Saturday, August 29, 2015

Tahu Isi Sayuran Ekonomis


Kemaren sore sibuk banget..sampai telat masak..sore suami bawa gorengan pinggir jalan. Eh ada *Tahu Isi Sayuran*..salah satu gorengan favoritku. Tahu isi ala kampung aja..yang isi sayur, wortel, kol sama daun bawang yang di tumis dengan bumbu-bumbu. Hemm..lagi laper..berharap makan gorengan hangat yang nikmat. Tapi..ternyata..oh no..rasanya kok *anyep* semua...alias hambar nggak ada rasa. Baik lapisan luar ataupun isiannya. Mana isinya dikit, hihi..duch..kalau aku yang jualan..bakalan nggak tega dech jualan dengan kualitas seperti itu. Tapi memang, nggak satu dua penjual gorengan yang aku coba, dari mulai di pinggir jalan, di pasar, di tempat angkringan..di penjual pecel, dll..cenderung asal jadi aja.

Jadi pengen nulis resep tahu isi yang enak, tapi ekonomis. Beneran lho..nggak perlu pakai ayam..atau macam-macam, isi sayuran aja..udah enak lho. Tahu isi sayuran yang enak..itu harus balance antara gurihnya isian, dan kulit lapisan luarnya..juga harus terasa enak. Ada dua tipe lapisan luar, bisa adonan yang agak kental empuk seperti mendoan, makanya bisa pakai adonan mendoan juga, atau yang kulit tipis kriuk..itu adonan lebih cair dan memakai campuran tepung beras atau tapioka, sehingga hasil lapisan tahu bisa kriuk renyah. Semua enak sich menurutku..asal pas bumbunya..hihi. Tahu isi yang enak..juga jangan pelit isi ya teman-teman..hihi. Isiannya toch cuma sayuran murah meriah..jadi jangan pelit isian gitu lho..hihi. Tahu isi jika isiannya banyak...itu enak banget, perpaduan gurih isian dan tahu, serta di padu adonan kulit luar yang gurih..di makan anget-anget..hemm..enak..tinggal cari cabe rawit ijo dech..di jamin..2 biji..lewat..hihi. Nich Kak Yodha waktu makan sampai keluar semua isinya..hahah. Kalau ini sich tehnik makan Kakak aja yang belum canggih nich..makan tahu isinya..sampai belepotan gitu Kak..hihi. Kayak nenek sedang nyusur..hihi. Makanya kalau di Yogya..tahu isi sayuran itu di sebut juga *Tahu Susur *..karena isiannya yang banyak..seperti *Susur* ( yang biasa buat *nginang..nenek-nenek..)..hihi. Tapi seneng dech..tadi Kakak bilang enak..terus habis 3 biji lebih dech..hihi. Padahal niat awal mau buatin snack buat tukang yang kerja di rumah..akhirnya ganti mendoan dech buat tukang, karena tahu isinya di bawa kabur Kakak ke depan tivi sepiring..haha.


Okey..buat teman-teman yang mau usaha gorengan, yukk..buat gorengan yang benar-benar enak ya buat di jual..nggak harus yang pakai bahan mahal..dengan bahan ekonomis, bisa di buat enak kok..kan capeknya sama aja..tapi jika kita buat lebih enak..pasti akan lebih puas hati, dan pastinya akan bertambah banyak pembeli. Oh iya..membuat tahu isi ini paling cocok, pakai tahu goreng / tahu kulit berkantung, atau jika di sini di sebut tahu pong, sehingga muat banyak isinya..hihi. Atau jika nggak ada..pakai tahu Sumedang juga enak. Jika tahu pon atau tahu Sumedang nggak ada semua, pakai tahu putih biasa yang di belah dua, kemudian isinya di selipkan di antaranya juga bisa. Tapi buat pemula biasanya akan kerepotan waktu mencelup ke adonan, dan bentuknya jadi kurang cantik.  Untuk kulit lapisan kali ini aku tadi pakai adonan Tepung Mendoan yang aku jual..soalnya biar cepat..keburu-buru..tinggal tambah air, beres..hihi. Untuk resep aku tuliskan yang versi renyah dan kriuk ya..kulit lapisannya. Tapi jika mau bisa pakai adonan tepung mendoan juga..di cairkan jangan terlalu kental.


Tahu Isi Sayuran Ekonomis
Bahan : 
10 buah tahu pong / tahu kulit kotak siap pakai, buka salah satu sisinya

Bahan pencelup :
100 gram tepung terigu protein rendah / sedang
2 sendok makan tepung beras
1/2 sendok teh bumbu kaldu bubuk / garam sesuai selera
1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan 

 Cara membuat adonan pencelup : 
Aduk rata dengan air secukupnya, sampai adonan sedang kekentalannya 
Bahan isi :
2 buah wortel, potong korek api
25 gram tauge panjang
5 lembar kol, iris halus
1 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk / garam secukupnya
Gula pasir 1 / 2 sendok teh
1 batang daun bawang dan 1 batang sledri, iris halus
Bumbu halus untuk tumis sayuran :
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah 
1/4 sendok teh merica butiran, 1 sendok teh ebi ( rendam di air panas hingga mekar, tiriskan )

Cara Membuat :
Isi : Panaskan 1 sendok minyak goreng, tumis bumbu halus untuk sayuran hingga harum, masukkan wortel, aduk hingga layu, lalu masukkan sayuran dan bumbu lain. Aduk rata dan masak hingga sayuran layu. Korekasi rasa. Jika sudah pas rasanya, angkat. Dinginkan.
Buka tahu pong dengan pisau satu sisi aja  bagian atas, sehingga membentuk kantong, lalu isi dengan sayuran tumis secukupnya dan rapikan kembali  hingga berbentuk kotak. 
Panaskan minyak. Ambil tahu isi, celup ke dalam bahan pencelup, lalu goreng hingga matang dan kecoklatan.


6 comments :

  1. Ditempatku namanya tahu susur mba Didi... enak banget dimakan anget2. Kadang aku kasih irisan lombok juga isinya. Liat resepnya mba Didi kayanya mantab banged rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo mba..di Yogya juga....soalnya kayak isian susur yang buat nginang nenek2 tuch ya..hahah

      Delete
  2. Mba.Didi, ijin share artikelnya di fanspage aku ya...tq before

    ReplyDelete
  3. Mbak Di kalo ini saya buat dan goreng setengah matang, masukin frezzer kemudian digoreng ke esokan harinya masih bagus ga ya? Soalnya ada kol nya. Trims sebelum nya . Shella-Bogor

    ReplyDelete
  4. wah resep begini yg aku juga mbak.. yg kulitnya gk tebal2 tepungnya, tapi tipis dan agak kriuk.

    ReplyDelete
  5. Sore Mba Diah, saya sudah beberapa kali mencoba resep Mba Diah dari mulai Nasi Uduk, Kentang Mustofa dan lain-lain.. siang ini saat saya comment sedang mecoba resep Pastel sayuran, lumpia semarang dan tahu isi (berdua sama kakak saya) hasilnya hmmmmm yummy... oya, risoles ragoutnya sudah kami coba untuk order Ibu2 Arisan, terimakasih Mba diah, sehat selalu dan jangan berhenti berbagi ilmu ya.. ilmunya bisa jadi rezeki buat kami di Pekanbaru..

    ReplyDelete