Tuesday, January 31, 2012

Bakpia Telo

 
Di yogya udah marak ya bakpia Telo yang isinya bukan kacang hijau , melainkan telo atau ubi manis yang di kukus tekturenya mirip sich kayak kacang hijau..cuma ya lebih enak kacang hijau..tapi so far..bakpia telo ini juga unik dan tak kalah enak rasanya..apalagi di tambah keju..jadi gurih dech.
Membuatnya memang cukup ribet ya untuk pemula, padahal sebenarnya tidak susah kok, cuma perlu sedikit telaten. Tetapi hasilnya memuaskan kok, kulitnya sudah mirip dengan bakpia pathuk, tidak renyah seperti resep pia yang udah ku coba dulu, kalau mau isi kumbu kacang hijau seperti biasa juga bisa. Mau coba..ini dia resepnya , jika mau coba yang versi isi kacang hijau..klik di postinganku di sini ya ............

Bakpia Telo / Ubi Keju


Bahan lapisan pertama :
• Tepung terigu protein sedang 125 gram
• Tepung terigu protein tinggi 65 gram
• Gula pasir 2 sendok makan
• Garam 1/2 sendok teh
• Air kurang lebih 100 ml
• Minyak sayur 200 ml (kira2 50 ml untuk adonana,sisanya untuk merendam )


Resep Bahan Lapisan ke 2 kulit bakpia  : 


• Tepung terigu protein sedang 65 gram
• Minyak sayur 25 ml
• Margarin 1/2 sendok makan



Bahan isi:
• Ubi manis putih 250 gram, kukus dan haluskan.( pilih ubi putih yang kesat dan tidak berair )
• Gula halus 3 sendok makan
• Margarin 2 sendok makan
• Susu bubuk 2 sendok makan
• Keju chedar parut 100 gram



Cara membuat isi : Campur semua bahan jadi satu,taruh di loyang panggang 5 menit untuk membuatnya kesat.Bentuk bulat bulat.
 


Cara Membuat Kulit Bakpia  :
1. Bahan lapisan kedua : campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan.
2. Panaskan air, masukkan gula. Aduk hingga rata dan gula larut. Campur terigu dan garam. Tuangi air larutan gula lalu uleni hingga rata.
3. Tuang minyak sayur , uleni hingga adonan kalis.
4. Ambiladonan seberat kurang lebih 5 gram. Tipiskan adonan, ambil sedikit adonan lapisan Ratakan pada permukaan adonan secara merata.
5. Lipat seperti amplop lalu satukan ujung-ujungnya ( bulatkan ).
6. Masukkan bulatan adonan dalam sisa minyak, diamkan selama 15 menit.
7. Pipihkan adonan sampai agak tipis, isi dengan adonan isi. Betuk bulat pipih.
8. Panggang dalam oven suhu 200 C sampai matang kurang lebih 15 menit.

37 comments :

  1. Salam kenal mbak...
    Aku nggak sengaja cari resep pia telo ketemu blog mbak. Eeeeh lihat bakpia pathuk ini ngiler banget soalnya kayaknya kulitnya lembut dan nggak hancur kalo dimakan. Aku udah pernah bikin dulu lihat resep bakpia pathuk di Majalah Sedap, hasilnya enak berlapis lapis tapi khas pia yanng renyah gitu. Sedangkan aku cari bakpia yang kulitnya lembut...

    Makasih udah sharing resepnya ya mbak. Resep resepnya kereeeeen ^^

    ReplyDelete
  2. Salam Kenal juga Mba Hesti..Makasih udah mampir..Wah sama Mba..Sy dulu juga sering coba macem2 rsep..hasilnya kayak pia renyah..yang ini..iya yang ini udah mirip2 sama bakpia Yogya..walau belum sempurna..hehe..silahkan coba Mba..siapa tahu hasilnya lebih bagus dari punya Saya..karena Sy baru pertama ini juga bikin yang pakai di rendam minyak..itu bedanya ya..sama pia pia yang renyah gitu..Saya pernah liat cara buat bakpia Yogya memang di rendam minyak dulu adonan kulitnya supaya lembab..^^

    ReplyDelete
  3. Makasiiih banyak tipsnya mbak. Resepnya udah kubookmarked tinggal cari waktunya aja, hehe...

    ReplyDelete
  4. MBak, saya mau praktek tp ada yg saya masih bingung. Kan di resep minyaknya 200ml. NAh yang dituang ke dalam adonan itu berapa dan disisakan berapa ml buat rendamannya mbak??

    ReplyDelete
  5. Di kira kira saja Mba Hesti..tuang sedikit demi sedikit samai adonan kalis, nah sisanya buat merendam .Jika kurang bisa di tambah jumlah minyak untuk merendamnya..ya maklum..resepnya gak ada ukuran pas gt..dari hasil liat di TV pas proses pembuatan bakpia di Yogya yang lagi di liput media gitu..^^

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Selamat mencoba Mas..^^,..mksh udah mampir.

      Delete
  7. Bakpianya enak banget mba...aq dh coba resepnya n berhasil! :-)
    Suamiku sukaa banget, malah dapet orderan hehehe...padahal baru pertama kali bikin
    Thanks dh share ilmunya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah Mba Zusanty...kalau berguna resepnya..semoga bisa jadi usaha sampingan ya..ayo..Semangat..^_^

      Delete
  8. wah, baru aja kemarin ke bakpao telo di lawang. Nyobain bakpia telonya. Tapi pia yg model malang yg kulitnya kering, dgn isian telo ungu. Lumayan sih. Tapi lbh enak pia Mangkok khas malang hehe

    ReplyDelete
  9. Hai Bu Sri..mksh udah mampir sini ya..kalau ini kulit bakpianya sama kayak bakpia Yogya itu kok Bu..nggak kering..jadi enak..apalagi kalau isiannya telonya pake keju..wah ..udah mirip
    kumbu kacang hijau kok gurihnya..^_^

    ReplyDelete
  10. mba, air + gula untuk bahan kulit harus dalam keadaan panas atau didinginkan dulu sebelum dituang ke dalam tepung terigu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dinginkan dulu ya..kalau panas2 nanti bisa bantat adonannya..^^

      Delete
  11. Hai mba, salam kenal ya...aku udh coba resep bakpianya mba, kata suamiku enak, hehe...aku jg suka nih lihat resepnya mba yg lain, bahan2nya ga susah dicari tapi lihat fotonya aja udh bikin ngiler, hehe.....ntar klo udh aku cobain resep2 yg lain aku cerita lg deh mba, makasih udh bagi2 ilmu ya :) Salam, lisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lisa..salam kenal juga ya...Alhamdulillah kalau sukses bikin bakpianya..dan suami juga suka...capeknya ilang ya..kalau masak di sukai keluarga..Sipp Mba..selamat mencoba resep2 yang lain..di tunggu cerita serunya..kalau ada kesulitan komen aja di bawah resepnya..ya..^^

      Delete
  12. Lam kenal mbak,, q aida di jatim,maaf neeh q pengen nyoba bikin sprt resep mbak diah ne tp q masih bingung dengan cr nyatuin lapisan pertama ma yg kedua.ap ditumpukin aj trus di kasik isian gt kah??? Mksh infonya. Mhn di jwb ya thaxs bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Aida..adonan lapisan di taruh di atas adonan pertama ya..bisa di ratakan saja..lalu di lipat seperti bentuk amplop..sampai tertutup dan tidak keluar ya adonan lapisannya. Setelah itu..di giling..lalu di lipat lagi..seterusnya..nanti coba kpn2 tak buat foto2 step by stepnya ya Mba..biar jelas..:)

      Delete
    2. Oh gt mbk, kykny q dah agak ngerti...
      Insyallah hr ne q dan tante q mo nyoba neeh tp pake telo ungu+kcang ijo sm kan resepnya y mbak??

      Delete
    3. Iya Mba..syukurlah..selamat mencoba.iya..resepnya sama beda isian saja..kalau mau liat isiannya..di sini resepnya yang kacang hijau :http://www.diahdidi.com/2012/12/yukk-bikin-bakpia-pathuk-khas-yogya.html

      Delete
  13. salam kenal mb diah ,,
    maaf y mb, sy mw latihan buat bakpia ni
    tp caranya thu klo tepung yg d pilih itu berprotein tinggi n berprotein sedang gmn y? biasanya klo beli d toko2 itu nyebut merknya ,...
    mhn penjelasan y mb, mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..Yana..salam kenal juga ya..untuk macam2 tepung dan fungsinya serta penjelasan lengkapnya..liat di sini ya..http://www.diahdidi.com/2013/05/aneka-jenis-tepung-terigu-dan-fungsinya.html

      Atau cari lewat tombol search di paling kanan atas , tulis kata kuncinya : aneka jenis tepung terigu dan fungsinya..Semoga membantu ya..^^

      Delete
  14. aduh ngangenin banget bapia dr jogya....aku mau coba, makasih resepnya mba,......mantab

    ReplyDelete
  15. makasih mbak resepnya, sudah aku praktekkan, enaaaaakkkkkkkkkkkk...... aku bener-bener suka sama teksturnya yang lembut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Eva..sama2 ya..syukurlah jika sesuai selera..:)

      Delete
  16. Salam kenal mbak. Saya jadi tertarik buat nyoba resepnya. To saya blm punya oven nih... Kira-kira klo dipanggang di Teflon bisa ga mbak? Makasih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..salam kenal juga..Bisa kok..di pangggang pakai teflon..tapi yang agak tebal ya..biar nggak cepat gosong..:)

      Delete
  17. Makasih mbak Dinah... jd semangat nyobanya :)

    ReplyDelete
  18. pas sekali...sy sedang mencari resep bakpia, walaupun sy tinggal d jogja tp sungkan kalau tanya langsung sama penjualnya ehehhe,. trimakasih mba diah...akan saya coba... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..silahkan di coba ya..:)

      Delete
    2. sampun mba....dan hasilnya uueenaak...kulit nya pas,.teman2 pd suka,. *karena tak ada oven td sy pakai teflon hehe,. makasih mba diah resepnya...

      Delete
    3. SIppp Mba..syukurlah jika sukses ya..:)..dan hasilnya pada di sukai..:)

      Delete
  19. Mba didi, saya sudah mepraktekkannya. Rasanya enak.Cuman yang jadi kendala saya , karena adonan yang berminyak, jd ketika mengisi dengan isian, menutup adonan dan membentuk menjadi bulat pipih saya kesusahan. Hasilnya tidak bagus untuk bagian bawahnya. Gimana triknya supaya bagian bawahnya tetap cantik mba.terima kasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba..coba di diamkan sebentar dulu sampai minyaknya agak terserap mba..jadi gampang di bentuk2 mba..:)

      Delete
  20. Maaf mbak mau tanya,knpa yha kalau adonan saya dicampur dgn minyak trus kulit akan berubah warna menjadi hijau?
    Terimakasih sbelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..seharusnya sich nggak berubah warna pak..:)

      Delete
  21. Mbk saya yeni . Mksudnya direndam diminyak itu cuma dicelupin apa direndam trus sampe 15 menit

    ReplyDelete