Monday, August 24, 2015

Talam Tako Hungkwe Jagung



Happy Monday...! ^^

Sudah siap beraktifitas lagi di hari Senin yang cerah ini teman-teman..sipp..selamat berkarya ya..^^
Mau cemilan murah..meriah..dan unik..untuk keluarga atau snack arisan dll,..yukk..buat talam tako teman-teman. Talam tako ini aslinya dessert khas Thailand, terbuat dari hungkwe dan di beri pewarna ekstrak pandan, jadi bawah hijau..atas putih dua layer. Nah..di Indonesia juga banyak berkembang ya talam seperti ini. Dan bisa di variasikan jadi aneka macam talam. Ada juga talam dari tepung beras dan tapioka, dll..banyak variasinya. Selama wadahnya tako..masih sah-sah saja ya..di sebut talam tako..hihi. 

Untuk membuat tako..sudah pernah aku share ya step by step di SINI. Jadi tinggal kita buat adonan kuenya ya sekarang. Aku pilih yang paling simple aja..dari tepung hungkwe..jadi intinya ini adalah adonan tepung hungkwe seperti adonan  cantik manis, tapi di tambah jagung, jadi bawahnya kuning, atas adonan putih yang legit dan gurih polos warna putih. Rasanya tentu saja mak nyess..gurih adonan hungkwe yang memakai santan polos aja udah enak..apalagi tambah jagung manis yang beneran membuat tambah kaya rasa.

Untuk jagungnya di kukus dulu ya..karena masak hungkwe tuch cuma sebentar saja..jadi kalau nggak di kukus dulu takutnya belum matang. Untuk variasinya bisa juga di kasih nangka atau pisang juga lapisan bawahnya..suka-suka saja dech rasanya. Oke..selamat mencoba ya teman-teman jika suka..aku mau kejar packing dulu yang haru segera kirim sore..:D

Talam Tako Hungkwe Jagung

Bahan Lapisan Bawah :
50 gram  tepung hunkwe
500 ml santan
100 gram gula pasir
2 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam
1 buah jagung manis pipil, kukus hingga matang 

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan kecuali jagung, masak di atas api sedang hingga meletup-letup dan kental, masukkan jagung, aduk rata.
Tunggu agak dingin, tuang ke cetakan talam tako hingga 3/4 tinggi cetakan

Bahan lapisan atas  :
15 gram tepung hungkwe
250 ml santan sedang
1 sendok makan gula pasir
1/8 sendok teh garam
 Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan. masak hingga meletup-letup, tuang ke atas adonan hungkwe jagung hingga rata, hias dengan kismis jika suka, dinginkan.
Sajikan dingin lebih nikmat





6 comments :

  1. sepertinya gurih manis gt ya mbak rasanya ? misal utk adonan yg pakai jagung santannya dikurangi apa pengaruh ke rasa jg ? kayaknya banyak bgt klo 1 butir kelapa santannya. suwun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas mba santan..aku suka kental..kadang pakai kara sebungkus..itu kan tulisannya dr satu butir kelapa ya..hihi

      Delete
  2. ini enak banget mbak,biasanya dibungkus pake plastik gitu..ini jadinya cantik bangettt..

    ReplyDelete
  3. Satu resep jd berapa buah ya , mbak ?

    ReplyDelete
  4. Halo Mbak Didi, maaf, saya mau tanya. Hungkwe itu apa ya? Semacam bahan kue?
    Kalau untuk talam ini bisakah kita menggunakan gula merah atau gula jawa untuk mengganti gula pasir? Tentunya dengan takaran yang sama hehe Terima kasih :D

    ReplyDelete
  5. Maaf...kalau santan sedang yang bagamaina?????

    ReplyDelete