Wednesday, August 19, 2015

Sambal Bawang Ebi



Hari ini rada bad mood sedikit, jadi perlu makan makanan yang membangkitkan semangat....hihi. Apa itu..?...Sudah pasti sambal..yang puedess. Untung di dapur ada cabai rawit galak atau cabai rawit merah cukup banyak..jadi..mari buat sambal bawang aja..yang pedasnya nampol...! Di jamin dech lupa yang lain-lain..yang di ingat bakalan hanya nasi hangat yang ngepul aja..hihi.

Biar lebih enak dan sedep..kali ini aku buat sambal bawang ebi. Ebi..tau kan..teman-teman. Udang yang di kupas, terus di keringkan. Nah..ebi ini selain enak buat bikin kuah cuko empek-empek..enak juga buat campuran aneka masak dan juga sambel bawang ini. Pilih ebi yang warna kemerahan natural ya teman-teman..warna udang. Karena beberapa kali aku lihat juga ada yang jual itu berwarna merah genjreng ..serem dech. Pilh juga yang nggak keras, walau kering, ebi yang baik tetap bisa di patahkan...nggak terlalu keras dan kaku. Kalau yang pakai formalin itu keras banget kayak batu..di rendam air panasnya pun tetep nggak mau empuk dan ngembang ebinya. Jadi..waspadalah..ya teman-teman..kalau belanja hasil laut kering. Tapi jika memngandung formalin, rasa ebi juga berbeda kok.

Agar ebi empuk..rendam dulu di air panas hinggak mekar, baru di olah. Jika mau  praktis, kita bisa juga menyimpan ebi dalam bentuk bubuk. Sangrai terlebih dahulu ebi hingga benar-benar kering di api kecil, lalu dinginkan. Haluskan dengan blender kering, simpan di wadah tertutup dan taruh kulkas, tinggal di tabur dech ke kuah empek-empek atau untuk aneka masakan lain. Jadi..membuat penyedap rasa alami sendiri di rumah..mudah kan..ya dari ebi ini..sudah bisa menyedapkan semua masakan. Kalau di dapurku sich selalu ada stock ebi..udah masuk daftar bumbu wajib ada.

Oke..kali ini kita buat sambal bawang ebi dulu ya. Takaran cabai bisa di sesuaikan dengan level pedas yang di sukai ya teman-teman.

Sambal Bawang Ebi

Bahan :
200 gram cabai rawit, goreng sebentar
100 gram bawang merah, potong-potong, goreng sebentar
50 gram bawang putih, potong-potong, goreng sebentar
50 gramn ebi
1 sendok teh terasi
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
Minyak untuk menumis secukupnya

Cara membuat :
Halsukan semua bahan sambal
Panaskan minyak secukupnya, tumis sambal hingga meresap
Koreksi rasa, simpan di toples jika sudah dingin, tutup rapat dan simpan di kulkas untuk stock sambal seminggu..^^


Oke..yuk..mari makan..siapin piring masing-masing ya..lauknya..silahkan pilih nich..mau yang mana ?..:D


4 comments :

  1. ternyata ebi pun bisa mengandung formalin ya mbak, aku pikir aman

    ReplyDelete
  2. Mba Didi, makasih ya resepnya. Saya selalu sedia ebi juga soalnya. Saya suka bikin sambal kecap ebi khas Solo untuk teman masakan berkuah kaldu bening seperti sop atau soto.

    ReplyDelete
  3. Mba Didi, makasih ya resepnya. Saya selalu sedia ebi juga soalnya. Saya suka bikin sambal kecap ebi khas Solo untuk teman masakan berkuah kaldu bening seperti sop atau soto.

    ReplyDelete