Monday, October 13, 2014

Es Rujak.......Segerrr...! ^_^


Wah..cuaca akhir2 ini super panas ya teman2..ya teman2..ndak siang..ndak malam..gerahhh bingits. Di Jakarta udah sampai 40 derajat ya suhunya teman2..benar kah ?..Yang jelas di Semarang juga panas banget. Jadi pengennya itu makan yang seger2 atau minum es terus..hihi. Pas kemaren ke pasar..tujuan pertama yang aku tuju adalah tempat jualan buah buat rujakan..langsung beli sepaket dech..niat dari kemaren mau buat es rujak yang seger..akhirnya keturutan. Wis...langsung dech kemaren aku  makan 3 gelas sehari..hihi. Lha yang doyan ya cuma aku sendiri je.kalau rujak di serut gini. Tadi masih ada separo..pagi2 tak minum lagi yo tetep seger..dan tambah meresap rasa buah2nya..pagi2 udah gerah bangat sich. Sisanya tak kasih mba art ku tak suruh bawa pulang buat anaknya. Makanya aku bikin kemaren memang ndak pedes, pakai cabai keriting aja..karena udah tau yang doyan aku sendiri..otomatis mesti sisanya buat mba art ku dan keluargnya yang nggak pada suka pedas..jadi aku bikinnya ndak pakai rawit..padahal kalau pakai cabe rawit ya semakin seger..nyegrak2 unik gitu rasa kuah es rujaknya..hihi.


Karena cuaca panas..sengaja kuahnya di banyakin..otomatis jadi es rujak serut kuah..bukan rujak serut biasa..jadi manisnya sesuaikan selera ya teman2..jika mau coba. Jika minumnya masih tambah es batu..otomatis manisnya harus di tambah. Tapi kalau langsung di nikmati setelah taruh di kulkas aja..takaran gula ini udah pas sesuai seleraku..ndak manis banget.

Ok...selamat mencoba ya teman2..jika suka..yukk bikin mumpung cuaca lagi panas panasnya ya..buah2 an bisa pakai apa aja kok. Timun aja juga enak lho di buat es rujak gini.,..dulu aku sering bikin es rujak timun aja. Nah sekarang biar lebih komplet rasa dan roma buahnya..maka pakai banyak buah2 an sekalian biar seger dan rasa buahnya kuat. Agar lebih seger memang sebagian buah yang berasa agak asam  di serut, terus buah2 yang rasanya agak tawar seperti bengkuang dan timun, di iris korek api. Jadi dapat citarasa seger dari buah yang rasanya asam, dan dapat tekture kres2 renyah dari buah yang tawar. Asyik dech kombinasi rasanya pokoknya teman2..pedes manis seger..sedep..asem..nano nano dech rasanya..tapi ya enak bingits..hihi. Ok selamat mencoba ya teman2..jika suka..ini dia resep es rujak ala aku ya..eh..kalau mau seru lagi bisa di bungkusi kecil2 pakai plastik es mambo..atau di taruh di cetakan es stik tuch juga seru..jadi dech es mambo rujak...enak juga lho dan awet kan,.di taruh freezer..hihi.
Es Rujak

Bahan :
Aneka buah rujakan seusai selera, campur2 aja, sebagian di serut, sebagian di potong korek api agar masih ada tekture kres2 renyah buahnya ketika di nikmati.
1 buah nanas ukuran kecil
1 buah bengkuang besar
1/4 buah pepaya agak mengkal ukuran sedang
2 buah timun, buang biji
3 kedondong
1 mangga mengkal
dll buah lain sesuai selera, kalau bis ayang dagingnya gak keras, jadi nggak lembek dan bisa di serut...serta yang banyak rasa asamnya, misal mangga mengkal, kedonodong, nanas muda dll..membuat kuah es rujak ini semakin segar rasanya.

Kuah :
1000 ml air
100 gram gula merah
50 gram gula pasir
Air asam jawa 1 sendok teh
Terasi 1/2 sendok teh, bakar hingga matang
3 cabai merah keriting
1 cm kencur
Garam sesuai selera

Cara membuat :
Haluskan cabe merah, kencur dan terasi, campur dengan air dan gula. rebus hingga mendidih dan harum. beri garam sesuai selera.
Tuang ke campuran buah serut, diamkan di kulkas beberapa jam hingga sari buah tercampur dan meresap ke kuah rujaknya. Sangat seger di nikmati dingin2 di siang hari yang super panas ini teman2..wah lha ini masih pagi aja aku udah habis segelas..hihi.


5 comments :

  1. di daerah atas lagi musim kedondong ya mbak ?
    aku nyari di pasar peterongan nggak ada sama sekali mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pasar Jati mba...lantai bawah bagian buah2 an banyak..:)

      Delete
  2. Mba coba kita tetanggaan mampir deh aku minta es rujaknya ngilerrrr, di tanggerang juga puanas pol mba padahal banyak pepohonan dan tanaman depan rumah tetap aja loh panasnya gak sanggup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..wah kalau deket mari rujakan dan minum es rujak ya..ki yang ngabisin aku sdr sm mba art ku..hihi

      Delete
    2. Pastinya mba aku gangguin mba melulu main hihihi

      Delete