Friday, October 17, 2014

Pukis Coklat


Pukis...salah satu kue tradisional kita ya teman2..nggak tau ya aslinya dari mana kue ini..yang jelas kok banyak sekali di jual..terutama di pinggir2 jalan ya. Rasa dan tekture pukis pun macam2 yang di jual itu ya..ada yang rasanya seperti kue bolu..ada yang empuk, lembut menul2..ada pula yang seret keras dll. Pokoknya macam2 dech rasanya. masing2 penjual pasti punya resep andalan sendiri2 ya pukis ini. 

Kalau dulu sich jaman aku kuliah di Yogya..itu yang paling enak menurutku..pukis di samping pojokan pintu keluar Mirota Kampus..dulu ada gerai pukis gitu..jualannya sama cara bikang..pukisnya gede2 dan cantik banget. Dulu jaman kuliah itu ya sering beli. Lha wong kalau pulang kuliah di satra UGM itu pulangnya ya sering jalan2 ke Mirota kampus..hihi..jalan2 doang gitu..ya cuci mata..ntar kalau  udah dapat kiriman uang dari Kakak..baru dech belanja baju..atau apa ..ya maklum ya dulu kan masih di subsidi kakak..hihi. Nah..salah satu jajanan yang aku sukai ya pukis ini. Setelah lulus kuliah..lama banget nggak makan pukis Mirota itu..karena aku jarang situ..sampai akhirnya pindah ke Semarang ini..terakhir lewat pas mau pulang ke Semarang..aku mampir ke Mirota..lho kok udah nggak ada. Kalau Mirota kampusnya sich masih seperti dulu..tapi penjual pukis dan cara bikang nya udah nggak ada. Sayang dech..padahal terkenal banget lho dulu itu..pindah ke mana kah  sekarang ya..hemm..jadi penasaran..ada yang tau nggak teman2 yang tinggal di Yogya..hihi. Soalnya aku masih penasaran dengan resep pukis yang bisa empuk dan menul2 wangi pandan gitu. Sekarang ini kalau lagi ke Yogya..paling2 berburu pukis di depan pertokoan jalan Solo itu lho teman2..kan banyak banget ya..yang jual aneka jajanan pukis..dll kalau sore hari. Kalau ke Yogya pasti ke sana dech..soalnya mesti belanja juga ke salah satu toko anak2 favorit buat beli baju atau perlengkapan Yodha yang bagus2 dech..impor gitu kayak yang di jual di shop2 online tapi murah harganya..hihi. Aku nggak terlalu suka kalau belanja ke mall gede 2 memnag sich..kalau belanja baju anak2..lebih suka blusukan di pertokoan jalan Solo itu seru..banyak yang unik2..dan beda..kalau di mall kan yang di pajang tuch kesannya banyak gitu kembarannya ya teman2..hihi. Bilang aja mak Irit..cari yang bagus..tapi   murah...hihi.

Halah..mau ngobrolin pukis kok malah ganti topik belanja ya teman2..hihi. Di Jalan Solo Yogya itu macam2 juga pukisnya..ada yang enak..ada juga yang biasa2 aja..nah kemaren pas terakhir ke Yogya..aku coba pukis coklat..enak juga. Langsung ingat pernah punya resepnya dari salah tabloid saji..akhir aku coba dech pas lagi pnegn pukis kemaren. Not bad lah....rasanya..enak rasa coklat..cuma kok masih merindukan tekture empuk menul2 pukis yang  dari Mirota kampus dulu..hihi. Apa karena aku tadi nggak pakai   coklat leleh ya..karena lagi habis stock..jadi berasa agak kering aja pukisnya..walaupun udah lumayan empuk. Jadinya kaya di foto atas tuch.

Nah..karena penasaran sama pukis empuk menul2..andalanku biasanya pakai tambahan tape..labu kuning dan umbi2 an lain..baru dech dapet menul2nya. empuk juga lembut. Tapi tetep penasaran dech sama pukis original yang bisa empuk menul2 kayak pukis Mirota dulu..hihi. Oke dech kapan2 coba lagi..ini udah mblenger dech liat hasilnya banyak banget kalau bikin pukis..hihi. Jadi ku bagi2 aja. Oh ya..harga jual pukis ini sekarang luamyan juga lho teman2..jadi misal mau buat usaha pasti untung lumayan. Kemaren aja di Yogya...di pertokoan jalan Solo itu 1 pukis 2500.

Oke dech..buat teman2 yang suka pukis..yukk cobain dech pukis coklat nya..aku copiin resepnya ya dari tabloid saji edisi kapan lupa..hihi..lha wong cuma nemu sobekannya di tumpukan kliping resep2ku di dapur.
Aku bikin nggak pake coklat leleh...karena nggak punya.jika pakai tambah enak kali ya mungkin..Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^

Pukis Coklat

Bahan-bahan :
1 sendok teh ragi instan
50 ml air hangat
3 butir telur
1/4 sendok teh garam
100 gram gula pasir
200 gram tepung terigu protein sedang
20 gram cokelat bubuk
150 ml susu cair
75 gram cokelat masak pekat, dilelehkan
15 gram margarin, dilelehkan
1/4 sendok teh esens vanili
25 gram meises cokelat untuk taburan ( aku ganti sukade )

Cara Membuat :
Larutkan ragi instan dan air hangat. Diamkan 10 menit sampai berbusa.
Kocok telur, garam, dan gula pasir sampai mengembang. Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk sambil diayak dan dikocok perlahan dengan kecepatan rendah bergantian dengan susu cair.
Tuang larutan ragi instan. Kocok perlahan. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
Masukkan campuran cokelat masak pekat leleh, margarin leleh, dan esens vanili. Aduk rata.
Tuang adonan di cetakan pukis yang sudah dipanaskan dan dioles tipis margarin. Biarkan setengah matang. Tabur meises cokelat atau toping lain Tutup dan biarkan matang.

Kalau yang bawah ini..pukis labu kuning..yang aku buat belum lama juga. resep, dulu udah pernah ku posting ya teman2..di SINI. Yang salah satu pukis favoritku, karena pakai tambahan labu kuning kukus di adonan, jadi ini rasanya empuk menul2 lembut.



25 comments :

  1. Cantiknya mbak itu pukis coklatnya.... sebenernya aku punya cetakan pukis yg tebel jadul dari kuningan itu lho mbak, pengen mraktekin tapi kok penyakit malesnya gak kunjung ilang yo mbak....heheh. Salut banget buat mbak Diah yg selalu punya semangat bikin macam2 kue yg oke dan terus posting resep2 yg simple dan yummy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wua,...harta karun itu mba..pokoknya cetakan jadul jaman dulu itu bagus2 ya bahannya..ndak kayak sekarang yang tipis2..hihi. Aku mau koleksi ahh kapan2 berburu peralatan antik gt lagi..sekarang baru punya cetakan ke cubit mba..yang dari kuningan..:)

      Delete
  2. mba diah kalo Mau liat aneka tepung2 yang dijual mba nya liat dimaana ya?? makasih ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kolom aneka tepung mba..di klik aja di atas..cuma masih campur sama resep2 ya..jika mau listnya email aja ya di bundadidi@gmail.com..atau inbox di fb ku ya..:)

      Delete
  3. aku juga suka kue pukis Jeng....suka aku kasih parutan kulit purut dikit, aromanya jadi seger alami...

    ReplyDelete
  4. waaahh... pukis mirota kampus emang legendaris!! hahaha. saya juga suka tuh, hang out di mirota mbak, secara dulu ngekosnya di terban. mbak didi alumnus sastra UGM toh? sama dong kitaaa. saya sastra inggris 98. mbak didi jurusan apa dan angkatan berapa? jangan-jangan pernah ketemu di mirota apa di kampus sastra sebenernya. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku angkatan tua mba..95 hihi...yang Pariwisata..:)

      Delete
    2. 95 pariwisata? seangkatan sama kakak saya dong, namanya wibowo budi santoso. kenal gak mbak didi?

      Delete
  5. Kalau waktu masih tinggal di Semarang dulu aku sukanya beli pukis yg di jl Gajah Mada, depan bioskop Manggala.Ga tahu, skrg masih ada
    apa nggak ya?
    Liza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya mba Liza..kapan2 kalau lewat tak cobanya..:)

      Delete
  6. mb didi.... makasih ya resep2nya.... aq minta ijin praktekin ya mbak.....
    newbie di dunia masak2 mb....
    Kebetulan aq org jogja mb, pukis di mirota kampus msh ada kok mbak Di.... di pintu masuk sebelah barat.... mungkin pas mb Diah kesana pas udah abis... jd tutup..
    Itu salah satu penggoda iman di mirota mbak... wanginya mendadak bikin laper... heheheh....

    dewi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Dewi..silahkan di coba ya..resep2nya.
      wua..masih ya....aku bolak balik kalau pas lewat kok tutuyp terus..hihi..ya ya..mungkin udah habis..wong aku sering sore lewatnya..hihi. Sipp kapan2 musti hunting siang2 ya mba ke sana..:)

      Delete
  7. mbak diah,,rima jg dah cb pukis labu kuningnya,,empuk n lembut rasanya.
    karena pake loyang kue cubit bentuk bunga,jadinya mungil2.harus berburu loyang pukis nih.makasih ya mbak buat resepnya,,Alhamdulillah cocok terus nih sm resep2 mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Rima.....:)

      Iya..pakai loyang yang biasa bisa juga mba..murah itu aku beli cuma 30 rb..:)

      Delete
  8. Mba diah, sebulan yll aku ke mirota kampus di jln kaliurang msh ada yg jualan pukis ama bikang ambon kok. Harganya skrg rp 3000. Jangan2 pas mba lewat penjualnya lg libur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeh maksud sy carabikang....bukan bikang ambon..:)

      Delete
    2. Wua....jadi pengen..besok sy hunting lagi kalau mau ke Yogya..:)

      Delete
  9. Masih mbak.didepan pintu barat mirota kampus.tadi barusan beli.sekarang ada rasa coklat yang meleleh didalamnya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasyik..masih yaaa mba..besok kalau ke Yogya tak mampir.....mksh infonya ya..:)

      Delete
  10. Mbakk...sukasukasemuuuaa....ressp..mbk..
    Fida..yogya

    ReplyDelete
  11. Mbka......diah..tumben....gak...quick...bales.nih.....lagi..busykah???

    ReplyDelete
  12. Mbak perbedaan menggunakan santan dan susu apa y, pngen coba tpi anti gagal ngk y, jujur saja aku belum pernh coba kue pukis di t4 ku paling bnyak kue panjung yg pakek kelapa parut cetakan ny kyk pukis,,,
    Terimakasih y mbak, aku izin copas biar bisa coba pukis homemade, hehe
    Salam putri

    ReplyDelete
  13. Ma syaa Allaah,
    Klo ke solo coba kue pukis dan dorayaki buatan ane dong.... dideket smp 2 grogol, sukoharjo. Belakang pt konimex.
    Ditunggu , buat cobain dan masukannya.... Empuk juga lo mba....

    ReplyDelete