Saturday, October 11, 2014

Tela Tela Kres...Cemilan Dari Singkong Bergaya Modern yang Benar2 Kres Rasanya



Jam segini..baru selesai dech semua kerjaan..hihi..barusan kirim paket2 ke JNE, sampai rumah buka2 email lagi..dan bersih2 file komputer karena udah sering dapat warning kalau file di komputerku terlalu penuh..kebanyakan file2 foto..dll..hihi. Kebetulan Yodha juga lagi asyik sama papinya itu di depan tivi..ko kecapekan tadi sore habis berenang lama..jadi masih bisa lembur begadang lagi ngerjain yang lain ini..mumpung besok kan dia masih libur. kalau Yodha sekolah ..malah ndak berani kerja sampai malam lembur , karena takut kesiangan bangun nyiapin sarapan dll, keperluan Yodha sekolah..hihi. Nah pas lagi bersih2 file foto..aku kok jadi ingat dulu itu pernah meliput usaha Tela Tela..pas beberpa waktu lalu ada acara ke Yogya. Lha kok lupa posting..hihi. Dasar dech..kebanyakan jualan sampai lupa posting tentang wisata kuliner..posting profil2 pengusaha kuliner yang sukses dan terkenal..dll kayak dulu2 selain resep2 ya...hihi. Tela Tela ini sebenernya udah lama sich ya ngetop nya..hihi..telat bingit ya liputannya teman2..ndak pa2 dech..mumpung liputannya kan spesial ini..ketemu dan berkunjung, serta belajar langsung dengan pemilik usaha tersebut yaitu Bapak Eko Yulianto. Dulu..pas lagi booming2nya Tela Tela ini aku malah pindahan ke Semarang..ya jadilah cuma sering baca2 dan denger2 aja tentang Tela Tela ini ya..karena memang di Semarang atas tempatku tinggal belum banyak yang jual...atau yang buka franchise nya.

Baiklah..aku akan coba lagi dengan posting aneka postingan liputan usaha kuliner kayak dulu2  ya teman2..di tunggu. nah.kali ini mumpung ingat nich aku mau posting tentang usaha pengolahan singkong jadi cemilan renyah..tela kres..atau di kenal dengan brand Tela Tela..dari Yogya. Udah lama sich ya usaha ini terkenal..buktinya..kata Bpak Eko Yulianto, pemilik usaha Tela Tela ini bercerita bahwa udah punya ribuan franchise di seluruh Indonesia..hebat ya...! Dan beruntungnya daku..waktu itu sempat berkunjung ke rumah beliau di Yogya...dan ngobrol2 tentang bisnis beliau ini. ramah sekali lho teman2..bapak Eko ini..dan aku di perbolehkan untuk melihat cara pembuatan tela tela kres ini secara langsung. Seneng dech dapat ilmu baru. Walau aku udah sering sich bikin olahan singkong kres seperti ini di rumah..tapi setelah berguru langsung pada ahlinya..jadi tambah ilmu dech. Terimakasih Bapak Eko..atas ilmunya ya.

Setelah makan Tela Tela ini waktu itu juga lah Yodha jadi  mau makan cemilan dari singkong ini teman2..hihi..biasanya..kalau di suruh makan olahan dari singkong..waw..ya langsung kabur dia.." aku alergi singkong.." katanya..hihi. Tapi setelah tau rasa dan kerenyahan tela tela kres ini dia jadi suka...karena pas berkunjung ke Tela Tela ini langsung di gorengin anget2 gitu Yodha suka banget dech cemal cemil..padahal dulu sebelum makan tela tela ini ya sering aku bikin singkong renyah gitu lho di rumah..tapi dia ya ndak mau makan..hihi. Setelah mencicipi Tela Tela ini baru mau makan singkong goreng..hihi. Ya mungkin karena kemasannya juga lucu gitu dengan eneka bumbu tabur ya gurih ya pasti anak2 suka ya..termasuk Yodha..yang mengira kalau itu adalah kentang goreng..^^


Salah satu bukti nyata ya teman2..kesuksesan usaha di bidang kuliner..nggak perlu harus membuat aneka makanan yang mewah2 atau aneh2..cukup memanfaatkan potensi lokal  saja.tinggal bagaimana cara kita mengolah dan berkreasi dengan bahan2 lokal tersebut sehingga menghasilkan produk kuliner baru yang bisa menjadi icon atau trend kuliner baru yang banyak di sukai konsumen. Kayak Tela Tela ini ide dasarnya kan ya simple saja ya teman2..gimana mengolah singkong yang murah meriah jadi cemilan yang lebih berkelas..jadi kayak french fries gitu..jadi singkong goreng stick yang renyah dan empuk..dengan aneka taburan bumbu perasa aneka macam yang menjadikan cemilan ini semakin enak dan di sukai konsumen. Jadi..singkong pun bisa naik kelas kok teman2..bisa jadi *singkong fries*..hihi..aduch ngarang bingits ! hihi..yo wis..biar keren dikit..*cassava fries* gitu kali ya..alah..wagu juga..yo wis..jadi *Tela Tela kres..! Nah..itu baru pas..hihi...soalnya ya memang itu lah nama yang udah melekat dan terkenal dari olahan singkong goreng yang kres dan renyah ini. Ini sebagian foto yang aku buat waktu berkunjung ke kantor dan tempat produksi dari Tela Tela Yogya ini. Selain tela tela kres ini juga di produksi aneka olahan  makanan modern berbahan singkong..seperti nugget singkong..dll. salut dech atas kreatifitas dan kegigihan usaha Bapak Eko ini.






Oke..semoga jadi sedikit membuka wawasan kita ya teman2..bahwa usaha di bidang kuliner itu sangatlah luas kesempatannya..tinggal kita2 mau berusaha dan bekerja keras tidak untuk memulai usaha tersebut.  Yuk..mari semangat berwirausaha ya teman2..Fighting..! ^^

5 comments :

  1. Wah ...bs jd produk export ya mba DD. Di jepun singkong fresh sekilonya sekitar 100 rb rupiah. Kl ada ini bs jd alternative yg bgs. BTW produk ini dlm bentuk freezer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wua..aku mau mba..ekspor ke sana..hihi...di sini murah bingit singkong..:D

      Delete
  2. Mba DD...tela2 ini dlm bentuk freezer?kl mudik pingin bw ke jpn juga sekalian buat oleh2.

    ReplyDelete
  3. kalo dingin. apa tidak keras nanti. kalo di goreng?


    maaf juragan numpang link.
    http://www.detexsi.com/2014/03/cara-membuat-singkong-tela-tela-berbumbu_16.html

    ReplyDelete