Friday, October 10, 2014

Tempe Crispy


Tak ada ayam.....tempe pun enak di goreng crispy teman2..hihi. Mungkin warga di rumahku pada protes..haa..crispy lagi..hihi. Lha gimana..kan sering uji coba tepung crispy yang aku jual. Untuk kontrol hasil dan kualitas..jadi sebelum di jual ya aku coba dulu kan setiap datang tepung baru. Ya,.namanya juga tepung crispynya homemade teman2..buatan ukm aja..yang biasa nyetor tepung crispy buat resto2 ayam crispy di sini..bukan buatan pabrik..jadi kalau habis stock ku..baru aku minta di buatin baru..jadi biar  selalu baru gitu stocknya. Nah..jadi kan aku selalu harus kontrol kualitas kerenyahannya dll..ya pasti aku selalu minta kemasan kecil buat uji coba..dan hasilnya..di rumah..pada protes terlalu sering ketemu yang crispy2 hihi. Lha enak lho padahal..hihi..akhirnya kadang2 kalau uji coba ya tak bagi2 aja..^^

Nah kali ini aku coba lagi tepung crispy yang baru datang lagi stocknya kemaren nich yang rasa garam dan rempah aja..jadi..buat teman2 yang request tepung crispy non msg..non kaldu ayam bubuk, selalu ada nich..kan tinggal nge mix aja..hihi..di produsennya. Terbuat dari tepung terigu bog*****  kemasan..plus tepung beras dan rempah2 bubuk kayak merica dan bawang putih bubuk aja...plus baking powder..sebagai bahan perenyah sedikit. Jadi ndak pake pengawet atau tambahan bahan aneh2 lain..ya cuma tepung mix aja dengan komposisi campuran tepung yang pas sehingga hasilnya bisa renyah, keriting dan awet kriuk lho hingga dingin ber jam2 masih crispy lapisan tepungnya. Nah..kalau masalah bumbu..agar bisa masuk ke semua selera..aku memang request nggak terlalu asin tepungnya teman2..ke produsennya. Jadi misal yang suka asin..kan bisa di tambah sendiri garamnya...daripada udah keasinan kan nggak bisa di kurangi ya..hihi. Kalau aku sendiri sich..karena terbiasa gurih ya tetep suka yang pakai perasa ayam..hihi. tapi demi memenuhi request teman2..yang perlu tepung crispy yang non msg, non kaldu bubuk..jadi cuma bumbu garam dan rempah aja..ya oke lah..aku buatkan khusus..jadi ready ya..jika mau di pesan..walau dari kemaren yang udah banyak yang pesan juga sich..hihi..cuma launching resminya yang tepung crispy tanpa msg dan tanpa kaldu bubuk ya ini nich..hasil kerenyahan, keriting dan tekturenya..seperti di foto ya teman2. Jadi yang aku suka dari tepung crispy ini ya hasilnya yang bener2 renyah kriuk tapi nggak keras. Nggak mudah memang bikin campuran tepung yang hasilnya bisa kres renyah..gitu. Di pasaran mungkin banyak ya..tepung2 crispi gini..tapi cari yang tanpa penyedap dll kan jarang ya..jadi ..semoga bisa membantu buat teman2 ya..yang butuh tepung crispi tanpa msg dan tanpa kaldu bubuk. 

Jadi udah jelas kan ya teman2.bahwa tepung krispi ini ndak pakai msg atau pun kaldu bubuk..cuma garam dan rempah2 bubukk aja bumbunya..jadi...moga2 gak ada  yang tanya gini lagi : "Itu pakai penyedap nggak ya tepungnya ?"..hihihi......udah jelas2 di terangin detail ya..teman2 tercinta. Tapi buat teman2 yang suka gurih..ada juga kok tersedia tepung crispy beda lagi yang pakai perasa ayam sedikit buat tambahan bumbunya.

Dan hari ini aku buat tempe crispy pakai tepung ini ya.hasilnya ya kayak di foto ini nich..terus tadi masih ada sedikit adonan..aku buat aja bawang bombai crispy..jadi..mari kita ber crispy crispy ria hari ini..hihi.
Tempe Crispy

Bahan :
1 papan tempe, potong tipis2 melebar
100 gram tepung crispy, campur dengan air secukupnya kira2 100 ml, aduk rata hingga jadi adonan yang kental sedang.
150 gram tepung crispy kering untuk pelapis

Cara membuat :
Celupkan potongan tempe ke adonan tepung basah, angkat sambil di tiriskan kelebihan adonan tepungnya. Gulingkan ke tepung crispy kering sambil di cubit2 hingga keriting hasilnya. Ketok2 kan agar sisa2 tepung yang nggak nempel jatuh kembali, biar hasilnay bisa keriting cantik.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang dan renyah lapisan tepungnya.
Sajikan.




9 comments :

  1. Mbaa, berapaan? inbox harga ke FB ku yaaa

    ReplyDelete
  2. Brpan hrgnya Mba Diah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ja pri ya mba..bisa email aku di bundadidi@gmail.com atau inbox di fb ya.:)

      Delete
    2. brp harga nya mbk,,pke ongkir gk ke kalimantan? :)

      Delete
    3. email daku aja ya mba di bundadidi@gmail.com atau tinggalkan no hp ya..:)

      Delete
  3. Mba diah.... baru sekali ini mampir di blogmu.... asyik2 deh isinyaa... minta info harga tepung crispynya mb....plus tepung tiwulnyaaa....dan yg unik2...☺... tengkyu before mbaa

    ReplyDelete
  4. mba diah klo pesan slain di fb bisa gak? di WA ? pengen nyoba tepung nya. masih ada ga? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isi contact form di samping web ini atau email di bundadidi@gmail.com ya mba :)

      Delete