Friday, August 28, 2015

Leker Jagung, Sosis & Telur


Wah..sudah waktunya makan siang ya..padahal baru saja selesai mengedit foto-foto menu sarapan tadi..hihi. Baru merebus kikil juga buat masak menu hari ini...e lha kok waktu cepat sekali berlalu. Kebetulan tadi pagi, Yodha minta bekal leker. Karena adonan masih banyak..aku minta tolong mba Elmi aja untuk ambil foto step by step cara pembuatan leker gurih. Kebetulan adonan Yodha tadi juga isi keju, jadi nggak pakai vanili. Jadi sisa adonan bisa di isi isian gurih dech. Semoga menjawab pertanyaan beberapa teman yang menanyakan isian untuk leker gurih kemaren ya.

Jadi..leker jaman sekarang nggak cuma isi pisang sama meises aja lho teman-teman, tapi segala macam isian beda. Jika teman-teman ke Semarang nich ada penjual leker terkenal..Leker Paimo..tuch isiannya segala macam ada. Nah..salah satu favorit banyak orang nich isi jagung..telur sosis. Komplet dech isianya..padat gizi..cocok buat sarapan..hihi. Selain sosis, bisa juga lho di isi daging asap, atau kornet..suka-suka aja.

Cara pembuatannya, sama seperti membuat adonan leker manis, hanya jika mau di isi telur, karena telur kan basah, jadi buat adonan yang lebih kental, agar hasil leker lebih tebal dan kuat menahan isiannya yang lumayan banyak. Jadi resep takarannya jadi :  250 gram *Tepung Leker*, di campur dengan 325 ml air, 1/2 sendok makan margarin leleh, 1/2 butir telur, 1/2 sendok teh garam, dan gula lebih sedikit ya, karena adonan isinya gurih, jadi sekitar 80 gram  saja, lalu adonan di blender rata...dan siap di gunakan. Oh iya..yang ketinggalan info tentang tepung leker dan cara pembuatan leker klasik isi pisang bisa di lihat di postinganku yang sebelumnya, silahkan klik di SINI ya.

Untuk isian, siapkan telur, sosis, dan jagung manis pipil yang sudah di rebus, serta saus tomat atau pedas atau mayo, keju dll..sesuai selera saus topingnya dech.


 Panaskan wajan kewalik / crepes maker, celup ke adonan leker.


Panggang hingga set, adonannya dan agak matang.


 Olesi dengan telur yang suda di kocok secukupnya, sedikit demi sedikit aja, agar tidak mbleber telurnya.




Taburi dengan sosis yang sudah di iris, jagung manis, keju jika suka, lalu beri saus sesuai selera.




Lipat leker, dan segera sajikan hangat ya, karena dalamnya isian telur, dan saus, jika dingin nanti jadi lembek lagi.



Jadi dech..leker gurih isi sosis, jagung dan telurnya. Rasanya..tentu saja enak sekali. Nich..tanya aja sama Dik Zahra..yang tadi habis 3 leker ya Dek yang isian sosis, jagung dan telurnya..buat sarapan..hihi.

Oh iya..dari kemaren-kemaren banyak yang nanyain kompor listrikku..hihi..baiklah aku jawab di sini sekalian..kompor listrik ini merk Shiga..dari Jepang..dulu aku beli di pameran. Dulu..aku tertarik beli karena mas-mas pramuniaganya heboh..menjelaskan bahwa kompor ini aman dan nggak mati walau kesiram-siram air atau cairan masakan dll..wah cocok buat nich...hihi. Nggak bahaya, jadi sampai di pangku pun aman...katanya mas yang jual..sambil memperagakan memasak sambil kompornya di pangku..hahah..heboh banget kan. tapi memang kok..area pansnya hanya daerah yang menyala itu..jadi pinggir-pinggirnya di pegang nggak apa-apa..jadi jika anak-anak usil nyenggol pinggirannya pun nggak masalah. Dan beneran sich aku suka pakai kompor ini buat masak. Harganya..lumayan mahal tapi..1,9 juta..hihi. Sangat jauh ya..dari kompor induksi biasa..tapi..karena buatan Jepang..jadi aku manteb dech beli dulu. Lumayan, jika lagi kehabisan gas, gak perlu bete nunggu tukang gas datang jika lagi nanggung masak..:D

Tips :  
Jika mau aman nggak mbleber telurnya..bisa setelah adonan agak set, memakai ring untuk menggoreng telur ya..jadi hasilnya lebih cantik..dan nggak belepotan..hihi. Tapi cari ring yang agak besar jika ada..aku punyanya cuma ring kecil..jadi kurang banyak nanti isiaan telurnya. Tapi jika di jual..jadi malah untung kali nya..telurnya nggak perlu banyak-banyak..hihi. Oke..semoga bermanfaat tips membuat leker gurih ini ya teman-teman. Selamat berkreasi membuat leker sendiri di rumah ya..jadi nggak perlu antri beli leker di tempat penjual leker, hihi. Harganya pun mahal ya, kalau beli leker, yang isian gurih gini bisa 10 ribu lebih ya satunya..kalau di tempat penjual leker terkenal..:D






8 comments :

  1. Bisa buat ide jualan di sekolah ya Bun.. :)

    ReplyDelete
  2. bisa dicoba buat sarapan....
    mksh....

    ReplyDelete
  3. Kalau di Mbak Diah gratis lekersnya, ya. .. :P

    ReplyDelete
  4. aku belum pernah berhasi pakai ring telur itu mbak, tipsnya gimana ya

    ReplyDelete
  5. saya pernah coba pake ring telur, tapi suka keluar sedikit dari pinggirnya. Mungkin karena gak rata, ya?

    ReplyDelete
  6. mbak aku punya kompor listrik yg merek maspion. tapi ngeri, klo ngaduk pake bhan logam jadi nyetrum.. dan panci jadi gampang bocor, mungkin karna efek trus dipanasin pke elemen ya.. jadi pntat pnci mudah tipis. hemmm... sy suka resep2 mbak diah, cocok sm selera lidah sy. thks

    ReplyDelete