Thursday, October 23, 2014

Soto Mie


Kemaren habis  bikin risol bihun..beneran lanjut buat soto mie sore harinya. dari dulu penasaran sich memang pengen coba soto mie sendiri di rumah. Nah..pas kebetulan lagi ada risol bihun..jadi harus di coba juga bikin soto mie ini. Soto mie ini adalah makanan khas Bogor ya teman2..kalau nggak salah. Kalau dari analisaku sich ini kuah soto daging biasa.Tapi isinya pakai mie gitu sebagai isian utama, dan yang jadi ciri khasnya adalah risol bihun yang di potong2..di campur ke dalam soto mienya. Walau menurutku agak nabrak2 ya..kalau di campur ke kuah risolnya..tapi enak dan unik juga..hihi. Secara baru pertama ini lho aku makan soto mie. Yodha..juga doyan..berarti enak..^^

Dari berbagai resep yang bertebaran..ada bermacam2 versi soto mie..ada yang bening, ada yang kuahnya kuning kayak soto biasa, ada juga yang kemerahan pakai cabai.
Ada yang juga yang nampak kental..bahasa Jawanya..*mlekoh*..gitu. Halah..bahasaku..*mlekoh*..itu bahasa Indonesia nya apa ya teman2..hihi..maafkan ya jika bahasaku kadang nggak sesuai eyd..hihi. Jadi kira2 begini..mlekoh itu kuahnya keliatan kental dan berbumbu gitu..jadi menggoda iman dech untuk dicicip. Nah..pas buat soto mie ini..aku ikut aliran yang kuah kental ini..karena pakai bumbu komplet dan banyak bumbunya. Bumbu yang memebuat kuahnya keliatan kental ini , karena pakai kemiri. Ada juga sich tapi resep soto mie yang nggak pake kemiri..semua kembali ke selera masing2 saja ya teman2..jika mau coba. Kalau aku sich suka yang pakai kemiri..lebih gurih dan mantap rasanya.

Daging yang di pakai untuk soto mie ini paling enak ya daging tetelan yang berlemak..jadi lebih gurih. Tetelannya di buat kaldu dulu dengan di rebus agak lama hingga empuk. Oh ya..aslinya soto mie ini paling enak pakai mie basah yang di jual di pasar2 gitu lho teman yang warnanya kuning. Wah..memang enak itu di buat aneka olahan mie tradisional  Indonesia. Rasanya..otentik tradisional gitu memang kalau pakai mie pasar itu. Tapi karena aku belum ke pasar kemaren ya akhirnya aku pakai mie telur kering biasa,..hihi. Dan inilah soto mie ala aku ya teman2..dengan bumbu2 dasar  pakem ala Soto mie Bogor..tapi takaran bumbu sesuai seleraku..selamat mencoba ya jika suka..^^
Soto Mie

Bahan :
100 gram mie kuning kering, rebus hingga matang
250 gram daging tetelan sapi, rebus dengan 1500 ml air dengan api kecil hingga empuk, sisihkan kaldunya 1L
2 batang daun bawang, iris halus
3 lembar kol, iris halus
2 buah tomat, potong kasar
2 buah kentang, potong2 goreng
Risol bihun 3 buah
Bawang merah secukupnya
Kerupuk / emping melinjo secukupnya
Sambal rawit secukupnya
Kecap secukupnya
Jeruk nipis secukupnya

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
5 cabai merah, buang bijinya
5 butir kemiri
4 siung bawang putih
1 cm kunyit
1/4 sendok teh merica butiran

Bumbu tambahan :
2 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 batang sereh, geprek
Kaldu sapi 1/2 sendok teh
Garam dan gula secvukupnya

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dna matang, masukkan bumbu2 tambahan, air kaldu dan bumbu2 lain. Masak hingga bumbu meresap, koreksi rasa.
Susun mie, risol bihun dan pelengkap lain ke dalam mangkuk, tuangi kuah soto.
Sajikan hangat dengan sambal dan kecap.

18 comments :

  1. Duh mba bikin pakai ayam enak kali ya... seumur2 punya suami orang bogor aku justru belum pernah makan soto mie lho mba,,, harus coba nih ntar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.......enak aja pasti ya....apalagi ayam kampung..jadi ya soto mie ayam kampung..hihi

      Delete
    2. Tapi sama lho mba..aku se umur2 ya baru kali ini makan soto mie..hahaha..dr dulu mau nyoba ragu2 di sini ad ayang jual. ternyata nggak se aneh ya ku kira mba..enak juga...:D

      Delete
    3. Siipp mba, besok aku rencananya mau eksekusi, resep dasar ini cuma mau tak ganti ayam,,, semoga enaaaaak soalnya itu segeeeer banget ngeliatnya, dan harus bikin risol bihun dulu nih :)

      Delete
  2. Replies
    1. Iya mba......kapan2 tak cobanya pakai kikil..:)

      Delete
  3. Wah ini kesukaanku mbak... kalau di Jakarta blm nemuin soto mie bogor yg enak. Di tempat kerjaku yg dulu ada bapak2 sdh tua banget jualan keliling & jualannya bersih, dan menurutku itu yg paling enak... kuahnya mlekoh dan sarat bumbu seperti yg mbak Diah bilang. Rasanya nendang banget deh. Biar nemu yg enak mungkin harus cari di bogornya langsung kali ya.... atau bikin sendiri pake resepnya mbak Di lebih oke kayanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kita memang satu selera mba..selera ndeso yang mlekoh2 kuahnya ya..:) soalnya ada mienya tuch lho mba..menurutku kuahnya musti berbumbu..jadi ketika di campur semua..masih terasa gurihnya..:)

      Delete
  4. Kalo aku suka yg kuahnya bening mb diah... Tambah kikil makan pake perasan jeruk nipis hehe... Langsung ngiler.. Btw kalo mau pesen bubuk cabe gmn caranya mb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..:)

      Email aja di bundadidi@gmail.com ya mba..atau inbox via fb..Tq

      Delete
  5. Soto mie bogor setau saya pakemnya itu dikucurin jeruk limo mba, duh segeeer bener.
    Kalo di Jakarta, yg enak itu di Mayestik, murmer cuma Rp 13rb,dagingnya banyak,tempatnya bersih dan pastinya makyuzz :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Ida..itu ada jeruk limo banyak di piring kecil di belakang soto nya..hihi..lagi panen mba aku di kebun blkg banyak banget jeruk limo..:)

      Delete
  6. terima kasih resepnya, saya penggemar soto mie, tapi ngga ngerti bedanya soto mie bogor dan soto mie biasa, lumayan jadi bisa bikin sendiri buat dirumah....

    ReplyDelete
  7. Mbak, 1 resep ini bisa untuk berapa porsi kira2?

    ReplyDelete
  8. Mantap resep soto mie nya mbak, saya jadi lapar dibuatnya,,hehe
    mohon izin untuk dijadikan ext link di kompas wisata ya mbak..trims

    ReplyDelete