Monday, October 20, 2014

Sambal Goreng Krecek & Udang


Biarpun lagi malas makan..masak lauk tetep buat suami dan anak. Salah satu menu favorit suamiku..adalah sambal goreng krecek yang merah dan pedas. Tapi karena Yodha juga suka sama krecek atau kulit sapi, sekarang kalau masak sambal goreng aku bikin merah menggoda penampilannya..tapi rasa nggak terlalu pedas. Kok bisa ?..Bisa lah..kan pakai cabe merah teropong, yang besar2 tuch lho teman2..udah gitu di buang pula biji2nya..hihi..jadilah hilang rasa pedasnya. Tapi warna merah sambel gorengnya..tetep dapat. Sambel goreng yang merah menyala, banyak cabenya dan isinya cuma krecek, di tambah udang dan kapri ini adalah sambal goreng khas orang hajatan...jika di tempatku di Yogya. Biasanya memang nggak berkuah banyak..di buat nyemek2 atau agak kental kuahnya..dengan banyak cabe iris halus yang menghiasinya.

Krecek yang di gunakan juga krecek atau rambak sayur khas Yogya yang gemuk2 dan empuk jika di masak. Rasanya sangat lembut membelai lidah..dan jika di masak bumbu pedas gini , bumbu2nya akan meresap ke dalam rambaknya..jadinya enak banget. Yodha aja suka dech. Rambak Yogya kualitas bagus itu nggak mudah hancur ketika di masak, jadi cocok untuk di olah jadi sambel goreng nyemek gini ataupun yang berkuah. Aku suka dua2nya. Tapi kadang2 ada juga versi sambel goreng ala catering2 gitu yang lebih banyak cabenya di banding kreceknya. Jadi suka sengaja di remukin gitu kreceknya..supaya lebih ekonomis..hihi.

Oke dech buat yang suka sambal goreng...ala Yogya ini dia resepnya ya..jika pengen coba krecek atau rambak kulit sapi yang buat sayur kualitas bagus..aku juga jualan..hihi. Kayak gini nich rambak mentah buat sayur yang bagus kualitasnya teman2. Ada dua jenis rambak / krecek kulit sapi khas Yogya, ada yang bentuk panjang2..aada juga yang bentuk bulat2 seperti ini. Udah ku pack kecil2 @ 100 gram an nich teman2..jika mau pesan ya. Karena kalau kiloan kan banyak banget nanti..hihi..kan super enteng rambak ini.

Sambal Goreng Krecek & Udang

Bahan :
100 gram krecek sapi kualitas bagus
500 ml santan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah
Kaldu sapi 1/2 sendok teh
Garam  secukupnya 

Bumbu2 :
8 buah bawang merah iri stipis
4 siung bawang putih , iris tipis
100 gram cabe merah teropong, buang biji dan iris halus panjang2, lalu ulek kasar agar warna merah sambel gorengnya keluar nanti ketika di masak.

Cara membuat : 
Cuci krecek sapi sebentar di air mengalir
Tumis bawang merah, bawang putih sampai matang dan harum, masukkan cabai merah , tumis hingga matang. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna.
Masukkan santan dan bumbu2 lain, tunggu hingga mendidih, lalu masukkan krecek sapi.
Masak dengan api kecil sambil sesekali di aduk agar santan tidak pecah hingga bumbu meresap dan kuah mengental.
Sajikan.




9 comments :

  1. waaaah enak ni mba' dimaem pake nasi anget, bisa nambah... eh ngomong2 mba' Di suka halaman bursa mesin jahit di fb, apakah mba' Di pernah beli mesin jahit disana? aku lg cari mesin nih mba'... ( Eka - Lampung )

    ReplyDelete
  2. mba Di klo yg mentah jual ga kreceknya? mita - Sampit

    ReplyDelete
  3. mbak diah jual krecek ya?harga berapa?soalnnya saya ga tau beda krecek yang buat camilan sama yang untuk dimasak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. email aja ya mba di bundadidi@gmail.com ya :)

      Delete
  4. mba Di untuk udangnya itu pake brp gram ya? di keterangan bahan mba Di ga cantumin...
    btw aku penggemar berat resep2 mba Di pas aku praktekin orang rumah suka semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba...:)

      100 gram cukup mba :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Ngaco resep nya... Krecek nya itu mestinya direndam sama santan cair...

    ReplyDelete
  7. Mohon maaf ya kalau komen yang sopan..

    Tehnik masak setiap orang boleh beda dong..namun jangan asal mencela seperti itu ah..kurang baik.

    ReplyDelete