Saturday, January 7, 2012

Mie Ayam Bikinan Sendiri............

Mie ayam ini menu favorit Papanya Yodha....tapi yang bikin sendiri lho..jadi lebih enak dan bersih. Ayam yang di gunakan lebih suka bagian balungan atau Iganya ayam..jadi lebih gurih dan pas di masak semur..keluar minyak ayamnya..jadi itulah kunci agar mie ayam jadi gurih kayak yang di jual si Abang2 di pinggir jalan gitu

Mienya sich bisa pakai mie apa aja..mie basah khusus mie ayam yang bisa di beli di pasar2 atau mie kering yang di rebus..asal bumbunya enak..ya bakalan tetep enak dech mie ayamnya..^_^..

Toping ayamnya di masak semur, kuah nya pakai kuah kaldu ayam yang di bumbuin bawang putih, jahe dan merica.
Pangsitnya..bikin sendiri juga lho...hehehe..gampang ternyata..gak erlu gilingan mie juga bisa..cukup di gilas2 pakai rooling pin , menipiskannya gampang banget. Resep pakai resepnya Chef Budi Sutomo.

Rasanya..lebih enak donk..daripada mie ayam yang di jual di pinggir jalan..yang jelas..semua bahan terjamin kualitasnya..soalnya serem juga ya..kalau liat di berita ada mie ayam yang pakai ayam tiren..hehehe..

Ini dia resep komplitnya ya :
 
Resep Mie Ayam Ala Aku
Bahan : Mie telur kering / mie basah secukupnya
Sawi hijau
Daun bawang
Bawang goreng
Bahan tumisan ayam :
250 gram daging ayam,usahakan yang banyak lemak / kulit/ bagian dada belakang ayam/ iga ayam, bagian ini kalau di masak akan keluar minyak ayamnya, minyak ayam inilah yang bikin khas Mie ayam ala Abang2..tapi kalau gak suka yang daging ayam biasa.( Cuma minyak ayamnya jadi kurang )
Bumbu tumisan :
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 2 siung
Kemiri 3 butir
Merica secukupnya
Jahe geprek
Garam,gula pasir  sedikit, merica sedikit
Kecap manis
Cara membuat tumisan ayam :
Tumis bumbu halus dan jahe geprek sampai harum, masukkan ayam,aduk sampai berubah warna, tuangi air, masak terus sampai ayam matang dan air mengering dan keluar minyak ayamnya. Ambil daging a yam dan sisihkan minyaknya..
Bumbu kuah mie ayam:
Bawang putih geprek
Kaldu ayam 1 liter
Garam / bumbu kaldu rasa ayam, merica dan sedikit gula pasir
Cara membuat :
Tumis bawang putih geprek dengan minyak ayam yang di sisihkan tadi, sampai harum, masukkan air kaldu, tambahkan bumbu2 dan  masak sampai mendidih.
Cara penyajian, tata mie, tambahkan sayur sawi jihau dan daun bawang yang di iris kecil2,bawang goring dan tumisan ayam.Siram dengan kuah kaldu. Sajikan hangat.

Pangsitnya juga bikin sendiri lho,ini resepnya :
 375 g tepung terigu
1 sdt garam
150 cc air panas mendidih
80 cc air biasa
1/2 bks kaldu bubuk(di resep asli ga pake)
2 siung bawang halus(sy tambahin sendiri)
minyak goreng

campur tepung terigu dg air panas carup2 masukkan garam n bumbu2 tambahkan air biasa uleni sampe kalis diamkan lk 40 menit giling tipis dg cetakan pustry or pke gilasan kayu potong2 n goreng dlm minyak banyak api kecil
(source : blog nya budi)

7 comments :

  1. Hallo Mbak Di..:) weekend gini pengen bikin mie ayam, cari-cari resepnya eh ternyata ada di blog mbak di:) mau tanya, untuk bikin minyak ayamnya itu, ayamnya di rebus dulu apa tidak? atau ayam utuh yg sdh dicuci di potong2 baru ditumis sama bumbu sampai berminyak? jika tidak di rebus dulu, berarti kuah kaldu ayamnya dari ayam yg baru lagi ya? untuk bikin minyak ayam dan kaldu, butuh air berapa banyak? terimakasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh ok ok seep thank you Mbak Di:)

      Delete
    2. ya Mba..sama2..Minyak ayam...bisa di buat tersendiri Mba Intan..resepnya ada ..ayam bisa di rebus dulu..buat kaldu..terus dagingnya di angkat dan di potong2 kecil2..di tumis buat tumisannya. Eh..resep yang terbaru mie ayam jug aada lho mba..beberapa minggu kmrn aku posting..

      Delete
  2. mbak..dibahan bumbu tumisan untuk ayam,ada ditulis kecap.tapi di bagian cara masaknya..kecapnya belum ditulis sama mbak..apa kecapnya masuk dlm tumisan ayam atau itu hanya pelengkap mbak?

    ReplyDelete
  3. Di tambahin ke ayam nya mba Shyswy...jadi kayak ayam kecap gitu lho Mba..:)

    ReplyDelete
  4. ma kasih mbak didi,aku cari-cari resep milung (mie balungan/ mie dengan tulang ) kok nggak ada, eeeee buka2 internet ternyata ada postingan dari mbak Didi, sejaki lagi thx.

    ReplyDelete
  5. ma kasih mbak didi,aku cari-cari resep milung (mie balungan/ mie dengan tulang ) kok nggak ada, eeeee buka2 internet ternyata ada postingan dari mbak Didi, sejaki lagi thx.

    ReplyDelete