Tuesday, August 11, 2015

Soto Seger Mbok Giyem Boyolali ganti Nama / Brand ?



Kemaren mendadak ada acara penting ke Yogya, jadilah sehari ke Yogya kemaren. Jadi mohon maaf ya teman-teman yang order hari Sabtu dan sudah ku konfirm kirim Senin..terpaksa mundur hari ini kirimannya. Karena kemaren acaranya siang..ya udah biar sekalian jalan kemaren aku  niat mampir ke Mbayat, Wedi dulu..kebetulan mau cari properti foto buat buku ketiga nanti..yang pengennya sich bertema etnik gitu foto-fotonya. Jadi sebelum ke Yogya di sempatkan blusukan ke sentra gerabah Mbayat Klaten. Niatnya cuma pengen beli beberapa properti..ujung-ujungnya borong juga..hihi. Biar sekalian jalannya kan jauh dan agak masuk ke pelosok desa tempatnya soalnya. 

Ini dia hasil buruanku di sentra gerabah, Mbayat Klaten..:D


Di daerah Mbayat Klaten nich gerabahnya lebih cantik di banding kasongan Bantul Yogya..karena warna alaminya yang kecoklatan dan lebih halus gerabahnya. Mungkin faktor tanahnya kali ya..yang membuatnya beda. Sayangnya karena lokasinya yang cukup jauh ke pelosok desa dan agak jauh dari jalan utama Klaten, maka kurang populer di banding dengan sentra gerabah Kasongan. Padahal harganya super murah banget..kalau beli di pengrajinnya langsung. Misal..kendi kalau di toko oleh-oleh pasti udah 35 rb ya..kalau di Mbayat langsung cuma 12 rb..piring-piring dan mangkuk cantik cuma berapa ribu gitu..murah banget dech. Pokoknya kalau beli banyak banget tuch..mungkin seharga kalau aku beli satu baju gitu kali ya..hihi. Kalau beli baju kan cuma dapat satu..kalau buat beli properti foto gerabah ini..bisa dapat sebagasi penuh mobil..sampai suamiku mel ngomel tak iye..keberatan mobilnya..hihi. Buat sebagian orang barang-barang seperti ini mungkin nggak ada gunanya, tapi buatku ini sesuatu banget..hihi..karena modal kerja juga.


Sebelum ke Mbayat kita sempat mampir ke soto Seger langganan di Boyolali, Soto Seger Mbok Giyem,..tapi eh sampai sana udah berubah spanduknya..jadi Soto Seger Hj. Fatimah..oh..ada apakah gerangan ? Memang aku sempat cerita-cerita sich sama suami beberapa waktu terakhir ini..kok sekarang soto seger mbok Giyem di mana-mana ada ya..sampai di Ungaran..di semarang dekat rumah pun ada. Tapi pas mencoba yang di daerah Ungaran..kok rasanya memang berbeda. Akhirnya karena penasaran kami mengulik keterangan dari pegawainya. Ternyata oh ternyata..memang terjadi *perpecahan* di antara generasi penerus Soto Segeer ini..hihi. Katanya..Soto Segeer Mbok Giyem itu nggak buka cabang di mana-mana..cuma ada dua cabang, dan semua ada di dekat warung aslinya di Boyolali sana...dengan mengusung nama baru jadi Soto Segeer Hj. Fatimah. Tapi ini kata pegawainya lho..dan juga sesuai dengan yang tertera di warung Soto Segeer yang asli yang Hj. Fatimah ini...sampai di tulis besar-besar di dinding..kalau tidak buka cabang di mana-mana..kecuali di Boyolali. Jadi terjawab sudah rasa penasaranku kemaren-kemaren ya..setelah melihat banyak soto segeer Mbok Giyem warungnya bertebaran ke mana-mana..hihi. Sudah seperti Sop Ayam Klaten Pak Min ya..yang juga bertebaran di setiap daerah ada. Kalau kata ABG sich.."Hatimu seperti Soto Seger Mbok Giyem dan Sop Ayam Pak Min..punya cabang di mana-mana..! " lol..pagi-pagi..error..!


Yang menggelitik buatku adalah..kenapa harus nggak rukun ya..hingga akhirnya sampai harus ganti brand di soto seger aslinya yang di Boyolali..dari nama besar Soto Segeer Mbok Giyem..sekarang jadi ganti namanya menjadi Soto Segeer Hj. Fatimah. Sayang sekali..nama besar Mbok Giyemnya malah di hilangkan..justru yang franschisenya yang malah menyandang nama besar Mbok Giyem. Tak taulah..itu urusan yang punya sekarang ya..hihi..kalau aku cuma sekedar penikmat sotonya aja..jadi walaupun..namanya ganti..aku  akan   tetap mampir ke tempat Soto Segeer Mbok Giyem yang pertama yang warungnya ada di dekat pasar Boyolali yang suasananya khas warung soto ndeso. Aku akan tetap kembali ke sana jika lewat Boyolali..karena aku selalu kangen sate kikilnya yang enak banget..hihi. Duch..kalau nggak ingat  dosa sama tubuh, karena nimbun kolesterol...hihi..kalau di sana bisa cemal cemil sate kikilnya yang empuk dan gurih. Kemaren saking kelaparan karena memang belum sarapan dari Semarang..dan warungnya ramai sekali..malah lupa motret foto sotonya pakai kamera beneran..untung dech sempat motret pakai tab..jadi buat yang belum pernah ke sana..ya kira-kira seperti ini soto Seger khas Boyolali teman-teman. Walau sebenernya rasanya nggak jauh beda sich..sama soto sedep di dekat di Karangrejo Banyumanik, yang punya juga asli Boyolali. Tapi kadang  rindu juga suasana khas soto Segeer Mbok Giyem yang khas..yang di meja penuh lauk pauk..hihi..dan yang paling aku rindukan adalah sate kikilnya..hihi.







25 comments :

  1. Saya pernah nyoba yg di ungaran mba... yg enak cuman sate kikilnya aja, rasa sotonya justru kurang berkesan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kalau yang di Soto Segeer asli Boyolalinya sana..sate kikilnya lebih mak nyuss lagi mba Gita..hihi..soale aku yo pernah nyoba yang Ungaran..:D

      Delete
  2. Wah gerabahe kliatane emang halus dan mengkilat, baGuuss mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..daerah tanahnya yang bikin beda..:D

      Delete
  3. padahal pembeli biasanya mengingat nama yang awal ya mbak

    ReplyDelete
  4. akyu juga suka banget ngiras di situ mbak...sotonya sih biasa saja menurutku...tapi lawuhannya yang sak umbruk di meja2nya itu lho yang bikin nggak nahan...iya bener mbak, kalo gak ingat umur pasti udah disikat semua tu bangsanya sate rempelo ati, otak goreng, babat...hehehehe.....oya mbak, sekali2 liput juga dong "Soto Sawah" di daerah Colomadu, warung soto ndeso di pinggir sawah yg mejanya juga penuh lelawuhan spt soto seger hj Fatimah ini..pokoke unik mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba..variasi lauknya yang bikin kangen..sama suasananya..:D

      Delete
  5. Ya ampun mba Diah...itu gerabahnya cantik2 banget. Mumpung ketemu barang bagus ya mba..sayang kalau ga diborong, suami ngomelpun pura2 ngga didenger deh. Kita emak2 dimana-mana kok ya sama yo mba..hihi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo Mba..mur mer banget lho..mknya aku borong..hihi

      Delete
  6. ya ampun mbaak. ituu kecee banget gerabah-gerabahnya. jadi pengen ikutan mborong. kalau sentra yang jual keranjang rotan dimana ya mbak? hehe. maaf niih malah oot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh mba..ayukk...borong..Rotan di Cirebon ya mba :)

      Delete
  7. mabk diah kalo di bukittinggi hanya ada gerabah satu model dg beberapa varian ukuran. sebagian masyarat di sini mengunakan gerabah untuk memasak "Asam Padeh Gajeboh"...klo sy di berikan ALLAH kesempatan jalan2 ke mbayat klaten sy juga mo borong mbak....hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..jadi pengen masak juga mba nanti ku cari resepnya ya....mumpung punya byk gerabah..hihi

      Delete
  8. Selamat malam, salam kenal nih kak.. mampir ya, blognya bagus banget nih templatenya, isinya juga keren-keren, penuh info penting dan bermutu, keep posting ya kaka ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Adik Manis,...terimakasih ya..udah mampir..tapi next time kalau komen di blog pakai nick name nama sebenernya ya..yang sopan gitu atau nama samaran juga boleh..jika masih pakai nama *aneh2* begitu terpaksa ku hapus ya komennya..lain kali..mohon maaf,...:)

      Delete
  9. enaaaak
    tp kok menurutku smua soto solo mpir mirip ya rasanya
    jadi susah membedakan merk2 legendaris ama yg bukan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mba..merasakan setelah di campur kecap sama sambel ya, apalagi tambah sate..dll ya..:D..coba..jk makan soto..cicipi dulu kuah aslinya tanpa tambahan apa2..pasti akan terasa beda..satu sama lain rasanya..:D

      Delete
  10. Gerabahnya bagus2 bgt mba..jadi pgn mampir ke sentra gerabahnya :) jauh g tempatnya dari jogja?

    ReplyDelete
  11. Mba minta alamat gerabahnya dunk dimana

    ReplyDelete
  12. Mba minta alamat gerabahnya dunk dimana

    ReplyDelete
  13. Mbak yu minta alamat atau telp tempat gerabah nya bisa ? Naksir mbak ....pengen juga beli ...heheheh .

    ReplyDelete
  14. Yg di jl. pandanaran jg cabang aslinya mba...lumayan lbh besar daya tampung d parkirnya....

    ReplyDelete
  15. MAKASIH MBAK UDAH BERBAGI CERITA SENANG BACA NYA .......

    ReplyDelete