Wednesday, August 12, 2015

Tahu Aci Imut


Wah..udah siang ya...teman-teman..masak apa hari ini...aku malah belum masak je..dari tadi udah ngeluarin satu ekor ikan tenggiri dari freezer, lagi di *thawing..tapi belum kepikiran mau buat apa sesuatu yang baru gitu. Sedari pagi malah masih sibuk ngarahin tukang yang kerja, pasang-pasang rak dan pernak pernik dapur baruku, serta beberes dan bersih-bersih lantai atas. Masih dalam rangka menyulap salah satu ruang atas jadi studia miniku..hihi. Jadi maaf jika belum bisa posting menu-menu masakan baru ya teman-teman..masih agak ribet ini, biar cepat selesai sekalian..terus bisa foto-foto masakan baru dech di atas.

Tadi snack buat tukang yang kerja aja..cuma ku buatin yang praktis..sekalian motret baru buat postingan tahu aci. Gara-gara waktu hari Sabtu kemaren ke Java Mall..aku akhirnya kesampaian nyicip tahu aci yang ada di parkir belakang Java Mall..soalnya penasaran. Tiap dari sana itu kalau lewat habis dari parkiran..itu mesti ramai pembeli. Tapi mau mampir beli kok ribet karena bawa mobil, jadi cuma penasaran aja..seenak apakah tahu acinya..kok bisa ramai..pdahal cuma di gerobak saja jualnya. Tapi..gerobaknya memang menarik..di buat modern dan bersih. Juga kemasanya..itu nggak cuma di plastik atau kertas..tapi di beri wadah kantong kertas cantik..dengan label khusus dan design menarik..nggak kalah dech sama kantong kentang goreng pokoknya kalau aku liat..jadilah makin penasaran..tahu aci apakah itu...hihi.

Dan kemaren waktu ke Java mall kebetulan punya waktu senggang, karena pas ada pameran suami ada tugas jadi konsultan umkm di sana..aku sempatin jalan-jalan turun ke hypermart dan mencoba tahu aci ini. Dari penampilan sich menarik banget..kantongnya menarik..enak di bawa-bawa..jadi berasa naik gengsi dech tahu acinya di tenteng-tenteng ke mall..hihi..berasa nenteng kentang goreng gitu..hahah. Tapi..sebagai bakul tepung aci..menurutku lumayan mahal harganya..dan rasanya juga masih standart, dengan pemakaian tahu jug abiasa tahunya...tapi untuk harga lumayan juga..mahalnya...hihi..soalnya satu kantong itu cuma isi beberapa biji..10 bijian kali ya..tahu aci imut-imut banget sekali hap..itu 10 ribu..hihi. Tapi justru inilah yang menarik..karena bisa menaikkan daya jual dan gengsi tahu aci..hanya dengan menambah kemasan yang menarik. Jadi buat teman-teman yang mau cari ide usaha kecil-kecilan dan bermodal sedikit tapi belum banyak pesaing, bisa jadi ide nich..siapa tahu bisa jadi contekan ya..bahwa dengan design kemasan dan packaging yang menarik..tahu aci yang biasa di jual murah di pinggir-pinggir jalan..bisa naik kelas dan harga lho..hihi.

Nah..yang  mau usaha tahu aci dan nggak mau repot-repot buat adonan..nich aku punya solusinya..pakai aci berbumbu siap pakai..yang aku jual...yaitu tepung ACINE. Praktis..mudah dan jika di jual dengan gerobak dan kemasan modern..tak kira kok masih untung lumayan lho..apalagi jika jualnya nempel di mall..atau paling nggak di depan minimarket gitu..atau di depan sekolah-sekolah..pasti laris manis dech. Nah..nyontek ide yang jual tahu aci di Java mall kemaren itu..juga kreatif..tahu aci garing imut..bisa di beri bumbu tabur aneka rasa teman-teman. Tadi aku coba pakai bumbu tabur rasa pizza dan ayam panggang..enak juga ternyata..hihi. Jadi tahu aci modern..nggak harus selalu di cocol saus kecap ya..! ^^


Tahunya juga nggak perlu banyak-banyak..kalau buat tahu aci imut..cukup seiris kecil..malah lebih enak je..hihi..apalagi untuk anak-anak..cocok banget..karena dengan tahunya sedikit pasti ikut kemakan. Coba kalau tahunya separo tahu sendiri..pasti dech kalau di buatin tahu aci..yang di makan cuma acinya..haha. Kalau di buat imut ini..karena jadi kriuk semua..baik tahu dan acinya..jadi pasti kemana semua teman-teman..apalagi jika di tambah bumbu tabur..sesuai selera anak-anak..wis..pasti ndak bakal tahu dech..kalau menunya sebenernya itu tahu aci ndeso..hihi..di kira makanan modern apa gitu. Oke..semoga menginspirasi ya..ide usaha kali ini. Cara membuat tahu aci jika pakai tepung acine yang aku jual ini..sudah ada di kemasan. Palingan aku tambahin 1/4 sendok teh gula pasir buat naikin rasa gurihnya..karena udah berbumbu lengkap dan tanpa msg, jadi gula berfungsi sebagai penyedap alaminya. Jika buat Yodha kadang aku tambah alsultan ayam sedikit..jadi lebih gurih lagi. 

Oke..yang mau coba buat tahu aci pakai tepung acine..ready stock ya..silahkan di order.  "Kadaluwarsa kapan mba tepungnya ?"..Biasa teman-teman nanya gitu..wah..tenang..tepung acine baru datang minggu kemaren dari supplierku di Tegal..fresh aku minta di buatin baru..hihi.  Yang unik dari tepung acine ini juga..sudah ada daun kucai keringnya lho..jadi rasanya..asli seperti makan tahu aci di Tegal..tanpa jauh-jauh ke Tegal..hihi. Enaknya lagi jika mau usaha tahu aci pakai tepung acine ini..nggak perlu nyetok adonan banyak-banyak..cukup nyetok tepung kering aja..karena jika adonan habis..menyiapkan adonannya juga cepat banget..tinggal di tambah air aja , lalu di aduk..jadi pembeli bisa dapat adonan tahu aci yang selalu fresh, jadi nggak asam rasanya dan tahu aci jualannya juga bisa selalu tersaji hangat. Pasti jadi nilai jual tersendiri juga. Selain itu juga bisa mengurangi resiko rugi bahan kan teman-teman..jika lagi mau mulai-mulai usaha, karena nggak perlu banyak menyetok adonan aci.

Ini foto step by step cara membuat tahu acinya ya teman-teman..mudah banget..tinggal tambah air atau air panas kalau aku, secukupnya hingga adonan bisa di bentuk, tempelkan ke tahu, goreng dech. Tips agar tepung acinya nggak lepas berpisah sama tahu waktu di goreng, selimutkan adonan tepung hingga bagian bawah juga ya..sisain aja sedikit lubang agar keliatan tahunya..hihi. Jadi orang bakal tahu..kalau yang di makan itu tahu aci..karena ada tahunya. Jika mau hasil tahu aci renyah..goreng di minyak agak banyak, masukkan sejak minyak dingin ya, lalu nyalakan api, goreng dengan api kecil hingga matang dan kering. Jadi hasilnya kriuk-kriuk enak..nggak alot lho.

Yang nunggu resep-resep baru..sabar ya..moga besok udah rada beres urusan dapurnya biar segera bisa buat foto-foto menu-menu baru..yang rencananya mau aku lengkapi pakai foto step by step gitu setiap posting menu baru.









11 comments :

  1. aaah enak ini, pinginnnnn mbak , tapi belum beli acine :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Wah praktis ya mba kalo mau nyemil tahu aci. Bookmark dulu ntar kalo pas kepengen tak pesen yo mbaa

    ReplyDelete
  4. Mba diah , pakai Tahunya?, tahu putih di potong lalu di bungkus acinya ya?

    ReplyDelete
  5. Mbak, kok susah banget mau order ya? :(...kemaren rencana mau beli tepung malah marketing dari merek tepungnya yang nelpon. Aku maunya beli sedikit buat konsumsi sendiri :D. Please advice. Thank you.

    ReplyDelete
  6. Harga tepungnya hrapa mbak..

    ReplyDelete
  7. Mba diah , beli tepung acine dimana kah? Cara belinya bagaimana? Trims

    ReplyDelete