Monday, January 9, 2012

Cap Cay Kampung

Kalau ini...makanan favoritku dan yodha...makanan khas Yogya..biasa di masak pas ada hajatan gitu..atau bisa di cari di pasar2 tradisional..biasanya bersanding dengan mie kuning....Cap Jahe..aka Cap cay kampung...bahannya kekian palsu yang terbuat dari terigu..^_^...
Makanan yang sederhana..nggak ada gizinya ya..karena cuma tepung aja...tapi suer..enak banget..hihi..kalau di Semarang kekian ndeso ini buat campuran cap cay sayur , mie goreng atau nasi goreng ala abang2 Mie Dhok dhok yang suka keliling tuch..enak juga..^^
Bahan :
200 Gram tepung terigu yang biasa aja ( pretein rendah ), jangan yang protein tinggi ya..nanti alot kekiannya..hehe
250 ml air,atau secukupnya utk bikin adonan, spt adonan bakwan, tp kosong gak pakai isi sayuran

Kalau mau empuk kekiannya..pakai 1 atau 2 butir telur..tapi aku suka yang versi ndeso aja..yang nggak pake telur..agak keras sich..tapi malah enak..soalnya nanti pas di masak..akan menyerap bumbu dan cairan ..jadi empuk dan enak dech..^^

Bumbu kekian :
1 siung bawang putih
2 sdk teh kaldu bubuk,atau garam

Pelengkap:

Wortel,potong bulat tipis
Kol/kobis ,potong kasar
daun bawang 2 btg,potong kasar juga
Daun sledri dan bawang goreng utk taburan

Bumbu Cap Cay :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
Merica butiran,5 butir
Telur 1 butir
bumbu kaldu/garam secukupnya,gula pasir sdkt / kecap manis

Cara memasak :

Campur adonan kekiannya,terigu,air, udang halus dan bumbu halus,sampai adonan kental spt bakwan,cukup di aduk pakai sendok..jangan di uleni.goreng sesendok demi sendok ke minyak panas,sampai adonan habis..

Setelah dingin potong2 kcl memanjang atau sesuai selera

Haluskan bawang putih,merica,kemiri,tumis hingga matang dan harum,masukkan sayuran,aduk sampai layu, tambahkan sdkt air,beri bumbu kaldu/garam, gula pasir sdkt,stlh itu masukkan kekian palsu..Aduk sampai bumbu meresap dan kering.Sajikan dengan taburan bawang nerah goreng dan irisan sledri..di makan hangat 2 dengan sambal tomat..atau pk cabe rawit juga enak..hehe..

4 comments :

  1. Kalau saya pake sambel rawit kemiri mbak.. gak tau namanya apa.. hehehe.. spt yg dipakai simbok2 di pasar. Sambel yg cair itu loh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya Mba Monica..enak juga ya..kapan2 tak cobanya..aku selalu ake sambal tomat aja biasanya..:)

      Delete
  2. Mbak diah didi...kalo sy pengen bikin kekian ndeso tp yg dikukus dulu, resepnya apa aja ya?

    ReplyDelete
  3. Mbak diah didi...kalo sy pengen bikin kekian ndeso tp yg dikukus dulu, resepnya apa aja ya?

    ReplyDelete