Thursday, October 9, 2014

Mangut Terong & Iwak Pe Asap Cabe Hijau


Ini adalah menu padat gizi..hihi..sekali masak..sekalian lauk dan sayurnya teman2..biar menghemat waktu. tapi rasanya..enak bingits lho. Karena..terong..sangat cocok di padu ikan asap..atau iwak pe kalau di semarang sini terkenalnya. Bisa juga pakai ikan asap lain, seperti ikan pari asap..tongkol asap dll. Rasa kuahnya pedes seger..soalnya aku pakai cabe hijau keriting yang memang  nendang pedasnya. Di makan sama nasi anget gitu ..udah enak banget dech..nggak perlu lauk lain..paling nambah kerupuk aja..hihi.

Suami paling suka menu2 mangut, dan sayur bersantan pedas gini. Mangut ikan asap suka..sayur terong juga suka..jadilah di gabung saja jadi satu..hihi. Tapi beneran enak lho teman2..aroma khas ikan asap..berpadu dengan lembut dan manis terong hijau..ya klop aja gitu. Biar makin gurih..aku tambah ebi juga bumbunya. Jadi makin sipp. Oh ya untuk sayur mangut ini..kalau pakai cabe hijau, aku lebih suka di iris2 aja semua bumbunya..kalau pakai cabe merah, baru di ulek. jadi memang warnanya pucat..tapi rasanya nendang   lho pedas dan gurih   bumbu2nya teman2..jadi jangan kawatir..buat yang suka pedas..ini nampol pedasnya dech. Tapi buat teman2 yang nggak suka pedas..pakai cabe hijau yang teropong aja ya..itu kan soft pedasnya..malah nggak pedas blas kadang2 ya..hihi.

Untuk memasak mangut yang enak..pakai api kecil dan biarkan bumbu2 meresap  di ikan asapnya. Terong, karena mudah menyerap bumbu dan mudah empuk, masukkan di saat terakhir saja ketika hampir matang. Masak sebentar aja hingga empuk terongnya. Hemm..yummy dech..menu hemat..dan enak..^^
Mangut Iwak Pe & Terong Cabe Hijau

Bahan :
5 potong iwak pe asap atau ikan asap lain
1 buah terong hijau besar, potong2 kotak atau sesuai selera
20 buah cabae hijau keriting
8 butir bawang merah, iri stipis
5 siung bwang putih, iris tipis
2 cm kencur, haluskan
1/2 sendok makan ebi, rendam air panas, biarkan utuh
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
kaldu ayam 1/2 sendok teh
Garam secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai selera )
800 ml  santan sedang

Cara membuat :
Tumis bawang emrah, bawang putih hingga matang dan harum, masukkan ebio, cabe hijau, aduk hingga cabai layu., Masukkan santan dan bumbu2 lain. Biarkan mendidih, masukkan iwak pe, kecilkan api, masak dengan api kecil sambil sesekali di aduk hingga meresap dan kuah agak menyusut. Masukkan terong, masak lagi hingga terong layu. Koreksi rasa. Sajikan.

4 comments :

  1. Slruuuuppp..... wuih enak tuh mbak. Ternyata klop juga ya mbak dicampur terong...?

    ReplyDelete
  2. Maaf mbk, saya mau tanya akun fb mbak nmanya siapa ya???
    mkasih sblumnya �� .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba..itu di samping kanan blog ini....ada simbol fb mba..tggl di klik aja nanti kelura akun fb ku langsung..:)

      Delete