Tuesday, August 25, 2015

Tahu Bakso Balut Tempura & Tempura Buncis


Huhu..mengapa jam cepat berlalu ya teman-teman...kalau sedang sibuk..:D

Tadi tuch asyik packing dari Subuh, mengurus Yodha berangkat sekolah..terus packing lagi..wis nggak ingat apa-apa..sampai jam 10 an tadi para tukang yang kerja di atas kehausan.." Bu..ada minum ?..Oh my god..!  Sampai lupa kasih minum dan snack buat tukang yang kerja. Padahal hari begitu panasnya ya teman-teman akhir-akhir ini..haus terus. Akhirnya aku buatin minum dulu..terus aku sempatkan buat snack. Untung pas Budhe sayur datang..ada tahu bakso siap pakai yang lumayan enak..walau dari pasar.

Mau di goreng di balut telur, kok biasa banget ya..tahu bakso, akhirnya..nengok ada stock tepung tempura yang sudah aku buka..aku balut aja pakai tepung tempura...tahu baksonya...hemm,..enak banget..luarnya renyah..gurih, dalamnya gurih juga tahu baksonya. Enak dech beneran teman-teman..hihi. Aku kok jadi kepikiran buat tahu isi sayur atau tahu mercon, terus tepung lapisan luarnya pakai tepung tempura ini..pasti enak juga. Jadi, tepung tempura ala Jepang yang aku jual ini..nggak cuma buat tempura udaang ala Jepang kok teman-teman..buat aneka olahan tempura lain juga bisa.

Tepung tempura yang aku jual, rasanya memang agak tawar, karena di sesuaikan dengan original ala tempura Jepang asli. Jadi buat lidah Jowoku yang suka gurih, tetep aku tambah sendiri bumbu seperti garam atau kaldu bubuk, bawang putih bubuk dan merica bubuk..rasanya jadi enak banget dech. Lebih gurih dan pas..buat citarasa Indonesia..hihi. 

Tepung tempura ini juga ekonomis..satu adonan selain buat udang, bisa buat aneka tempura sayur juga lho teman-teman. Tadi aku buat sisa adonan, aku cemplungin buncis yang aku potong-potong panjang. Ya ampun..enak banget ternyata..! Lebih enak dari tempura brokoli. Aku sampai kaget sendiri..hihi..ternyata buncis jika di goreng itu keluar ya..rasa manisnya teman-teman. Tipsnya..pakai buncis yang segar dan agak muda ya, terus di celup ke adonan tepung tempura, lalu goreng..dan cicipi dech..rasanya amazing..! Enak banget. Tips menggoreng dengan tepung tempura ini, minyak harus benar-benar di panaskan dulu ya teman-teman agar hasilnya langsung mengembang dan kriuk. Kuncinya selain itu juga adonan tempura itu harus pakai air dingin. Jadi adonan dingin, ketemu minyak panas, jadi dech terbentuk lapisan luar gorengan yang kriuk dan tahan lama hingga dingin masih lumayan kriuk.

Kemaren di page juga ada teman yang nge tag..dia buat adonan tempura ini untuk membuat tempura jagung manis, jadi kayak bakwan jagung gitu..kata teman juga enak banget hasilnya. Wah..seneng dech bisa banyak berkreasi dengan aneka olahan tepung tempura ini. Teman-teman yang udah beli tepung tempura, jika ada ide lain di share ya..agar bermanfaat buat teman-teman lain..jadi nggak hanya untuk tempura udang saja..untuk aneka bahan lain juga enak. Besok aku mau coba buat tempura ubi ah...pasti enak juga, hihi.

Oke..ini sekedar tips ya..buat teman-teman yang di rumah masih ada stock tepung tempura yang beli dariku..moga bermanfaat..yang belum punya..beli atuch..! hihi..Sms aja ke 089654712500 ya...jik amau order. Nggak mahal kok..bisa di pakai berkali-kali 1 kg tempura..karena adonan kan agak encer..jadi lebih irit. Dan yang jelas, praktisnya itu lho..setia saat dadakan anak atau keluarga minta sajian tempura ala Jepang..atau tempura ala Indonesia ( ala aku )..siap dech..nggak perlu ke restoran Jepang..mahal..hihi. Rasanya sama enaknya kok..! ^^

Oke...aku belum masak menu-menu baru ya teman-teman..dapur atas masih di renov lagi..banyak debu..jadi nggak foto-foto di atas..:). Dapur sich udah ready sebenernya..tapi ini kok renovasi merembet ke ruangan lain di atas..hihi. Jadi ceritanya..Yodha minta pindah kamar ke kamar atas, katanya di bawah banyak tepung..hihi. Ya gimana ya Kak..kalau Mami packing di atas sendiri lembur packing hingga malam-malam gitu ya takut juga..hihi..akhirnya tepung-tepung pindah bawah lagi. Oke..semoga cepat kelar dech renovasi lantai atas, biar segera bisa foto-foto step by step lagi ya teman-teman..waktu masak menu-menu baru. Jika udah ready..nanti berkreasi lagi dech segera. Ini tadi aja masak di bawah seperti biasa dan cepat-cepat di foto ala kadarnya..hihi.


Ini tempura buncis yang ajaib..enak banget..karena citarasa buncisnya jadi manis..dan gurih..suka dech aku.


6 comments :

  1. Tahu baakkssoooo.... jadi inget waktu kuliah di UNNES.. tahu bakso yg di Ungaran enak banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mak..pusat bakso ya..di Ungaran..:)

      Delete
  2. Jadi banyak iklan yg comen ya mbaa hahahha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...dah bersih mba..biasanya *satpam*nya waspada..di masukin spam..kadang suka terlewat...:D

      Delete