dengan api kecil, hingga keluar kaldu beningnya. Setelah itu, baru dech ayamnya di masak. Khawatir empuk duluan sebelum di masak ?..Nggak juga kok..kan di rebus api kecil..selain itu ayam kampung kan rada alot..justru dengan di ambil kaldunya dulu selain kita dapat bonus kaldu ayam kampung, juga mempercepat proses pengempukan ayamnya ketika di masak. Nah..kaldu ayamnya..dinginkan..lalu simpan di freezer, sewaktu-waktu mau buat soto ayam atau bubur ayam seperti ini..nggak   perlu repot lagi buat kaldu.

Bubur ayam dengan kaldu ayam kampung..hemm..enak sekali rasanya teman-teman..lebih wangi dan gurih..serta nggak amis. Ayam suwirnya juga ayam kampung..tambah enak dech. Pokoknya..apa-apa kalau dari kampung itu enak lho..hihi..lebih original rasanya. Yuk..tebak-tebakan..kenapa ayam kampung dagingnya lebih enak dan sedikit alot teman-teman ?..Jawabannya...adalah " Karena ayam kampung..suka berolah raga..! * hihi. Tuch..kan sehari-hari..lari ke sana kemari cari makan sendiri..beda sama ayam *kota*..yang diam aja di kandang dan makanan pun terjamin..hihi. Jadi..memang beda sekali citarasa ayam kampung sama ayam memang. Dan jika di buat masakan..citarasanya juga jauh berbeda. Yodha aja sekarang..kalau makan ayam goreng atau bakar..maunya ayam kampung terus..minimal ayam pejantan gitu. Kalau ayam potong biasa udah nggak mau dia..kecuali di masak ayam goreng krispi...atau di olah jadi cemilan seperti nugget dll.

Makanya seminggu sekali paling nggak beli seekor ayam kampung, nah..karena kami cuma bertiga..dan kadang-kadang aku juga udah bosan makan ayam...jadi satu ekor ayam kampung itu, bisa buat 2 kali masak..kadang malah bisa 3 kali jika cuma buat soto, atau bubur ayam seperti ini..hihi..*Tips Mak Irit buat keluarga kecil..biar bisa makan enak..tapi hemat...! *

Oke, mau coba buat bubur ayam buat sarapan besok atau weekend nanti..yukk..catat resepnya ya teman-teman..siapa tahu bisa jadi ide usaha juga nich..karena jika bubur ayamnya pakai ayam kampung..pasti dech jadi nilai lebih tersendiri dan bakalan di lirik pembeli ya..walau sudah banyak yang jualan bubur ayam. Karena memang..rasanya lebih istimewa..lebih gurih dan enak...! Selamat mencoba..^^
 
Bubur Ayam

Bahan  :
150 gram beras, dicuci bersih
2 lembar daun salam
1800 ml air kaldu ayam
1/2 sendok teh garam ( secukupnya )
Bahan Kuah :
1/2 ekor ayam kampung, bagi 4 bagian
2 batang serai, dimemarkan
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 lembar daun salam
1 sendok teh kaldu

1 sendok teh garam ( secukupnya )
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1.000 ml air

Bumbu halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri sangrai
1/2 sendok teh ketumbar
3 cm kunyit

Bahan pelengkap:
100 gram kerupuk kanji , emping melinjo, kacang kedelai goreng

1 sendok makan bawang merah goreng
1 sendok makan daun bawang iris, kecap dan sambal cabai rawit merah secukupnya
Cara Membuat  :
Masak beras, daun salam, di dalam air dan kaldu blok sampai menjadi bubur yang lembut, meresap dan kental. Koreksi rasa, agar gurihnya pas sesuai selera.   Sisihkan.
Kuah ayam :

Tumis bumbu halus, daun salam, serai, lengkuas, dan daun salam sampai harum. Aduk sampai berubah warna. Masukkan air. Masak sampai matang dan bumbu meresap ke ayam.
Angkat ayamnya. Goreng ayam sebentar asal kecoklatan. 

Suwir-suwir ayam.
Sajikan bubur bersama ayam suwir, bahan pelengkap, dan kuah kuningnya,serta kecap dan sambal rawit.

Tips : Memasak bubur, pakai api sedang aja ya teman-teman, jangan api besar. Karena jika api besar air cepat habis, sementara bubur belum matang dan lembut. Tapi jika memang di tengah-tengah jalan bubur belum matang, air sudah agak menyusut banyak, tambahin aja air panas secukupnya. Lalu masak hingga bubur matang dan lembut.







7 comments :

  1. wahh sarapan lezat dan sehat ya Mba. Kalo mau buat resep di atas perlu waktu berapa lama ya Mba dari persiapan sampai matang dan siap disajikan semua ?? Btw, Mba Diah dapurnya cantik sekali, tampilan sajiannya juga tampak elegan, sukaaa dehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba. Kalau pakai kompor biasa sekitar 1 jam ya buat bubur,..kalau mau prkatis pakai slow cooker bs,..malam hari buat,...di tinggal tidur aja..ntar pagi mateng sendiri..ya..hihi.

      Delete
  2. Weiss fotonya semakin kereen aja mba..properti/pernak-perniknya mengin2ni, cantik2 euy..
    Oh ya pas mudik kemaren aku lewat tol semarang..eh ngliat penunjuk arah jalan ada tulisan "Banyumanik"..langsung inget mba Diah. Coba mba Diah tiba2 ada di deket situ...ngayal.com..heheh...^_^

    ReplyDelete
  3. Jadii pengen buat menu sarapan besok mb di... klo buka blog ny mbk didi pst dpt inspirasi... hehee...

    ReplyDelete
  4. Mbak, kemarin saya ada sms tanya tentang tepung martabak manis, tapi belum di balas sama Mbak, mudah2an Mbak nya lagi santai sekarang, jadi bisa reply sms ku, he...he...Mbak, hebat deh, inspirasi saya kalau mau manjain anak. Tinggal buka resepnya, trus buat deh, apalagi sering ada Mas yudha di situ, laris deh makanan saya di makan anak2.

    Sampe lupa, kalo masak bubur pake presto boleh juga kan Mbak? Thank's atas jawabannya. Mila Banda Aceh

    ReplyDelete
  5. Saya termasuk yg suka sarapan bubur ayam.. dan nanti saya pengen coba bikin resep mba. Kemirinya di sangrai setelah halus atau gimana mba caranya?

    ReplyDelete
  6. Air kaldu yang 1800 ml kpn dimasukinnya mba? Untuk masak si buburnya itukah? Atau untukmkuah kuningnya?

    ReplyDelete