Tuesday, January 31, 2012

Bothok Mlanding

Duch..kangen bikin bothok..tapi kok ya gak sempat kepasar..hujan terus. Untuk membuat bothok harus pakai kelapa muda yang pas..*gemothok*..gitu istilahnya..tidak muda banget, tapi ya jangan terlalu tua, jadi musti hunting sendiri ke pasar nggak bisa nitip tukang sayur seperti bahan bahan lain. Bothok ini enak banget , apalagi di buat pedas..hemm...pakai nasi putih aja sudah enak. Kalau tidak ada teri nasi, bisa di ganti udang kecil kecil, enak juga itu..posting aja dulu resepnya ya..ntar kalau sudah beli kelapa baru bikin dan buat foto yang bagus..yang ini foto lama sich..jd kurang ok..gak pa pa lah..cuma nunjukin..ini lho foto bothok..^^


Bothok Mlanding

bahan-bahan/bumbu-bumbu :
300 gram kelapa muda parut kasar
15 gram mlanding (petai cina)
10 gram daun melinjo, diiris kasar
50 gram teri nasi, dicuci bersih
1 buah cabe hijau besar, potong potong
1 lembar daun salam, dipotong – potong
4 lembar daun pisang untuk membungkus

bumbu halus:
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabai merah keriting
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir / gula merah

Cara Pengolahan :
  1. Campur kelapa parut, bumbu halus, dan daun salam. Aduk rata.
  2. Tambahkan mlanding, daun melinjo, dan teri nasi. Aduk rata.
  3. Ambil selembar daun pisang. Beri adonan kelapa. Bungkus tum. Semat dengan lidi.
  4. Kukus 40 menit dengan api sedang sampai matang.

4 comments :

  1. Haii mbak diah :) Mau tanya, teri nasinya yg segar atau teri nasi asin ya mbak? Tengkyuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. teri yang jgn terllau asin ya Mba..:)

      Delete
  2. Kl pake rebon enak gak mbak? Digoreng dl ya rebonnya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah di goreng mba..di cuci bersih aja..:)

      Delete