Sunday, October 12, 2014

Mie Goreng Lethek Jowo


Pagi2 rencana mau ke pasar..dan pengen masak macam2 gitu mumpung hari minggu..buat Yodha..eh   lha kok pada kesiangan bangun semua..hihi. Akhirnya ke pasar udah jam 9, tetep belanja bahan2 buat stock lauk di freezer, tapi habis itu ya jajan aja..makan sop ayam pak Min buat sarapan. Sampai rumah..liat rumah kayak kapal pecah , karena art ku hari Minggu kan libur..yo wis lah..terpaksa turun tangan sendiri beres2 rumah. Yodha dan papinya kabur main ke rumah Eyangnya..waw,..curang..pada gak mau bantu bersih2 rumah. Yo wis ra po po..yang penting rumah bersih dan rapi lagi. Tapi..lho kok tau2 udah denger adzan dhuhur..wah..udah jam maksi tho..lha belum masak apa2..hihi. Akhirnya..masak cepat menu yang super cepat dan simple aja. Kebetulan dari Yogya kemaren kan bawa Mie lethek..mie khas Bantul Yogya yang terbuat dari tapioka dan campuran tepung gaplek. Hihi..gaplek maning ya teman2..enak lho gaplek ini di olah jadi beragam makanan sebenernya. Jadilah aku tadi bikin mie lethek goreng jawa aja. Biarpun sederhana..tapi rasanya enak bingits..soalnya mie nya ini spesial teman2..yaitu pakai mie lethek. wah..tau gitu beli banyak kemaren mie letheknya pas ke Yogya.

Waktu itu pas ke salah satu pasar tradisional di Yogya liat mie lethek banyak..aku ingat dulu pernah beli yang agak kecil2 tuch rada susah ngolahnya..karena cepat lengket2 jika terlalu matang. Aakhirnya aku coba mie lethek yang agak besar merk lain. Wah..ternyata lebih enak yang ini. Nggak ngumpal2..dan tekturenya enak banget..kenyil2 pas..lembut. Mie lethek..adalah mie khas Bantul Yogya teman2..mienya terbuat dari campuran tepung gaplek.jadi warnanya buram..buthek alias lethek..hihi. Lethek dalam bahasa jawa itu artinya kusam..nggak bersih. Ya memang penampilan mie nya ya kusam lethek gitu..tapi rasanya.juara dech. Salah satu mie favoritku ini. Jangan bayangkan rasa bihun jagung atau bihun beras ya teman2..karena rasa mie lethek ini sangatlah berbeda..lebih unik, karena rasanya kenyil kenyil..tapi lembut. Nich.bisa jadi ide usaha juga nich..sesuatu yang unik dan nyleneh biasanya cepat menarik perhatian kan teman2..misal..bikin warung mie goreng lethek..gitu..pasti unik dech. Cuma yang memang bahan utamanya..mie lethek ini musti impor dari Yogya dech.


Untuk mengolah mie lethek  itu mudah..asalkan merebus mie keringnya jangan kelamaan ya..kalau kelamaan nanti bisa mengumpal dan nggak berbentuk mie lagi..karena lengket dan saling menempel mienya. rebus sebentar saja di air mendidih sampai lemas, lalu tirikan dan biarkan mengembang dengan sendirinya hingga dingin, baru dech siap di olah mienya. Dulu aku pernah masak mie lethek juga tapi versi ndeso yang rasanya tawar gurih aja..ndak pake kecap,  telur atau tambahan bahan lain seperti ayam atau kekian..nah kali ini versi mie lethek yang lebih istimewa nich..karena pakai telur, pakai ayam suwir, pakai kekian palsu atau gandum goreng..dan pakai kecap juga..jadi lah mie lethek Jowo. Yodha dan papinya..suka banget tadi..karena memang rasanya sangat enak dan unik dech mie lethek ini. Mau coba teman2..silahkan borong mie lethek ya..kalau pas berkunjung di Yogya..atau mau berwisata ke sentra industri mie lethek, ada di Bantul Yogya ya,..udah sering kok masuk tivi tempat pembuatan mie lethek ini. Pengen di jual juga sebenernya karena unik ini..hihi..tapi ya pasti remuk di jalan tho kalau di kirim..hihi...kan bentuknya mie kering.

Resepnya..di share ndak ya..hihi..lha bahannya kan musti mie lethek nie..ndak pa2..sapa tau ada yang lagi liburan ke Yogya..atau teman2 tinggal di Yogya ya..kan mudah cari mie lethek di pasar2 tradisional.
Mie Lethek Goreng Jowo

Bahan :
400 gram Mie lethek yang sudah di seduh air panas
1 potong paha ayam rebus, suwir2
3 potong kekian palsu atau gandum goreng ( resepnya liat di SINI )
3 lembar kol, iris kasar
2 batang daun bawang, potong serong
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh kaldu bubuk dan garam sesuai selera
Kecap manis 2 sendok makan / sesuai selera 
Bawang goreng secukupnya
Sledri 2 batang , iris halus

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
3 butri kemiri
1/2 sendok makan ebi yang di rendam air panas hingga lunak.

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, sisihkan di pinggir wajan, masukkan telur, buat orak arik, masukkan ayam dan sayuran, aduk rata dengan bumbu, masukkan sedikit air untuk meratakan bumbu, aduk rata, lalu masukkan mie lethek dan bumbu2 lain. aduk rata dan masak hingga meresap. Koreksi rasa, taburi dengan bawang goreng dan sledri cincang. Yummy..! 

*Sayange lupa ndak beli cabe rawit..huhu..jadi ndak bisa makan mie lethek di temani ceplusan cabe rawit..hihi.

10 comments :

  1. Ngileeeer ngeliatnya, mie goreng emang selalu juara dan enak mbak, Praktis dan selalu habis kalau bikin di rumah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba...enak bingits ini..palagi mienya unik..ada rasa kenyil2 lembut gt mba..karena dr pati singkong mie nya..:)

      Delete
  2. Pernah bikin tapi gak bisa secantik ini..hiks !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa mba..lengket kah ?..Mungkin terlalu lama rebus mie nya ya..cukup sampai lemas aja aklau aku mba..:)

      Delete
  3. Dah nyicip yang di ring road Maguwo mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mba..ada yang jual juga ya di sana..?

      Delete
  4. Ah mbak diah ini resep dan foto2nya bikin ngilerrr.... Coba kalau mie lethek ada dijual di jakarta...pasti tak borong buat stock....heheh. Meski lethek tapi rasane enak yo mbak....? Kayak bihun apa soun mbak.... ? maklum belum pernah ngrasain...hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba ertina..iya mba.lethek tapi uenakk..hihi

      Delete
  5. Mirip sma mie sagu khas riau mbak, warnanya juga burem dan kenyal. Saya suka sekali mie sagu. Enak kalau digoreng dengan ebi dan sayuran

    ReplyDelete