Google Ad

Wednesday, May 31, 2017

Risoles Singkong


Kemaren aku punya sedikit stok Singkong, aku buat Risoles Singkong aja. Dulu pernah buat, tapi bentuk segitiga. Sekarang aku buat bentuk Risoles biasa, lebih cantik bentuknya. rasanya juga enak lho..unik..khas singkong luarnya dan gurih bagian dalamnya. Enak pokoknya...!


Membuat kulitnya juga mudah, nggak perlu di dadar, tapi di uapi air mendidih, hingga matang dan transparan, lalau di lepas hingga jadi lembaran tipis berbentuk bulat, Sperti kalau membuat kerupuk Opak itu lho teman-teman. Kalau Kerupuk Opak kan di jemur, lalu di goreng. Kalau ini, langsung di isi dengan Ragout Ayam, di celup telur dan di lumurui Tepung panko, jadi lebih cantik Risolnya.

Rasanya lembut enak khas Singkong. Isian bisa juga Daging sapi dan sayuran lain...atau jika mau isi manis, bisa di isi enten2..enak juga...ah nnati mau coba ah, di isi enten-enten sama Nangka, pasti legit enak..hihi. Usahakan membuat kulitnya agak tipis ya, agar tidak terlalu tebal kulitnya. Ratakan tipis-tipis di tutup panci atau piring blek, lalu letakkan di atas panci yang berisi air mendidih.

Kalau aku pakai Wajan kewalik..hihi. Jadi aku ratakan singkong parut di atas wajan kewalik, lalu aku uapi dengan air mendidih di panci yang seukuran atau lebih besar...jadi lebih cantik hasil kulit risolnya..sama besar dan rata. Oh ya..yang mau dapat wajan kewalik gratis, masih bisa lho ikutan #giveawaydiahdidi atau mau pesan langsung juga..ready stok..banyak...hihi..sms atau wa aja ke 089654612500. Oh ya untuk Sutil Donat Insyaallah segera ready lagi dalam beberapa hari. Yang kemaren-kemaren belum kebagian Sutil donat segera wa ya...karena ini salah satu best seller jualanku yang cepat habis juga...hihi.

Oke..langsung saja ini dia resepnya ya....:)
Risoles Singkong

Bahan kulit :
500 gram singkong, kupas, parut
1/2 sendok teh garam

Aduk rata singkong dan garam, ratakan tipis-tipis di bagan belakang piring alumunium atau tutup panci..lalu tutupkan ke air mendidih. Angkat kulit dengan spatula. Lakukan hingga adonan habis.

Bahan isi :
150 gram ayam rebus, potong-potong kecil
2 buah wortel rebus sebentar, iris dadu kecil.
Terigu 2 sendok makan
Air 50 ml
1/2 buah bawang bombay
1 siung bawang putih , haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan  gula pasir ( sesuai selera ) , 1/8 sendok teh pala bubuk, 1 batang sledri, cincang
Garam dan kaldu ayam bubuk sesuai selera jika suka

Cara membuat isi :
Tumis bawang bombay, bawang putih sampai harum dan matang, masukkan tepung terigu, aduk hingga bergerindil, masukkan air dan bahan2 lain. Aduk rata dan masak hingga meresap dan kering. Koreksi rasa..bahan isian risoles yang enak..harus terasa gurih dan sedikit manis. Dinginkan.

Penyelesaian :
Ambil satu kulit risoles singkong, bagi dua isi dengan adonan isi secukupnya..bentuk seperti risol biasa. Celup ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir. Goreng hingga kuning kecoklatan dan matang. Sajikan dengan cabai rawit.


2 comments :

  1. Wow, what an interesting and delicious. Easy and quick recipe. Good option for snack box to kids. Thanks you. How you can prepare it easily?Before you start planning an essay, you must have a quick think about how you want to do it,and how can you write on the specified subject you take.We must ensure that what resources will you need.The internet, or library books? I think its better to use custom essay writing services to complete your essays works easily.They were providing better and effective details for you to make your essay perfect.

    ReplyDelete
  2. Yuk mampir ke blog saya, disana juga banyak resep-resep enak lho
    https://resepmantan.blogspot.com/

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel