Google Ad

Thursday, August 20, 2015

Nugget Tempe


Beberapa teman sering menanyakan resep nugget tempe..kok nggak ada di web...padahal resep nugget lain seperti nugget ayam, tahu, daging, makaroni, dll komplet sudah pernah ku posting. Memang  belum pernah posting sich teman-teman resep nugget tempenya. Bukan apa-apa..tapi karena memang aku kurang suka sama tekture tempe kukus yang di haluskan..terus di jadikan adonan...hihi. Jadi aku lebih suka tempe dalam adonan jika di buat steak atau burger..seperti yang resep ada dalam buku perdanaku..62 RESEP MASAKAN LEZAT. Karena kalau di resep steak tempe..tempe aku goreng, dan nggak aku haluskan banget..jadi malah enak masih terasa tekture tempenya. Beda sama nugget yang tempenya harus di kukus dan di haluskan. Nah mumpung ingat lagi ngomongin buku..aku mau kasih pengumuman dulu..buku masakan udah ada stock lagi, tapi cuma dikit..cuma tinggal 60 buku..ini aja hasil merayu penerbitku untuk cariin stock di toko-toko buku kecil yang kiranya lama laku..lebih baik di kirim ke aku..karena ada beberapa teman yang pesan yang belum kebagian. Jadi mohon buat teman-teman yang serius order kemaren dan belum kebagian segera sms aku ya di 089654712500, siap cepat dia dapat ya..soalnya habis itu beneran..habis..di penerbitku atau di distributor..udah nggak ada stock lagi. Aku cek juga ke toko buku Gramedia Semarang juga sudah habis kemaren-kemaren..alhamdulillah.

Baiklah..walaupun aku kurang suka tempe di buat nugget..tetap aku posting buat teman-teman yang request resepnya ya. Semoga bermanfaat. Tadi aku buat perbandingan tempe sama ayam sama, jika mau lebih gurih..tempe nya dikit aja kali ya..haha. Tapi judulnya nanti bukan nugget tempe..tapi nugget ayam. Tapi buat anak-anak ya tetep suka lah ya..malah nggak tau kan..kalau nuggetnya pakai tempe..karena udah di haluskan sama ayam.

Untuk membuat nugget tempe ini..siapkan dulu bahan-bahannya ya teman-teman :

200 gram tempe, kukus
200 gram daging ayam
1 butir telur
2 lembar roti tawar, rendam dalam 100 ml air / susu
1 buah bawang bombay ukuran kecil
1 batang daun bawang
1 sendok teh kaldu ayam 1 sendok teh garam
1 1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan susu bubuk


Oke..bahan-bahan udah siap..kita mulai yukk..masak nugget nya ^^

Pertama haluskan bumbu-bumbu dulu ya : 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih. Bawang bombay di cincang halus, lalu tumis bumbu hingga matang.

Masukkan daging ayam ke dalam food processor, proses hingga agak halus ( tingkat kehalusan sesuai selera )


 Proses juga tempe dengan food processor hingga halus.


Udah , tinggal di campur aja semua bahan dan bumbu hingga rata. Koreksi rasa dulu ya..dengan cara ambil sedikit adonan, lalu di goreng dan di cicipin hingga pas rasanya sesuai selera.


Selanjutnya adonan nugget tinggal di cetak sesuai selera. Aku suka cetak pakai cetakan seperti ini..jadi nggak repot-repot motong udah cantik bentuknya. Aku pakai cetakan silikon ini ya teman-teman..jadi aman di kukus. Jika nggak ada cetakan, tuang di loyang yang di oles minyak, lalu kukus sekitar 30 menit hingga matang. dinginkan, baru potong-potong sesuai selera.
 



Setelah dingin, baru kita proses lapis ya nuggetnya teman-teman.

Bahan Pelapis :
50 gram tepung terigu
1 butir  telur
150 gram tepung panir orange. 

Note : Aku pakai tepung orange jualanku..haha..promo dikit ahh..tepung panir orange ini..enak kriuk lho jika buat nugget atau pelapis snack lain. Warnanya juga cantik..alami nggak terlalu genjreng, serta di buat dari bahan roti berkualitas dan kering tepungnya sehingga lebih awet nggak mudah apek. Kayak gini nich tepung panir yang aku jual teman-teman. Sapa tau kan..ada teman-teman yang susah cari tepung panir yang khusus nugget...^^


Step 1, lumuri dengan tepung terigu hingga rata.


 Step 2, celup ke kocokan telur.


Step 3, gulingkan ke tepung panir orange hingga rata. Siap di goreng dech..atau mau buat stock di freezer, simpan di wadah tertutup ya.


 
 Nugget yang sudah di goreng..siap buat sajian cemilan atau lauk anak-anak..^^


18 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mbak dii , kalau mau pesan tepungnya gimana caranya ?

    ReplyDelete
  3. mbak di,, kremesnya sukses buat enak makan ayam goreng, gak perlu beli ayam goreng kremes di luar lg haha,,

    mbak di bukunya masih gak mba? aku mau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..alhamdulillah jika suka..tepung kremesnya. Buku masih mba....sms ya :)

      Delete
  4. bikin ah, idenya boleh juga mbak. dari luar gak kelihatan terbuat dari tempe nuggetnya

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah,puck dicinta ulam tiba,ada tempé di kulkas menanti ide.Sy pakai tepung panir biasa( krn jauh ya,ongkir jatuhnya lbh mahal dr tepung panirnya).Mbk Diah,apa fungsi susu bubuk di resep ini?bs di skip?Trims mbk postingnya.( Salam dr Omi van Obien).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bun..met cb ya..:) bs pk panir biasa kok..:D

      Delete
  6. waaaah pastinya sehat ya mbak kalau nuggetnya terbuat dari tempe :D apalagi kalau bikin sendiri pasti tanpa bahan pengawet makin mantep tuh buat keluarga :)

    ReplyDelete
  7. Hai mbak, salam kenal ya.. aku baru nyobain ini resep nugget tempenya, step by step tapi kok jadinya lembek ya mbak. Memang kalo sudah di panir tekstur luarnya keras tp dalemnya lembek gitu.. kenapa ya mbk? Apa ada penambahan tepung di adonan?

    -dice-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga jadinya lembek banget setelah dikukus. Ayamnya saya ganti daging giling. Sedih bgt saya...

      Delete
  8. Mbk Diah,Alhamdulillah ,resepnya sy revisie sdkit,ayam diganti wortel serut kasar.Sesdh dipanir,sy masukkan ke dlm freezer,digoreng mendadak seperlunya.Terimakasih Mbk yg sdh 'berkorban'posting resep ini walaupun Mbk kurang suka tempe msk nugget.(Salam dr Omi van Obien).

    ReplyDelete
  9. belum coba resepnya tapi saya suka tampilan webnya .. cantik...insya allah berikutnya saya akan coba resepnya .. makasih

    ReplyDelete
  10. mbak , food processornya itu merk apa ya

    ReplyDelete
  11. Klo baca resepnya mb Diah selalu menarik...cap cus coba resepnya nih

    ReplyDelete
  12. Klo baca resepnya mb Diah selalu menarik...cap cus coba resepnya nih

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel