Wednesday, August 26, 2015

Menu Masakan Korea Otentik Di Restoran Seoul Palace Semarang




Malam Minggu kemaren, karena lagi nggak ada acara di luar, kegiatan yang aku sukai untuk bersantai adalah nonton drama Korea. Selain untuk hiburan dan refreshing,  dengan menonton drama Korea, aku juga bisa  banyak belajar tentang kulinernya. Sejak sering nonton drama Korea, aku jadi suka mempelajari tentang masakan Korea, baik dari berbagai food blogger Korea yang terkenal ataupun dari tayangan tivi Korea, seperti Chanel M,...yang sering ada tayangan Master Chef Korea, atau tayangan acara memasak lain. Banyak ilmu yang aku dapat, tapi..kalau mau praktek yang masakan Korea, terkendala sama bahan-bahan dan bumbu yang susah di dapat di sini. Akhirnya, kalau membuat masakan Korea, ya hanya bisa membuat menu yang bahan-bahannya mudah di dapat. Nah..kemaren waktu lihat drama Korea, duch..kok jadi kepengen makan menu masakan Korea yang ada di drama itu..hihi..yaitu Bul Gal Bi dan Bi Bim Bab

Karena nggak bisa memasak sendiri karena tidak ada bumbu-bumbu khas Korea, otomatis harus mencoba makan di restoran Korea yang otentik agar bisa merasakan langsung citarasa masakan tersebut. Hemm..akhrinya mikir, di Semarang kan ada beberapa restoran Korea, yang mana yang otentik ya. Untung aku punya aplikasi OpenSnap di  Axus Yodha, aplikasi panduan pencarian tempat makan, restoran dan fine dining resto yang bisa jadi panduan, ketika kita bingung memilih restoran terbaik di kota tempat kita tinggal. 

Akhirnya buka OpenSnap sebentar, cari wilayah Semarang, terus ketik  Restoran Korea di Semarang , ketemu beberapa dech. Aku lihat beberapa foto yang di unggah oleh foodies, ada beberapa foto dan nama menu yang ku cari yaitu Bul Gal Bi, yang ada di restoran Seoul Palace. Yes...ketemu dech restoran yang aku cari..melalui OpenSnap.

Aku lanjut pencarian, dengan mengetik Restoran Seoul Palace..dan tara...ada foto-foto yang di unggah di OpenSnap dari restoran Seoul Palace muncul dech beberapa. dan
Wah..aku lihat, ada beberapa foto restoran Seoul Palace ini, yaitu menu yang ingin aku coba. Dari baca-baca reviewnya, positif semua. Restoran Seoul Palace ini adalah salah satu restoran Korea yang paling tua di Semarang, sudah berumur 28 tahun, wah pastinya menu-menunya otentik dong ya. Yapp..akhirnya satu tujuan pasti untuk mencicipi menu masakan Korea yang otentik sudah ketemu..yaitu restoran Seoul Palace, yang di rekomendasikan oleh foodies pengguna aplikasi OpenSnap, yang sangat membantu pencarianku.

Akhirnya, Minggu siang kami meluncur ke Seoul Palace, begitu masuk ke dalam restoran, suasana khas Korea sangat khas, dengan aneka hiasan dan pernak pernik khas Korea. Di dinding juga kita bisa melihat foto beberap penari Korea, serta gentong-gentong berisi bumbu fermentasi, yang sering aku lihat di beberapa drama Korea yang bertema kuliner.




Beruntunglah   kami kemaren, karena bisa bertemu dengan Ibu Benita, owner dari restoran Seoul Palace, yang sangat baik dan ramah, memberikan rekomendasi kepada kami, menu-menu otentik masakan Korea yang wajib di coba dari restoran Seoul Palace ini. Senangnya hatiku..karena memang, menikmati masakan Korea kemaren menjadi bertambah sensasinya sambil mendengar penjelasan dari Ibu Benita tentang sejarah dan proses pembuatan menu-menu tersebut. Restoran Seoul Palace sendiri sudah  berdiri sejak tahun 1988, beberapa tahun pertama buka, Ibu Benita juga mendatangkan chef khusus dari Korea, jadi sudah pasti citarasa masakan di restoran ini otentik Korea. Selain itu, bumbu-bumbu dasar semua masakan di restauran Seoul Palace, dan juga beberapa peralatan saji yang khas dan unik, seperti mangkuk batu atau panggangan batu, semua di datangkan langsung dari Korea juga. Wah..jadi beneran dech..pas banget aku memilih Seoul Palace ini untuk mencoba aneka hidangan otentik khas Korea, sebelum kesampaian icip-icip langsung di Korea..hihi..semoga bisa..suatu saat nanti ke sana..nabung dulu..:D

Nah..ini dia beberapa menu otentik Korea dari restoran Seoul Palace yang kami coba Minggu kemaren, semuanya enak, pas di lidah kami. Suka..dan rekomended banget menu-menu masakan Korea di restoran Seoul Palace ini. 

Bok Kum Bab


Menu yang pertama adalah menu pilihan Yodha..makan di restoran manapun..sudah pasti yang di pesan adalah nasi goreng..hihi. Jadilah kemaren Yodha memesan nasi goreng ala Korea, Bok Kum Bab, yang merupakan nasi goreng dengan aneka sayuran dan seafood. Yodha lahap sekali makannya, sampai hampir habis, padahal porsi besar, yang biasanya untuk sharing..hihi. Aku cicip sedikit, memang enak dan gurih rasanya. Menu nasi goreng Korea ini, bisa kita nikmati dengan harga 38.500.

Bul Gal Bi

 
Menu Bul Gal Bi, adalah menu Iga panggang khas Korea, yang sering muncul dalam scene acara makan-makan di banyak drama Korea, biasanya di Korea, makan daging iga panggang ini bersama teman-teman di restoran atau memasak sendiri di rumah dan di nikmati bersama keluarga.  Di restoran Seoul Palace, menu Bul Gal Bi ini juga jadi menu andalan yang banyak di minati pengunjung. Menu ini di masak langsung di meja, jadi kita bisa menikmati Bul Gal Bi hangat langsung tersaji dari meja, serta bisa memanggang sendiri. Di restoran Seoul Palace ini, iga  yang di gunakan adalah iga khusus, makanya tekturenya sangat empuk, walau hanya di panggang sebentar saja. Sebelum di panggang, iga di rendam bumbu-bumbu khas Korea semalaman, sehingga citarasa manis gurih meresap ke dalam dagingnya.
Penyajian Bul Gal Bi ini juga unik, sebelum di panggang, di sajikan dalam bentuk gulungan daging tipis yang sudah berbumbu.


Cara memakan Bul Gal Bi ini ada beberapa cara, bisa di makan langsung dengan saus cocolan atau aneka salad, acar, kimchi yang di sediakan secara free ketika kita memesan Bul Gal Bi ini. Cara yang paling seru, tentu saja seperti yang sering kita lihat di drama-drama Korea itu lho teman-teman, yaitu di bungkus daun selada. Aku coba pakai acar sayuran juga, memang segar citarasanya, mengimbangin rasa gurih manis dari iga panggangnya. Oh iya..di restoran Seoul Palace ini hanya menyediakan olahan daging sapi lho teman-teman, jadi no pork.




Pokoknya..Bul Gal Bi di restoran Seoul Palace ini top banget. Rekomended untuk di coba. Yodha saja yang sebelumnya sudah kenyang makan nasi goreng ala Korea..masih lahap menyantap Bul Gal Bi ini..dan dia menyesal katanya..kok makan nasi goreng duluan..hihi. Oh  ya..menu Bul Gal Bi..ini bisa kita nikmati seharga 215.000 ribu rupiah...tapi porsinya bisa di makan ramai-ramai sharing lho..bersama teman atau keluarga. Seru dech.

Bul Go Gi


Setelah mencoba Bul Gal Bi. Lanjut lagi acara panggang memanggang,  kami mencoba daging panggang Bul Go Gi. Kalau ini ini memakai daging lokal juga bisa, bagian has yang diiris tipis-tipis. Rasanya nggak kalah enak juga dari Bul Gal Bi..sama enak, gurih dan manis, citarasanya..karena dagingnya juga sudah di marinated semalaman, sebelum di panggang. Daging panggang Bul Go Gi inipun ludes, oleh Yodha dan papinya. Kalau aku sengaja makan dikit-dikit aja..karena selain terlalu excited foto-foto, dan juga biar  bisa mencicipi citarasa aslinya..hihi..biar nggak kenyang duluan dech. Kalau kita sudah kenyang kan, bakalan susah mencicipi citarasa makanan aslinya...hihi. Oh iya, satu porsi Bul Go Gi ini bisa kita nikmati seharga 69.000- hingga 196.000, tergantung porsi dagingnya ya.


Bude Jjigae


Menu selanjutnya yang kami coba, atas rekomendasi Ibu Benita, adalah Bude Jjigae, yang menurut sejarahnya, menu ini adalah menu perpaduan budaya barat dan Korea, di jaman perang Korea dulu, di mana orang  barat  memasak aneka daging olahan dengan bumbu-bumbu khas Korea, jadilah menu baru ini. Jadi..berbeda dengan Menu lain yang merupakan menu asli Korea dari jaman dahulu, menu Bude Jjigae ini tergolong menu baru, tercipta di jaman perang Korea dahulu. 

Menu Bude Jjigae ini, bahan utamanya, aneka olahan daging yang di masak dengan kuah kaldu dan bumbu sedikit pedas khas Korea, lalu di masak hingga mendidih. Setelah mendidih, kemudian di masukkan mie kering, lalu di aduk dan di masak hingga matang. Proses memasak menu ini juga di meja kita, jadi seru dech mencium aroma masakan dan menunggu masakan matang di meja makan, serasa memasak di rumah. Setelah matang, aku cicipin, hemm..rasanya segar, gurihnya pas, rasanya seperti makan ramen ala Korea, yang sering aku beli versi instannya..di supermarket..hihi. Menu ini seporsinya 99.000 saja dengan porsi sharing juga.


Po Sut Bul Go Gi


Nah..masih lanjut dech..mencoba menu lain, pramusaji mengeluarkan sepiring daging segar, dan aneka sayuran serta jamur yang di susun cantik di piring. “Wah..mau di buat apa lagi nich..?” Sebelumnya, panggangan di meja, di ganti dengan panggangan batu yang unik. Kata Ibu Benita, panggangan batu ini juga di datangkan langsung dari Korea, wah..serunya..jadi kayak makan di Korea dech..hihi. Setelah itu Ibu Benita menerangkan bahwa menu Po Sut Bul Go Gi ini juga sejenis menu daging panggang seperti Bul Go Gi biasa, tapi di masak seperti di tumis. Yang khas adalah citarasa dagingnya yang gurih, tidak manis seperti Bul Gal Bi atau Bul Go Gi biasa. Jadi menu ini bisa menjadi pilihan bagi orang yang tidak menyukai citarasa masakan manis.


Cara membuatnya juga unik, seperti membuat cap cay sich kira-kira..hihi. jadi bumbu berupa bawang bombay di tumis bersama daging, selanjutnya sayuran dan jamur dimasukkan, dan di masak hingga keluar sedikit cairan, kemudian di beri bumbu-bumbu. Waktu di masak, harum semerbak aroma minyak wijen. Teryata benar dugaanku, bumbu utama Po Sut Bul Go Gi ini adalah minyak wijen. Wah..melihat aroma khas masakan  yang harum serta asap mengepul, jadi pengen cepat-cepat mencobanya. Memasak Po Sut Bul Go Gi ini juga cepat, karena daging sudah di iris tipis-tipis. Jadi dagingnya empuk, dan citarasa gurihnya..pas..ringan tapi tetap terasa bumbu-bumbunya. Enak dech. Satu porsi Po Sut Bul Go Gi yang bisa kita nikmati ramai-ramai ini, bisa kita nikmati dengan harga 218.000 per porsi.


 Bi Bim Bab


Masih kuat lanjut icip-icipnya teman-teman ?..Hihi..Tips jika makan di restoran Korea, kata Ibu Benita, pesanlah minuman teh ( Cha ), khas Korea, minuman ini bisa membuat kita makan banyak tanpa kekenyangan..wah..hebat ya..khasiat tehnya..hihi. Menu terakhir yang kami coba kemaren, adalah menu gongnya..yaitu menu yang paling ingin aku coba..yaitu Bi Bim Bab. Walau sebenernya dulu aku jaman kerja di perusahaan export furniture, aku kan jadi Mechandisher yang menangani buyer-buyer dari luar negeri. Dulu aku pegang beberapa buyer dari Korea , jadi sering menjamu mereka di restoran Korea, namun dulu karena belum tertarik dengan budaya dan masakan Korea, jadi dulu ya asal pesan atau makan saja, tanpa rasa ingin taau yang lebih. Beda dengan sekarang, aku sangat antusias untuk belajar lebih tentang masakan Korea, jadi..rasanya beda gitu..hihi. Dan dari berbagai menu Korea di Seoul Palace, yang paling membuatku penasaran adalah Bi Bim Bab nya. Aku suka tampilan Bi Bim Bab yang cantik, dan paling sering muncul di drama-drama Korea. Jadi menu Bi Bim Bab ini adalah sejenis nasi campur, ala Korea. Bahannya terdiri dari aneka sayuran dan jamur, yang di susun cantik di atas nasi, dan di beri toping telur setenga matang. Yang menambah eksotis penampilannya, Bi Bim Bab ini di sajikan di atas mangkuk batu, yang khusus di datangkan dari Korea juga. Mangkuk batu ini, membuat hidangan nasi campur ala Korea ini menjadi tetap hangat hingga sauapan terakhir. Di Korea, menyantap Bi Bim Bab di mangku panas ini ketika musim dingin. Ketika musim panas, menyantap Bi Bim Bab ini memakai mangkuk biasa. Biasanya Bi Bim Bab ini menajdi menu makan siang yang praktis, karena dalam satu sajian sudah padat gizi, adan karbohidrat, protein dan aneka sayuran. 

Cara menyantap Bi Bim Bab ini, nasi dan sayuran di aduk bersama bumbu pedas khas Korea yang di racik khusus, lalu di aduk rata. Warnanya jadi cantik kemerahan menggoda selera. Setelah aku cicipin Bi Bim Bab versi restoran Seoul Palace ini..enak sekali. Rasa gurih pedasnya pas, nggak berlebihan, dan nggak ada rasa aneh apapun, yang ada hanya rasa enak..hihi. Rasanya mirip-mirip nasi goreng pedas, tapi nggak terlalu pedas rasanya, jadi masih bisa di nikmati anak-anak. Rahasianya ternyata, kata Ibu Benita, selain bumbu-bumbu khas juga dari Korea, sampai cabe pun juga dari sana. Cabe khas Korea ini jika di buat masakan, warnanya merah cantik, tapi nggak terlalu pedas rasanya. Harga 1 porsi Bi Bim Bab di restoran Seoul Palace ini 45.000 - 49.000 rupiah.


 

Wah..pokoknya kemaren Minggu itu, puas kami mencicipi  aneka menu masakan Korea yang otentik di Seoul Palace Semarang. Jadi ngak rugi dech aku ngintip OpenSnap sebelum mencari rekomendasi restoran Korea terbaik di Semarang. Jadi, buat teman-teman yang suka bingung mencari tempat makan atau restoran di  kota teman-teman, pakai saja aplikasi OpenSnape yang merupakan aplikasi *Social Dining Guide*, lansiran dari OpenRice.com. Oh ya..aplikasi ini bisa di download dengan cepat di Google Play atau App Store teman-teman..mudah kok caranya. Jadi..kalau lagi bingung cari tempat makan di manapun kita berada, tinggal klik OpenSnap ini...melalui ponsel cerdas kita dech.

Banyak kelebihan dan manfaat jika kita memakai aplikasi OpenSnap ini teman-teman, di antaranya : 
  1. Personalized Your Food App by Bookmark : Kita dapat bookmark restoran, jenis masakan atau makanan favorit kita. Selain itu  juga dapat filter Restoran berdasarkan Bookmark yang terbanyak oleh foodies. Semakin restoran / jenis masakan / makanan tersebut di bookmark, maka semakin banyak digemari.
  2. Social Visited: Kita dapat melihat Teman kita (yang kita follow) pernah berkunjung di restoran mana saja. Jadi kita dapat melihat restoran mana yg paling banyak atau digemari oleh Teman - Teman.
  3. Map View: Kita dapat melihat berbagai Restoran yg terdekat dari lokasi kita berada.
  4. Personalize your favorite location: Kita dapat mengatur lokasi yang sering dikunjungi untuk menjadi laman terdepan.
  5. Everyone Tab: Kita akan di update dan terkoneksi oleh seluruh foodie yang berada di Kota tersebut (Misal: Jakarta) apa yang sedang mereka makan.
Jadi, jangan ragu untuk men download aplikasi OpenSnap ini ya di smart phone kita teman-teman.


Buat aku..OpenSnap ini sangat membantu banget..karena salah satu hobiku adalah keluyuran wisata kuliner mencari tempat makan enak. Kadang-kadang, jika di tempat baru atau di kota lain..misal suami belum tau tempatnya..wah..bisa muter-muter nggak jelas dech cari alamat tempat makan yang di tuju. Nah..setelah pakai aplikasi OpenSnap ini jadi mudah banget, cari lokasi tempat makan yang kita hunting, karena biasanya sudah banyak  ulasan dan di lengkapi peta dan kontak juga lho. Detail banget pokoknya. Pokoknya aku kasih bintang 5 dech buat OpenSnap..:D



Happy eating..! ^^













40 comments :

  1. makanannya enak semuaaaa mak...asli bikin ngiler. Saya tapi agak mengurangi karena sepertinya banyak penyedapnya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Indah..enak semua..dan alhamdulilah kok aku nggak mencecap rasa penyedap yang aneh2 di restoran Seoul Palace..alami aja rasa..pakai rempah-remaph dan minyak wijen, kecap manis, dll..:D

      Delete
  2. wahh jadi tertarik dengan bibimbap nya.. harga nya brp ya mba? kayanya kelupaan ditulis yaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mba Novya..lupa nulis..45 - 49 rb mba per porsi..enak lho..:D

      Delete
  3. Duuh bener bener bikin ngiler. Kalau di Indonesia memang harus menyesuaikan ya, jangan ada yang mengandung pork supaya yang Muslim ga was was kalau mau beekunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Heni..semua daging dan olahan dagingnya no pork kok di Seoul Palace ini..:D

      Delete
  4. Waahh mb diah bikin ngiler aza,,q juga suka nontn drama korea mb.hehe
    Sdah liat drama korea yg jdulnya Let's eat 1 dan 2 mb?kalo blum q saranin mb didi liat, ceritanya tntang food bloger,,jadi tiap episodenya psti ada makan2 mknan khas korea..pasti bisa jdi referensi mbak tuh..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuaaa...ceritanya tentang food blogger mba Citmun..harus nonton nich..besok weekend tak hunting DVD nya..kmrn beli 3 DVD drama Korea yang baru-baru..tapi belum sempat nonton juga je..huhu....:D

      Delete
  5. baru tahu nasi goreng dalam bahasa Koreanya aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..nggak cuma Indonesia ya Mak Lidya yang byk macam nasi gorengnya..:D

      Delete
  6. Wuahhh enak semua, aq juga penggemar drama korea mbak udah ratusan judul saya liat, otomatis pengen juga makanan korea tapi sayangnya mahal2 jadinya cuma bisa ngiler hiks.. Hiks.. Mbak bikin resep kimchi dong ala indonesia biar bahan bakunya bs bli disini, mksh ya mbk diah :-) INDAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kalau pakai bahan Indonesia..namanya asinan sawi nanti mba Indah..bukan Kimchi ya..:D

      Delete
    2. kalau dari hasil kelas budaya korea yg pnh sy ikuti disini (sy tinggal di busan skr), kimchi kebanyakan ada bahannya kok mbk di Indonesia...

      bahan saus kimchi:
      jahe cincang
      bawang putih cincang
      lobak diirisi juliene
      wortel diiris juliene
      kucai
      daun bawang diiris tipis
      kecap ikan
      garam
      gula
      bubuk cabe
      pasta udang (udang kecil2 yg difermentasi), kalau tidak ada bisa pakai mussels

      bahan utama:
      chinnese cabbage
      garam

      si chinnese cabbage direndam di air garam selama 3jam, kemudian ditiriskan dan dicuci di air mengalir, kemudian baru diolesi saus kimchi perlembar daunnya. kalau orang korea menaruh kimchi mereka di wadah terbuat dari tanah dan disimpan dalam suhu 10an derajat, kalau tidak salah, kalau orang korea sih biasanya wadahnya ditaruh dibwah tanah gtu...

      Delete
    3. Mksh mba Yuna..resepnya..semoga bermanfaat buat teman2 yang mau coba Kimchi ya..:)

      Delete
    4. Mbk yuna, dlm resep kimchi itu klo ga ada pasta udang bisa diganti mussels, itu apa ya mbk, aq ga tau je :) btw mksh ya mbk resepnya. INDAH

      Delete
  7. ada sertifikat halal gak ya mbak didi? soalnya klu makanan korea minyak nya itu minyak pork. saya juga sukaaaaa kuliner korea. makasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau setahu saya malah mereka kebanyakan pakai minyak wijen, karena minyak babi merusak rasa kata mereka.

      Delete
    2. Betul Mba Yuna..mba Ade, rasa utama bumbu maskan Korea itu kebanyakan minyak wijen..jadi netral aja..gak ada rasa gurih yang berlebihan spt kalau pakai minyak pork..atau angsiu...dll

      Delete
  8. mbk, dsna buddae jjigae bukan pork ya?kalau disini buddae jjigae sllu pork...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..menyesuaikan kondisi ya di Indonesia..semua olahan daging sapi kalau di resto Seoul Palace..:)

      Delete
    2. wahhh enakkk ya mbk, nanti pas plg ke indonesia ada tempat makan yg recommended niy buat melepas kangen msakan korea...mbak didi ayo bikin kimchi mbk, heheheh...saya suka nyontek menu2nya mbk didi untuk makanan disini, soalnya kalau jajan di warung indonesia mahal sekali...makasih ya mbk, sllu update resep masakannya...

      Delete
    3. Ya mba..nanti tak beli online dulu bumbu2 asli Korea dulu..kemaren aku belajar dari Ibu Devita , owner restonya..cabai nya juga pengaruh ke rasa dan penampilan, kayak buat bi bim bab aja..pakai cabai Indonesia Tastenya beda ya kata Beliau..makanya biar nggak nanggung belajarnya..mau beli bumbu2 yang otentik dl..kayaknya di toko online luar banyak..:D

      Delete
    4. ah gtu ya mbk, memang disini cabainya yg berpengaruh, sy pernah bkin 3x pakai bubuk cabai yg beda, hasilnya juga beda, yg pertama pakai bubuk cabai beli di toko khusus bumbu yg harganya lumayan mahal, hasilnya uenak bgt, yg kedua pakai cabe bubuk dari indonesia yg botol kecil2 itu, rasanya aneh, yg ketiga pakai bubuk cabe dari korea jg tapi beli yg murah, hasilnya tidak seenak yg pertama...kalau yg sy lihat di toko pasar it mereka pakai oi gochu yg dikeringkan lama banget, bs berhari2 trus digiling...di Indonesia katanya ada market korea di daerah skitar permukiman ekspatriat korea mbk...atau kalau mau si cabe bisa nitip pas sy plg, sy insyaallah november plg dl ke jkt...^^...

      Delete
    5. Iyaa..makanya aku takut rasanya nanti cuma kayak asinan mba jika pakai cabe bubuk Indonesia..hihi.
      Kemaren kebetulan ketemu langsung sama owner resto Seoul Palace, beliau udah mengelola resto tersebut selama 28 tahun dan dulu beberapa tahun mendatangkan chef dari Korea untuk membuat menu-menu di sana agar otentik citarasanya. Nah..bahan-bahan spt sayuran atau daging mungkin bisa di ganti bahan sini, tapi untuk bumbu terutama yang pakai cabe..itu hasilnya berbeda kata Ibu Benita...makanya aku bertahan nggak akan coba buat kimchi jika nggak punya bahan asli sana..hihi..mending beli aj adi Seoul Palace jika mau makan kimchi. Wah..aku mau mba..nitip..yang cabe kualitas bagus, sama saus fermentasi pasta cabe dan ketan serta kedelai itu mba yang di buat di gentong-gentong gitu kayak di drama2 itu ..mahal nggak mba..hahah. Penasaran rasanya. Jika nggak merepotkan nitip dua itu ya..sama sendok korea yang panjang2..itu 1..buat foto2..haha..nitip kok borongan. Jika bisa..total semua berapa email aku di bundadidi@gmail.com ya mba..:D

      Delete
    6. gochujang sama doenjang mbk maksudnya???nanti cb sy tnyakan k tmn yg kualitasnya bagus ya mbk...kkkk...nanti PM ke email saja...^^...kalau di toko2 biasa sih satu kotak gtu sktr 8000-9000won mbk yg pasta, klo bubuk cabe dl sy beli 300gr itu 5000won, hiksss...dsni bahan lokal mmg super mihil, tp berkualitas sih...

      Delete
    7. Ya mba..pokoknya yang pasta cabai yang buatnya di gentong-gentong tuch lho mba..hahaha..penasaran..ra po-po..mahal..soalnya pasti asli dr sana..kalau nitip mba..:D..di sini aku cek aada yang jual online byk mba ternyata , tapi pada di repack gitu mba..takut ih..sama mahalnya tapi campuran atau palsu..:D

      Delete
  9. Duuuuh...makananya tampak menggiurkaaaan :D
    Walapun aku juga pencinta drama Korea, tapi aku belum pernah makan menu masakan Korea mbak. Di Aceh nggak ada restoran Korea :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..nanti akau aku punya bumbu-bumbunya..ntar ku posting dech resep masakan Korea yang mudah..nich lagi hunting bumbu pedas Korea , sapa tau ada yang jual online..biar otentik rasanya...hihi..:)

      Delete
    2. Klo ada bumbu korea aq mau ya mbk online :)

      Delete
    3. aku liat di tokop**** ada banyak mba Indah..cabe bubuk buat kimchi..coba search aja..tapi kebanyakan kok jualnya sudah di re pack..jadi aku ragu mau beli..takut nggak asli..:D

      Delete
    4. Di tokop*** ada ya mbk, coba ntr aq cari, mksh ya mbk, btw mbk diah klo pengen sendok korea di lazada ada mbk, kemaren aq beli 1 set sendok korea harganya waktu itu pas promosi 70 ribu ( isinya sendok 4, supit 4) bahannya dari stainless steel mbk, bagus bgt :)

      Delete
  10. Toss mbak DD. Sesama penggemar Korean Drama.. Hahaaaa.. Disini aku suka makan Korean BBQ, asli yang punya dan masak Korea. Mereka kuat bumbunya di minyak wijen dan bawang putih.. Itu yang bikin rasa masakannya gurih. Pernah diajarin makan kalbi nya sama si Ajumma. Daun selada dikasih sedikit nasi, potongan bawang putih, cocolan tauco, irisan daun bawang, plus dagingnya. Semua dibungkus jadi 1 pas dimakan sensasi rasanya komplit deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..rasanya unik ya..aku dulu kira agak aneh jika di makan pakai selada..ternyata enak..:D

      Delete
  11. Mbk diah punya restoran ya? kok update masakanya sepertinya enak2 terus :D

    ReplyDelete
  12. Sebagai "korban" demam Korea, ngiler liat makanan di resto seoul palace nih... Layak dicoba :) nice info mb, tengkyu.....

    ReplyDelete
  13. Ada banyak sekali memang jenis makanan Korea yang lezat-lezat, apalagi akhir-akhir ini banyak sekali restoran penyedia makanan Korea maupun makanan Jepang, jadi makin ga sabar ingin mencicipi. Kunjungi situs Gayahidupku.com untuk lihat jenis dan resep makanan Korea populer ya!

    ReplyDelete
  14. Mantap review nya 😁 jadi pengen meluncur kesana

    ReplyDelete
  15. Terimakasih reviewnya. Sangat membantu mbak. lain kali review japanese food mba.

    ReplyDelete
  16. Anda mencari Penghisap asap dapur ?

    kunjungi web kami untuk menemukannya
    Banyak model dan tipe sesuai kebutuhan

    ReplyDelete